Sponsors Link

8 Contoh Parts of Speech – Pengertian – Jenis – Rumus

Sponsors Link

Banyak bahasa yang tersebar di dunia ini, setiap negara mempunyai bahasanya tersendiri. Beragamnya bahasa di dunia membuat pencapaian akan kesatuan semakin sulit. Oleh sebab itu guna mempersatukan setiap bangsa dan negara yang ada di dunia ini, maka dirangkailah dan ditetapkanlah bahwa untuk mencapai kesatuan bangsa, perlulah ada yang namanya kesatuan bahasa. Seperti yang telah kita bicarakan pada pembahasan sebelumnya bahwa penetapan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasioal bukanlah suatu kebetulan tanpa alasan yang mendasar.

ads

Sebab guna dan fungsi bahasa Inggris itu sangat dibutuhkan masyarakat yang menyebabkan banyaknya pembelajar yang mendalami bahasa Inggris. Bahkan hampir 80% sekolah yang ada di dunia ini menetapkan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib bagi siswanya. Ada banyak tahap yang perlu dilalui oleh kalian yang sedang menekuni bahasa Inggris, diantaranya seperti keharusan kalian untuk mempelajari grammar yang begitu banyaknya.

Melihat dari pada persoalan diatas, maka kami pada kesempatan kali ini akan memberikan pembelajaran grammar yang sangat penting guna mendukung proses belajar kalian. Kali ini kita akan membahas mengenai Parts of Speech. Hampir sama dengan pembahasan sebelumnya mengenai tenses, disini kita akan belajar menyusun kalimat dengan cara mengenal terlebih dahulu unsur-unsur pembentuk kalimat tersebut. Dengan memahami unsur tersebut kalian barulah akan siap untuk menyusun kalimat. Berikut akan paparkan mengenai apa itu parts of speech, bagiannya, serta contoh parts of speech dan penggunaanya dalam kalimat.

Baca juga:

Pengertian dari Part of Speech 

Secara bahasa parts of speech berarti bagian-bagian kalimat. Secara istilah parts of speech dapat dikatakan sebagai ‘Parts of speech is a class of words based on the word’s function, the way it works in a sentence’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa parts of speech merupakan jenis-jenis kata yang di kelompokkan berdasarkan fungsi dari pada masing-masing kata tersebut, serta peranannya di dalam sebuah kalimat. Untuk dapat menyusun maupun merangkai kalimat, mestilah kita memahami bagian-bagian yang ada dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman maksud kedepannya.

Ada beberapa parts of speech dalam setiap bahasa. Dalam bahasa Inggris ada delapan bagian dari parts of speech, diantaranya verb, adjective, noun, pronoun, adverb, preposition, conjunction, dan interjection  Berikut akan kami uraikan bagian-bagian tersebut pada pembahasan kita kali ini.

Belajar juga:

Parts of Speech

Berikut ini adalah jenis, fungsi, dan contoh Part of Speech secara lengkap.

1. Verb

Secara bahasa, Verb berarti kata kerja.  Dan secara terminologi verb dikatakan sebagai ‘It is used to show an action or state of being’. Sehingga dapat dijelaskan bahwa verb adalah kata yang berfungsi untuk menjelaskan nama dari suatu tindakan atau action. Dalam bahasa Inggris, ada 2 macam kata kerja (verb), yaitu Regular Verb dan Irregular Verb. Berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu regular verb dan apa itu irregular verb beserta conohnya.


Regular Verb

Regular verb ialah verb (kata kerja) yang perubahan katanya mengikuti kaidah atau sesuai dengan aturan. Perubahan kata pada regular verb mulai dari verb-1 (base form) ke verb-1 (past form) hingga verb-1 (past participle), hanya mengalami penambahan –d atau –ed di akhir katanya. Berikut akan kami paparkan beberapa contoh Regular Verb.

