Sponsors Link

8 Contoh Parts of Speech – Pengertian – Jenis – Rumus

Sponsors Link

Banyak bahasa yang tersebar di dunia ini, setiap negara mempunyai bahasanya tersendiri. Beragamnya bahasa di dunia membuat pencapaian akan kesatuan semakin sulit. Oleh sebab itu guna mempersatukan setiap bangsa dan negara yang ada di dunia ini, maka dirangkailah dan ditetapkanlah bahwa untuk mencapai kesatuan bangsa, perlulah ada yang namanya kesatuan bahasa. Seperti yang telah kita bicarakan pada pembahasan sebelumnya bahwa penetapan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasioal bukanlah suatu kebetulan tanpa alasan yang mendasar.

ads

Sebab guna dan fungsi bahasa Inggris itu sangat dibutuhkan masyarakat yang menyebabkan banyaknya pembelajar yang mendalami bahasa Inggris. Bahkan hampir 80% sekolah yang ada di dunia ini menetapkan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib bagi siswanya. Ada banyak tahap yang perlu dilalui oleh kalian yang sedang menekuni bahasa Inggris, diantaranya seperti keharusan kalian untuk mempelajari grammar yang begitu banyaknya.

Melihat dari pada persoalan diatas, maka kami pada kesempatan kali ini akan memberikan pembelajaran grammar yang sangat penting guna mendukung proses belajar kalian. Kali ini kita akan membahas mengenai Parts of Speech. Hampir sama dengan pembahasan sebelumnya mengenai tenses, disini kita akan belajar menyusun kalimat dengan cara mengenal terlebih dahulu unsur-unsur pembentuk kalimat tersebut. Dengan memahami unsur tersebut kalian barulah akan siap untuk menyusun kalimat. Berikut akan paparkan mengenai apa itu parts of speech, bagiannya, serta contoh parts of speech dan penggunaanya dalam kalimat.

Baca juga:

Pengertian dari Part of Speech 

Secara bahasa parts of speech berarti bagian-bagian kalimat. Secara istilah parts of speech dapat dikatakan sebagai ‘Parts of speech is a class of words based on the word’s function, the way it works in a sentence’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa parts of speech merupakan jenis-jenis kata yang di kelompokkan berdasarkan fungsi dari pada masing-masing kata tersebut, serta peranannya di dalam sebuah kalimat. Untuk dapat menyusun maupun merangkai kalimat, mestilah kita memahami bagian-bagian yang ada dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman maksud kedepannya.

Ada beberapa parts of speech dalam setiap bahasa. Dalam bahasa Inggris ada delapan bagian dari parts of speech, diantaranya verb, adjective, noun, pronoun, adverb, preposition, conjunction, dan interjection  Berikut akan kami uraikan bagian-bagian tersebut pada pembahasan kita kali ini.

Belajar juga:

Parts of Speech

Berikut ini adalah jenis, fungsi, dan contoh Part of Speech secara lengkap.

1. Verb

Secara bahasa, Verb berarti kata kerja.  Dan secara terminologi verb dikatakan sebagai ‘It is used to show an action or state of being’. Sehingga dapat dijelaskan bahwa verb adalah kata yang berfungsi untuk menjelaskan nama dari suatu tindakan atau action. Dalam bahasa Inggris, ada 2 macam kata kerja (verb), yaitu Regular Verb dan Irregular Verb. Berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu regular verb dan apa itu irregular verb beserta conohnya.


Regular Verb

Regular verb ialah verb (kata kerja) yang perubahan katanya mengikuti kaidah atau sesuai dengan aturan. Perubahan kata pada regular verb mulai dari verb-1 (base form) ke verb-1 (past form) hingga verb-1 (past participle), hanya mengalami penambahan –d atau –ed di akhir katanya. Berikut akan kami paparkan beberapa contoh Regular Verb.

