Sponsors Link

7 Rumus Grammar Bahasa Inggris – Contoh Lengkap dan Mudah

Sponsors Link

Bahasa merupakan jati diri negara. Dengan melihat dari pada bahasa  yang digunakan seseorang kita dapat mengetahui karakteristik orang tersebut. Oleh sebab itu, banyak perusahaan besar maupun kecil yang merekrut orang yang pandai berbahasa sebagai media komunikasi antar perusahaan mereka, guna mencapai kerja sama yang saling menguntungkan kedepannya. Bahasa Inggris merupakan salah satu dari bahasa besar di dunia. Dimana segala aspek kehidupan, baik itu dunia pendidikan, pekerjaan, bahkan sosial selalu terkait dan terpaut dengan yang namanya bahasa Inggris.

ads

Setiap individu tentu ingin yang terbaik bagi kelangsungan hidupnya. Dan untuk mencapai hal tersebut, mereka harus mencari kunci dari pada hal yang terbaik tersebut. Demi menelusuri jalan tersebut maka dibutuhkan sebuah pengantar komunikasi yang baik, yang dapat digunakan di belahan dunia manapun. Untuk itulah banyak orang yang mulai mempelajari bahasa Inggris. Yang namanya bahasa tentu tidak terlepas dari yang namanya kaidah atau aturan yang menyusun bahasa tersebut. Dalam bahasa Inggris aturan itu disebut dengan Grammar. Lalu, berikut ini kajian belajar materi dasar dan rumus grammar Bahasa Inggris untuk pemula.

Baca Juga:

Materi Dasar Grammar

Dalam kamus Oxford, Grammar merupakan ‘The whole system and structure of a language’. Jadi dapat disimpulkan bahwa grammar merupakan sebuah sistem serta struktur dari sebuah bahasa. Menurut beberapa orang grammar merupakan hal yang sulit, atau dapat dikatakan sebagai kendala besar dalam mempelajari bahasa, sehingga banyak dari mereka yang belajar bahasa merasa enggan untuk mempelajari grammar. Namun perlu diingat bahwa grammar merupakan pembelajaran wajib yang tidak bisa lepas dari proses pemahaman bahasa itu sendiri.

Sebagai pemula, tentu kita merasa sangat kesulitan saat mempelajari bahasa Inggris. Namun perlu diingat bahwa saat mempelajari bahasa terutama bahasa Inggris, kita harus mempelajari yang namanya grammar sebagai basic pembelajaran. Hal yang membuat seseorang merasa sulit belajar bahasa adalah saat dimana mereka mulai mempelajari bahasa tetapi langsung lompat ke tingkat yang tinggi atau jauh dari pemahamannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita sebagai pemula untuk mempelajari Grammar dan contohnya dari dasar. Berikut akan kami uraikan beberapa materi dasar grammar yang wajib kalian ketahui.

1. Subject

Subject atau dalam bahasa Indonesia disebut subjek adalah pelaku yang terdapat dalam sebuah kalimat, pelaku tidak hanya orang saja, melainkan benda, hewan, maupun tumbuhan pun dapat disebut sebagai subjek jika dalam kalimat tersebut ia berperan sebagai pelaku. Dalam bahasa Inggris, subjek dapat berupa pronoun seperti I, you, they, we, she, he, dan it. Namun, subjek juga dapat berupa nama seperti Anna, John, Budi, dll.

Subjek dalam sebuah kalimat menjelaskan mengenai ‘siapa’ dan ‘apa’ yang dibicarakan. Setiap kalimat dalam bahasa Inggris membutuhkan subjek. Sebuah kalimat wajib memiliki subjek, sebab jika kalimat tidak memiliki subjek maka kalimat tersebut tidaklah benar dan orang lain tentu tidak akan memahami maksud dari kalimat tersebut.


Subject Example

Ada beberapa bahasa yang memang tidak memerlukan subjek. Secara verbal, orang akan memahami makna kalimat tersebut tanpa perlu subjek yang tampak atau zahir, sehingga subjek yang tampak tidak dibutuhkan. Namun dalam bahasa Inggris subjek selalu diperlukan dan tampak.