No Verb 1 Verb 2 Verb 3 Verb-ing Meaning
1 Augur Augured Augured Auguring Meramalkan
2 Attack Attacked Attacked Attacking Menyerang
3 Attach Attached Attached Attaching Melampirkan
4 Bawl Bawled Bawled Bawling Berteriak
5 Avoid Avoided Avoided Avoiding Menghindari
6 Bedevil Bedeviled Bedeviled Bedeviling Menggoda
7 Befit Befited Befited Befited Menyesuaikan
8 Avow Avowed Avowed Avowing Mengakui
9 Astound Astounded Astounded Astounding Mengejutkan
10 Astonish Astonished Astonished Astonishing Mengherankan
11 Arrange Arranged Arranged Arranging Menyusun
12 Applaud Applauded Applauded Applauding Bertepuk tangan
13 Annoy Annoyed Annoyed Annoying Menjengkelkan
14 Align Aligned Aligned Aligning Meluruskan
15 Aggress Aggress Aggress Aggress Menyerang


Irregular Verb

Irregular verb adalah verb (kata kerja) dengan perubahan kata yang tidak sesuai dengan aturan atau dapat juga disebut sebagai kata kerba tak beraturan. Irregular verb merupakan kebalikan dari Regular verb. Perubahan pada irregular verb mulai dari Verb-1 (base form) ke Verb-2 (past form) sampai Verb-3 (past participle) tidak dengan cara menambahkan –d atau –ed. Sehingga jalan satu-satunya untuk mengetahui perubahan pada Irregular verb ialah dengan cara menghafalnya. Berikut akan kami paparkan beberapa contoh Irregular verb.

No Verb 1 Verb 2 Verb 3 Verb-ing Meaning
1 Begin Began Begun Begining Memulai
2 Betake Betook Betaken Betaking Pergi
3 Bleed Bled Bled Bleeding Berdarah
4 Eat Ate Eaten Eating Makan
5 Swim Swam Swum Swimming Berenang
6 Buy Bought Bought Buying Membeli
7 Catch Caught Caught Catching Menangkap
8 Choose Chose Chose Choosing Memilih
9 Find Found Found Finding Menemukan
10 Feed Fed Fed Feeding Memberi makan
11 Feel Felt Felt Feeling Merasa
12 Drive Drove Driven Driving Mengendarai
13 Forgive Forgave Forgiven Forgiving Memaafkan
14 Forget Forgot Forgotten Forgettng melupakan
15 Get Got Gotten Getting mendapatkan


Baca juga:

ads

2. Adjective

Secara bahasa adjective berarti kata sifat. Menurut kamus Oxford ‘Adjectives are used to describe or specify a noun or pronoun. Jadi dapat disimpulkan bahwa adjective ialah kata yang digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah noun atau pronoun. Berikut akan kami paparkan beberapa beberapa contoh adjective.


Adjective Vocabulary

No Adjective Meaning No Adjective Meaning
1 Amazing Menakjubkan 26 Amused geli
2 Ambitious Ambisius 27 Angry marah
3 Ancient Kuno 28 Animated bersemangat
4 Annoyed Kesal 29 Annoying menjengkelkan
5 Bad Buruk 30 Barbarous biadab
6 Bashful Malu 31 Bawdy mesum
7 Beautiful Cantik 32 Befitting Cocok
8 Beneficial Bermanfaat 33 Bent bengkok
9 Berserk Amuk 34 Clean Membersihkan
10 Aromatic Aromatic 35 Arrogant sombong
11 Ashamed Malu 36 Bizarre aneh
12 Bitter Pahit 37 Billowy bergelombang
13 Axiomatic Aksiomatis 38 Awful Mengerikan
14 Big Besar 39 Awesome Mengagumkan
15 Aware Sadar / Insaf 40 Awake Terjaga
16 Average rata-rata 41 Available Tersedia
17 Automatic Otomatis 42 Auspiciouss Penuh harapan
18 Attractive Menarik 43 Astonishing Mengherankan
19 Assorted bermacam-macam 44 Agonizing Merasa tersiksa
20 Aspiring bercita-cita tinggi 45 Anxious Cemas
21 Agreeable Serasi 46 Alert Waspada
22 Alleged Terduga 47 Alcoholic Beralkohol
23 Alluring Menarik 48 Ahead Di depan
24 Alike Sama 49 Abrasive Kasar
25 Able Bisa / sanggup 50 Absurd Konyol

Dari tabel di atas, kalian bisa mempelajari kata-kata yang termasuk dalam kata adjective (kata sifat).