NoVerb 1Verb 2Verb 3Verb-ingMeaning
1AugurAuguredAuguredAuguringMeramalkan
2AttackAttackedAttackedAttackingMenyerang
3AttachAttachedAttachedAttachingMelampirkan
4BawlBawledBawledBawlingBerteriak
5AvoidAvoidedAvoidedAvoidingMenghindari
6BedevilBedeviledBedeviledBedevilingMenggoda
7BefitBefitedBefitedBefitedMenyesuaikan
8AvowAvowedAvowedAvowingMengakui
9AstoundAstoundedAstoundedAstoundingMengejutkan
10AstonishAstonishedAstonishedAstonishingMengherankan
11ArrangeArrangedArrangedArrangingMenyusun
12ApplaudApplaudedApplaudedApplaudingBertepuk tangan
13AnnoyAnnoyedAnnoyedAnnoyingMenjengkelkan
14AlignAlignedAlignedAligningMeluruskan
15AggressAggressAggressAggressMenyerang


Irregular Verb

Irregular verb adalah verb (kata kerja) dengan perubahan kata yang tidak sesuai dengan aturan atau dapat juga disebut sebagai kata kerba tak beraturan. Irregular verb merupakan kebalikan dari Regular verb. Perubahan pada irregular verb mulai dari Verb-1 (base form) ke Verb-2 (past form) sampai Verb-3 (past participle) tidak dengan cara menambahkan –d atau –ed. Sehingga jalan satu-satunya untuk mengetahui perubahan pada Irregular verb ialah dengan cara menghafalnya. Berikut akan kami paparkan beberapa contoh Irregular verb.

NoVerb 1Verb 2Verb 3Verb-ingMeaning
1BeginBeganBegunBeginingMemulai
2BetakeBetookBetakenBetakingPergi
3BleedBledBledBleedingBerdarah
4EatAteEatenEatingMakan
5SwimSwamSwumSwimmingBerenang
6BuyBoughtBoughtBuyingMembeli
7CatchCaughtCaughtCatchingMenangkap
8ChooseChoseChoseChoosingMemilih
9FindFoundFoundFindingMenemukan
10FeedFedFedFeedingMemberi makan
11FeelFeltFeltFeelingMerasa
12DriveDroveDrivenDrivingMengendarai
13ForgiveForgaveForgivenForgivingMemaafkan
14ForgetForgotForgottenForgettngmelupakan
15GetGotGottenGettingmendapatkan


Baca juga:

2. Adjective

Secara bahasa adjective berarti kata sifat. Menurut kamus Oxford ‘Adjectives are used to describe or specify a noun or pronoun. Jadi dapat disimpulkan bahwa adjective ialah kata yang digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah noun atau pronoun. Berikut akan kami paparkan beberapa beberapa contoh adjective.


Adjective Vocabulary

NoAdjectiveMeaningNoAdjectiveMeaning
1AmazingMenakjubkan26Amusedgeli
2AmbitiousAmbisius27Angrymarah
3AncientKuno28Animatedbersemangat
4AnnoyedKesal29Annoyingmenjengkelkan
5BadBuruk30Barbarousbiadab
6BashfulMalu31Bawdymesum
7BeautifulCantik32BefittingCocok
8BeneficialBermanfaat33Bentbengkok
9BerserkAmuk34CleanMembersihkan
10AromaticAromatic35Arrogantsombong
11AshamedMalu36Bizarreaneh
12BitterPahit37Billowybergelombang
13AxiomaticAksiomatis38AwfulMengerikan
14BigBesar39AwesomeMengagumkan
15AwareSadar / Insaf40AwakeTerjaga
16Averagerata-rata41AvailableTersedia
17AutomaticOtomatis42AuspicioussPenuh harapan
18AttractiveMenarik43AstonishingMengherankan
19Assortedbermacam-macam44AgonizingMerasa tersiksa
20Aspiringbercita-cita tinggi45AnxiousCemas
21AgreeableSerasi46AlertWaspada
22AllegedTerduga47AlcoholicBeralkohol
23AlluringMenarik48AheadDi depan
24AlikeSama49AbrasiveKasar
25AbleBisa / sanggup50AbsurdKonyol

Dari tabel di atas, kalian bisa mempelajari kata-kata yang termasuk dalam kata adjective (kata sifat).