Berikut beberapa contoh subjek dalam bahasa Inggris:

Subject Sentence
I I eat banana
She She goes to school
He He likes pineapple
We We are playing football
They They are going to go his party
Budi Budi doesn’t attend the class

Catatan: Kata yang bercetak tebal adalah subjek dalam kalimat tersebut.


ads

2. Predicate

Predicate dalam sebuah kalimat merupakan bagian yang menginformasikan seperti apa subjeknya atau apa yang dilakukan subjek tersebut. Predicate dapat berupa kata kerja atau kata bantu seperti tobe, atau dapat dikatakan bahwa predicate berfungsi sebagai penjelas dari pada subjek tersebut. Berikut beberapa contoh predicate dalam sebuah kalimat.


Predicate Example

  • I eat banana
  • Budi Drives a car
  • She is beautiful
  • They are playing football

Catatan: Kata yang bercetak tebal adalah predikat dalam kalimat tersebut.


3. Verb

Dalam kamus Oxford, verb dikatakan sebagai ‘It is used to show an action or state of being’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa verb merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu tindakan atau sebagai sebutan/ nama dari tindakan tersebut. Verb dapat berupa action atau tindakan itu secara langsung, namun ada juga verb yang tidak menyatakan tindakan tersebut secara langsung seperti tobe (is, am, are), dll. Berikut beberapa contoh penggunaan verb dalam kalimat.


Contoh Verb

Verb Meaning Sentence
Eat Makan I eat banana
Go Pergi She goes to school
Like Suka He likes pineapple
Play Bermain We are playing football
Love Mencintai They love their teacher
Attend Hadir Budi doesn’t attend in the class


Verb sendiri terbagi kepada dua jenis, yaitu Intransitive Verb dan Transitive Verb. Intransitive verb merupakan kata kerja yang membutuhkan objek atau penderita dari tindakan tersebut, seperti memasak (cook), makan (eat), memukul (punch), dan lain sebagainya. Sedangkan transitive verb adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek, seperti lari (run), pulang (return), turun (decrease), naik (increase), berjalan (walk), dan lain sebagainya.

4. Object

Object berarti korban, atau dapat juga disebut dengan objek dalam bahasa Indonesia. Objek merupakan orang atau benda yang terkena tindakan dari subjek. Dalam bahasa Inggris tidak semua kata kerja (verb) memerlukan objek seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Namun perlu diperhatikan bahwa walaupun transitive verb tidak memerlukan objek, namun terkadang ia membutuhkan Compliment atau disebut juga keterangan sebagai penjelas dari pada kalimat tersebut. Berikut beberapa contoh penggunaan objek serta compliment dalam kalimat.

Rumus Grammar

Atau dapat dirumuskan sebagai berikut.

S + P + O/C

Contoh

I Love him

Keterangan: I (subject) Love (predicate) him (object).


Example 1

Contoh 1

Object Meaning Sentence
Banana Pisang I eat banana
Him Dia (lk) You punch him
Pineapple Nanas He likes pineapple
Football Sepak bola We are playing football
Teacher Guru They love their teacher

Catatan: Kata yang bercetak tebal adalah objek dalam kalimat tersebut.


Example 2

Contoh 2

Compliment Meaning Sentence
In the class Di kelas I study in the class
To school Ke sekolah She goes to school
From my country Dari negaraku Budi comes from my country
In the yard Di lapangan We are playing football in the yard
On the grass Di atas rumput We walk on the grass

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa dalam penyusunan kalimat harus terdapat didalamnya subject, predicate, dan object/ compliment.


Sponsors Link

5. Noun

Noun berarti kata benda, noun sendiri merupakan salah satu dari parts of speech. Berikut 4 macam noun yang wajib kalian ketahui:


Proper Noun

Proper noun adalah kata benda yang berhubungan dengan segala nama, baik itu nama negara, nama provinsi, nama kota, nama tempat, nama orang, dan lain-lain.

Contoh: Michael, Reza, Taylor, Amazon, Indonesia, etc.


Common Noun

Common Noun adalah kata benda yang berhubungan dengan jenis, kelas (ordo), benda, dan lain-lain.