3. Noun

Noun secara bahasa berarti kata benda. Dalam kamus Oxford dikatakan bahwa ‘A noun is a word used to refer people, animals, objects, substances, states, events, ideas, and feelings. A noun functions as a subject or object of a verb and can be modified by an adjective’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa noun adalah kata yang digunakan untu menunjukkan orang, hewan, objek (benda), substansi, tempat, peristiwa, ide, dan perasaan. Noun dapat berfungsi sebagai subjek atau objek dari sebuah verb (kata kerja), dan bisa dirubah menjadi adjective (kata sifat).

Ada beberapa macam jenis noun yang telah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya, yaitu Proper Noun, Common Noun, Singular Noun, Plural Noun, Countable Noun, Uncountable Noun, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa kosa kata dasar yang akan membantu anda dalam kegiatan sehari-harinya.


Proper Noun

Proper noun adalah kata benda yang berhubungan dengan segala nama, baik itu nama negara, nama provinsi, nama kota, nama tempat, nama orang, dan lain-lain. Contohnya seperti: Michael, Amazon, Indonesia, etc

Proper Noun

Keterangan

America Nama Benua
Harvard University Nama Tempat
Jomblo Park Nama Tempat
Taylor Swift Nama Orang
Soekarno Hatta Airport Nama Tempat
London Nama Negara


Common Noun

Common Noun adalah kata benda yang berhubungan dengan jenis, kelas (ordo), benda, dan lain-lain. Contohnya seperti: Plane, Padicab, Table, etc.

Common Noun

Meaning 

Pencil Pensil
Hand Phone Ponsel
T-shirt Kaus
Shoes Sepatu
Watches Jam Tangan


Singular dan Plural Noun

Singular dan prural noun adalah kata benda yang menunjukkan tunggal atau jamaknya suatu benda tersebut, atau dapat dikatakan sebagai noun yang menilai dari segi jumlah. Contohnya seperti: Doll (singular)- Dolls (plural), Woman(singular)- Women(plural), etc.

Singular (Tunggal)

Plural (Jamak)

Man Men
Boy Boys
Rope Ropes
Spider Spiders
Airplane Airplanes


Countable and Uncountable Noun

Countable and uncountable noun adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu berdasarkan dapat atau tidaknya benda tersebut dihitung, atau dalam adat kebiasaannya benda tersebut tidak mungkin/pernah dihitung. Contohnya seperti: Bikes (Countable), Water (Uncountable), etc.

Contoh dalam kalimat
Proper Noun Indonesia has so many amazing scenery
Common Noun The plane has just taken off
Singular Noun That man is wearing a rain coat
Plural Noun Those men are wearing shoes
Countable Noun I left my pen in the class
Uncountable Noun I drink a cup of milk in the morning


4. Pronoun

Secara bahasa pronoun berarti pengganti noun. menurut kamus Oxford “A pronoun is used in the place of a noun or phrase”. Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa pronoun adalah kata yang berfungsi sebagai pengganti noun atau frasa dalam kalimat. Pronoun sendiri terbagi pada empat bagian, yaitu: Pronoun as subject, Pronoun as object, Possesive Adjective, Possesive Pronoun, dan Revlexsive Pronoun. Berikut akan kami paparkan penjelasan serta rincian dari pembagian pronoun.


Contoh 1

Pronoun as subject Pronoun as Object Possesive Adjective Possesive Pronoun Revlexsive Pronoun
I Me My Mine Myself
You You Your Yours Yourselves
They Them Their Theirs Theirselves
We Us Our Ours Ourselves
She Her Her Hers Herself
He Him His His Himself
It It Its Itself


Contoh 2

Berikut akan kami berikan contoh penggunaan pronoun dalam kalimat.