3. Noun

Noun secara bahasa berarti kata benda. Dalam kamus Oxford dikatakan bahwa ‘A noun is a word used to refer people, animals, objects, substances, states, events, ideas, and feelings. A noun functions as a subject or object of a verb and can be modified by an adjective’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa noun adalah kata yang digunakan untu menunjukkan orang, hewan, objek (benda), substansi, tempat, peristiwa, ide, dan perasaan. Noun dapat berfungsi sebagai subjek atau objek dari sebuah verb (kata kerja), dan bisa dirubah menjadi adjective (kata sifat).

Ada beberapa macam jenis noun yang telah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya, yaitu Proper Noun, Common Noun, Singular Noun, Plural Noun, Countable Noun, Uncountable Noun, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa kosa kata dasar yang akan membantu anda dalam kegiatan sehari-harinya.


Proper Noun

Proper noun adalah kata benda yang berhubungan dengan segala nama, baik itu nama negara, nama provinsi, nama kota, nama tempat, nama orang, dan lain-lain. Contohnya seperti: Michael, Amazon, Indonesia, etc

Proper Noun

Keterangan

AmericaNama Benua
Harvard UniversityNama Tempat
Jomblo ParkNama Tempat
Taylor SwiftNama Orang
Soekarno Hatta AirportNama Tempat
LondonNama Negara


Common Noun

Common Noun adalah kata benda yang berhubungan dengan jenis, kelas (ordo), benda, dan lain-lain. Contohnya seperti: Plane, Padicab, Table, etc.

Common Noun

Meaning 

PencilPensil
Hand PhonePonsel
T-shirtKaus
ShoesSepatu
WatchesJam Tangan


Singular dan Plural Noun

Singular dan prural noun adalah kata benda yang menunjukkan tunggal atau jamaknya suatu benda tersebut, atau dapat dikatakan sebagai noun yang menilai dari segi jumlah. Contohnya seperti: Doll (singular)- Dolls (plural), Woman(singular)- Women(plural), etc.

Singular (Tunggal)

Plural (Jamak)

ManMen
BoyBoys
RopeRopes
SpiderSpiders
AirplaneAirplanes


Countable and Uncountable Noun

Countable and uncountable noun adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu berdasarkan dapat atau tidaknya benda tersebut dihitung, atau dalam adat kebiasaannya benda tersebut tidak mungkin/pernah dihitung. Contohnya seperti: Bikes (Countable), Water (Uncountable), etc.

Contoh dalam kalimat
Proper NounIndonesia has so many amazing scenery
Common NounThe plane has just taken off
Singular NounThat man is wearing a rain coat
Plural NounThose men are wearing shoes
Countable NounI left my pen in the class
Uncountable NounI drink a cup of milk in the morning


4. Pronoun

Secara bahasa pronoun berarti pengganti noun. menurut kamus Oxford “A pronoun is used in the place of a noun or phrase”. Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa pronoun adalah kata yang berfungsi sebagai pengganti noun atau frasa dalam kalimat. Pronoun sendiri terbagi pada empat bagian, yaitu: Pronoun as subject, Pronoun as object, Possesive Adjective, Possesive Pronoun, dan Revlexsive Pronoun. Berikut akan kami paparkan penjelasan serta rincian dari pembagian pronoun.


Contoh 1

Pronoun as subjectPronoun as ObjectPossesive AdjectivePossesive PronounRevlexsive Pronoun
IMeMyMineMyself
YouYouYourYoursYourselves
TheyThemTheirTheirsTheirselves
WeUsOurOursOurselves
SheHerHerHersHerself
HeHimHisHisHimself
ItItItsItself


Contoh 2

Berikut akan kami berikan contoh penggunaan pronoun dalam kalimat.

Pronoun as subjectPronoun as ObjectPossessive Adjective
I eat grapesBudi kick meI lost my book
You go to officeI love youGive your wealth!
They play basketballBudi hates themBudi doesn’t steal their money
We enter the class nowDon’t curse us!Where is our shoes?
She has passed awayI miss herSteal her book!
He stares at youAnna hates himI use his hat
It is my petI like itWe like its pet

Contoh 3

Possessive PronounReflexive Pronoun
That pen is mineI do it by myself
This book is yoursDo it by yourself!
Those papers are theirsThey play for themselves
These foods are oursWe cook it by ourselves
Give it back! It’s hersShe steals by herself
It’s not hisHe love himself so much
These furies are itsMy dog run by its



5. Adverb

Secara bahasa adverb berarti kata keterangan. Dalam kamus Oxford dijelaskan bahwa ‘Word that adds information to a verb, adjective, phrase, or another adverb. An adverb is used to modify a veb, adjectives, and other adverbs.’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adverb merupakan kata yang mengandung informasi mengenai suatu kata kerja, kata sifat, frasa, atau kata keterangan yang lain. Suatu adverb digunakan untuk memodifikasi kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan yang lain.

Ada banyak macam-macam adverb yang telah kita uraikan pada pembahasan sebelumnya, seperti Adverbial Clause, Adverb of Comparison, etc. Namun masih banyak adverb yang harus kita bahas tuntas pada bab-bab selanjutnya, seperti Adverb clause of concession, Adverb clause of condition, Adverb clause of contrast, Adverb clause of manner, Adverb clause of place, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini.

He is doing it nowDia sedang melakukan itu sekarang
always do it this wayAku selalu melakukannya dengan cara ini
Don’t come hereJangan datang kemari
Jonathan drives a car carefullyJonathan mengendarai mobil dengan hati-hati
She has won the prize twiceDia sudah memenangkan hadiah itu dua kali
She hates me nowDia membenci aku sekarang

Note: Yang bercetak tebal adalah contoh kata adverb.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa adveb yang mempuyai bentuk yang sama dengan kata berikut ini.


Adverb - Adjective

Beberapa adverb mempunyai bentuk yang sama dengan adjective (kata sifat).

Adverb Meaning 
The train went fastKereta berjalan dengan cepat
They work hardMereka bekerja dengan keras
Baby, love me rightSayang, cintai aku dengan tulus

Yang bercetak tebal adalah contoh kata adverb yang berasal dari kata sifat (adjective).


Adverb - Preposition

Beberapa adverb mempunyai bentuk yang sama dengan preposition (kata depan).

Adverb Meaning 
Down the stairsDi bawah tangga
In the boxDi dalam kotak
Under the seaDi dasar laut

Adverb - Prefix

Beberapa adverb mempunyai (awalan) prefix a-.

AsideAlong
AheadApiece
AwayApart
Aloud

Adverb - Suffix - ward

Beberapa adverb mempunyai (akhiran) suffix –ward atau –wards.

Frontward(s)
AheadOnward
NorthwardsBackward(s)
Afterwards Downward


Adverb - Suffix - wise

Beberapa adverb mempunyai (akhiran) suffix –wise.

Contoh:

  • Lengthwise
  • Otherwise
  • Likewise
  • Counterclockwise


6. Preposition

Secara bahasa preposition berarti kata depan. Dalam kamus Oxford dikatakan bahwa preposition merupakan ‘word, eg in, from, or to, often placed before a noun to show place, direction, etc. Preposition are used before nouns to form a phrase that shows where, when, how, and, why’. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa preposition merupakan kata yang menunjukkan tempat, arah, dan lain sebagainya. Prepostion sering kali terletak sebelum noun. Preposition pada umumnya menunjukkan mengenai dimana, kapan, bagaimana, dan kenapa. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.