Pronoun as subject Pronoun as Object Possessive Adjective
I eat grapes Budi kick me I lost my book
You go to office I love you Give your wealth!
They play basketball Budi hates them Budi doesn’t steal their money
We enter the class now Don’t curse us! Where is our shoes?
She has passed away I miss her Steal her book!
He stares at you Anna hates him I use his hat
It is my pet I like it We like its pet

Contoh 3

Possessive Pronoun Reflexive Pronoun
That pen is mine I do it by myself
This book is yours Do it by yourself!
Those papers are theirs They play for themselves
These foods are ours We cook it by ourselves
Give it back! It’s hers She steals by herself
It’s not his He love himself so much
These furies are its My dog run by its


Sponsors Link

5. Adverb

Secara bahasa adverb berarti kata keterangan. Dalam kamus Oxford dijelaskan bahwa ‘Word that adds information to a verb, adjective, phrase, or another adverb. An adverb is used to modify a veb, adjectives, and other adverbs.’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adverb merupakan kata yang mengandung informasi mengenai suatu kata kerja, kata sifat, frasa, atau kata keterangan yang lain. Suatu adverb digunakan untuk memodifikasi kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan yang lain.

Ada banyak macam-macam adverb yang telah kita uraikan pada pembahasan sebelumnya, seperti Adverbial Clause, Adverb of Comparison, etc. Namun masih banyak adverb yang harus kita bahas tuntas pada bab-bab selanjutnya, seperti Adverb clause of concession, Adverb clause of condition, Adverb clause of contrast, Adverb clause of manner, Adverb clause of place, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini.

He is doing it now Dia sedang melakukan itu sekarang
always do it this way Aku selalu melakukannya dengan cara ini
Don’t come here Jangan datang kemari
Jonathan drives a car carefully Jonathan mengendarai mobil dengan hati-hati
She has won the prize twice Dia sudah memenangkan hadiah itu dua kali
She hates me now Dia membenci aku sekarang

Note: Yang bercetak tebal adalah contoh kata adverb.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa adveb yang mempuyai bentuk yang sama dengan kata berikut ini.


Adverb - Adjective

Beberapa adverb mempunyai bentuk yang sama dengan adjective (kata sifat).

Adverb  Meaning 
The train went fast Kereta berjalan dengan cepat
They work hard Mereka bekerja dengan keras
Baby, love me right Sayang, cintai aku dengan tulus

Yang bercetak tebal adalah contoh kata adverb yang berasal dari kata sifat (adjective).


Adverb - Preposition

Beberapa adverb mempunyai bentuk yang sama dengan preposition (kata depan).

Adverb  Meaning 
Down the stairs Di bawah tangga
In the box Di dalam kotak
Under the sea Di dasar laut

Adverb - Prefix

Beberapa adverb mempunyai (awalan) prefix a-.

Aside Along
Ahead Apiece
Away Apart
Aloud

Adverb - Suffix - ward

Beberapa adverb mempunyai (akhiran) suffix –ward atau –wards.

Frontward(s)
Ahead Onward
Northwards Backward(s)
Afterwards  Downward


Adverb - Suffix - wise

Beberapa adverb mempunyai (akhiran) suffix –wise.

Contoh:

  • Lengthwise
  • Otherwise
  • Likewise
  • Counterclockwise


6. Preposition

Secara bahasa preposition berarti kata depan. Dalam kamus Oxford dikatakan bahwa preposition merupakan ‘word, eg in, from, or to, often placed before a noun to show place, direction, etc. Preposition are used before nouns to form a phrase that shows where, when, how, and, why’. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa preposition merupakan kata yang menunjukkan tempat, arah, dan lain sebagainya. Prepostion sering kali terletak sebelum noun. Preposition pada umumnya menunjukkan mengenai dimana, kapan, bagaimana, dan kenapa. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.


Contoh 1

The bell ring before the class started Bel berbunyi sebelum kelas dimulai
Sit on the floor! Duduklah di lantai!
They go home after dinner Mereka pulang ke rumah setelah makan malam
We are playing football in the yard Kami bermain sepak bola di lapangan


7. Conjunction

Secara bahasa conjunction berarti kata hubung. Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa conjunction merupakan ‘word, eg and, but, and or that joins words, phrases, or sentences’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa conjunction merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan antara kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau menghubungkan antara dua kalimat, seperti kata and, but, atau or. Dalam kamus Inggris-Inggris, conjunction diberi tanda conj, sedangkan dalam kamus Inggris-Indonesia, kata conjunction diberi tanda ksamb. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.


Contoh 1

Contoh:

Rich or poor Kaya atau miskin
The plays of Shakespeare or the music of Mozart Permainan dari tim Shakespeare atau musik dari grup Mozart
I bought the car because it looks interesting Saya membeli mobil itu karena ia terlihat menarik
I love him and he does too Aku mencintainya dan ia juga


Contoh 2

Ada beberapa kata adverb yang mirip dengan kata yang lain. Berikut akan kami paparkan apa-apa saja kata tersebut.

Beberapa conjunction memiliki benruk yang sama dengan preposition dan adverb, seperti kata before, after, until, since, dan as. Pemahaman akan kelas kata sangat mempengaruhi arti. Oleh sebab itu kalian harus memperhatikan kata yang ada sebelum dan sesudah preposition tersebut. kalian diharapkan mampu untuk membedakan mana conjunction, mana preposition, dan mana adverb. Perhatikan dan bedakan contoh dibawah ini.

Contoh:

Examples Meaning
I had never seen Ann before she arrived in this town. (conjunction) Aku belum pernah melihat Ann sebelum dia sampai di kota ini
I had never seen Ann before her arrival in this town (preposition) Aku belum pernah melihat Ann sebelum kehadirannya di kota ini
I had never seen Ann before (adverb) Aku belum pernah melihat Ann sebelumnya


Sponsors Link

8. Interjection

Secara bahasa interjection berarti ungkapan perasaan atau yang biasa disebut dengan kata seru. Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa interjection merupakan ‘word or phrase, eg Oh! Good heavens! Used for showing surprise, anger, or emotion’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interjection merupakan kata ataupun frasa yang bertujuan untuk mengungkapkan perasaan terkejut, marah, maupun emosi lainnya. seperti Ouch!, Hurrah!, Oh dear!, Good heavens!, Hey!, Hi, Ugh!, dan lain sebagainya. Dalam kamus Inggris-Inggris, interjection diberi tanda Interj, sedangkan dalam kamus Inggris-Indonesia, kata seru diberi tanda kseru. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.

Contoh Interjection 

Interjection

Meaning

Hurra! I’m first! Hore! Aku yang pertama!
Ouch! It’s painful Aduh! Itu sangat sakit
Hey! I’m coming! Hey! Aku datang!
Oh My God! What happened? Ya ampun! Apa yang terjadi?
Well, yeah! That’s nice! Yups! Itu bagus!
Ugh? Who are you? Uh? Kamu siapa?
Umm, I’ll think about it. Um, aku akan pikirkan itu

Jadi, penjelasan di atas adalah cara mudah mempelajari Parts of Speech dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian bisa dengan efektif mengerti dan lancar Bahasa Inggris. Parts of speech merupakan hal yang sangat penting untuk kalian kuasai sebelum beranjak untuk belajar membuat kalimat bahasa Inggris, seperti mempelajari ke-16 tenses bahasa Inggris. Dengan pemahaman serta penguasaan parts of speech yang matang, maka persoalan dalam membuat serta merangkai kalimat akan menjadi hal yang sangat mudah dan menyenangkan, begitu juga dalam penerapannya untuk dialog sehari-hari. Akhir kata, semoga penjelasan ini bisa membantu kamu untuk lancar Bahasa Inggris. Selamat Belajar!

Baca Juga:

, ,
Oleh :
Kategori : Part of Speech