Contoh 1

The bell ring before the class startedBel berbunyi sebelum kelas dimulai
Sit on the floor!Duduklah di lantai!
They go home after dinnerMereka pulang ke rumah setelah makan malam
We are playing football in the yardKami bermain sepak bola di lapangan


7. Conjunction

Secara bahasa conjunction berarti kata hubung. Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa conjunction merupakan ‘word, eg and, but, and or that joins words, phrases, or sentences’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa conjunction merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan antara kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau menghubungkan antara dua kalimat, seperti kata and, but, atau or. Dalam kamus Inggris-Inggris, conjunction diberi tanda conj, sedangkan dalam kamus Inggris-Indonesia, kata conjunction diberi tanda ksamb. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.


Contoh 1

Contoh:

Rich or poorKaya atau miskin
The plays of Shakespeare or the music of MozartPermainan dari tim Shakespeare atau musik dari grup Mozart
I bought the car because it looks interestingSaya membeli mobil itu karena ia terlihat menarik
I love him and he does tooAku mencintainya dan ia juga


Contoh 2

Ada beberapa kata adverb yang mirip dengan kata yang lain. Berikut akan kami paparkan apa-apa saja kata tersebut.

Beberapa conjunction memiliki benruk yang sama dengan preposition dan adverb, seperti kata before, after, until, since, dan as. Pemahaman akan kelas kata sangat mempengaruhi arti. Oleh sebab itu kalian harus memperhatikan kata yang ada sebelum dan sesudah preposition tersebut. kalian diharapkan mampu untuk membedakan mana conjunction, mana preposition, dan mana adverb. Perhatikan dan bedakan contoh dibawah ini.

Contoh:

ExamplesMeaning
I had never seen Ann before she arrived in this town. (conjunction)Aku belum pernah melihat Ann sebelum dia sampai di kota ini
I had never seen Ann before her arrival in this town (preposition)Aku belum pernah melihat Ann sebelum kehadirannya di kota ini
I had never seen Ann before (adverb)Aku belum pernah melihat Ann sebelumnya



8. Interjection

Secara bahasa interjection berarti ungkapan perasaan atau yang biasa disebut dengan kata seru. Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa interjection merupakan ‘word or phrase, eg Oh! Good heavens! Used for showing surprise, anger, or emotion’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interjection merupakan kata ataupun frasa yang bertujuan untuk mengungkapkan perasaan terkejut, marah, maupun emosi lainnya. seperti Ouch!, Hurrah!, Oh dear!, Good heavens!, Hey!, Hi, Ugh!, dan lain sebagainya. Dalam kamus Inggris-Inggris, interjection diberi tanda Interj, sedangkan dalam kamus Inggris-Indonesia, kata seru diberi tanda kseru. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh berikut ini.

Contoh Interjection 

Interjection

Meaning

Hurra! I’m first!Hore! Aku yang pertama!
Ouch! It’s painfulAduh! Itu sangat sakit
Hey! I’m coming!Hey! Aku datang!
Oh My God! What happened?Ya ampun! Apa yang terjadi?
Well, yeah! That’s nice!Yups! Itu bagus!
Ugh? Who are you?Uh? Kamu siapa?
Umm, I’ll think about it.Um, aku akan pikirkan itu

Jadi, penjelasan di atas adalah cara mudah mempelajari Parts of Speech dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian bisa dengan efektif mengerti dan lancar Bahasa Inggris. Parts of speech merupakan hal yang sangat penting untuk kalian kuasai sebelum beranjak untuk belajar membuat kalimat bahasa Inggris, seperti mempelajari ke-16 tenses bahasa Inggris. Dengan pemahaman serta penguasaan parts of speech yang matang, maka persoalan dalam membuat serta merangkai kalimat akan menjadi hal yang sangat mudah dan menyenangkan, begitu juga dalam penerapannya untuk dialog sehari-hari. Akhir kata, semoga penjelasan ini bisa membantu kamu untuk lancar Bahasa Inggris. Selamat Belajar!

Baca Juga:

, ,
Oleh :
Kategori : Part of Speech