Contoh: Plane, chair, table, pen, and etc.


Singular dan Plural Noun

Singular dan prural noun adalah kata benda yang menunjukkan tunggal atau jamaknya suatu benda tersebut, atau dapat dikatakan sebagai noun yang menilai dari segi jumlah.

Contoh: Doll (singular) – Dolls (plural), Woman (singular) – Women(plural), etc.


Countable dan Uncountable Noun

Countable and uncountable noun adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu berdasarkan dapat atau tidaknya benda tersebut dihitung, atau dalam adat kebiasaannya benda tersebut tidak mungkin/pernah dihitung.

Contoh: Bikes (Countable), Water (Uncountable), etc.

Contoh dalam Kalimat
Proper Noun Indonesia has so many amazing scenery
Common Noun The plane has just taken off
Singular Noun That man is wearing a rain coat
Plural Noun Those men are wearing shoes
Countable Noun I left my pen in the class
Uncountable Noun I drink a cup of milk in the morning


6. Pronoun

Pronoun berarti pengganti noun, menurut kamu Oxford disebutkan bahwa “A pronoun is used in the place of a noun or phrase.” Dapat disimpulkan bahwa pronoun merupakan kata yang berfungsi untuk menggantikan posisi noun atau frasa. Pronoun sendiri terbagi pada empat bagian, yaitu: Pronoun as subject, Pronoun as object, Possesive Adjective, Possesive Pronoun, dan Revlexsive Pronoun. Berikut penjelasan serta pembagian dari pronoun.

Pronoun as subject Pronoun as Object Possesive Adjective Possesive Pronoun Revlexsive Pronoun
I ME MY MINE MYSELF
YOU YOU YOUR YOURS YOURSELF
THEY THEM THEIR THEIRS THEIRSELVES
WE US OUR OURS OURSELVES
SHE HER HER HERS HERSELF
HE HIM HIS HIS HIMSELF
IT IT ITS ITSELF

Pronoun as Subject

Kata Pronoun yang berfungsi sebagai subjek.

  • I eat apple
  • You go to her party
  • They are playing basket ball
  • We are smart
  • She has gone
  • He looks at you
  • It is my cat


Pronoun as Object

  • Budi punch me
  • I told you
  • The teacher got angry with them
  • Don’t curse us!
  • I love her
  • Anna hates him
  • I don’t like it


Possesive Adjective

  • I lost my pen
  • Give your money!
  • Budi doesn’t steal their books
  • Where is our shoes?
  • Tell to the teacher about her facts!
  • I use his belt


Dan masih ada beberapa bagian pronoun yang akan kita bahas lebih rinci lagi di pembelajaran selanjutnya. Dan perlu dipahami bahwa dalam mempelajari grammar, pemahaman akan pronoun sangat mempengaruhi proses pembelajaran anda selanjutnya.

Sponsors Link

7. Adjective

Adjective berarti kata sifat, menurut kamus Oxford ‘Adjectives are used to describe or specify a noun or pronoun’. Jadi dapat disimpulkan bahwa adjective merupakan kata yang berfungsi untuk mensifati atau menjelaskan keadaan kata benda (noun) maupun kata ganti (pronun) dalam sebuah kalimat atau frasa. Berikut beberapa contoh penggunaan kata sifat dalam kalimat:

Adjective Meaning Sentence
Handsome Ganteng He is a handsome boy
Slim Ramping My girlfriend is very slim
Fat Gemuk I love my fat cat
Lazy Malas Teacher doesn’t like lazy student
Greedy Rakus He catches that greedy mouse
Bright Terang Your lamp is so bright
Mad Gila Are you mad?

Pembahasan mengenai adjective tidak hanya sampai mengenai hal itu saja, akan tetapi adjective masih memiliki 2 pembagian lagi yaitu Limiting Adjective (LA) dan Descriptive Adjective (DA). Sebelum kita masuk ke contoh keduanya, alangkah lebih baik jika kita mengenak terlebih dahulu apa itu limiting adjective dan descriptive adjective.


Limiting Adjective (LA)

Limiting adjective merupakan kata sifat terbatas atau dapat disebut sebagai adjective yang memberikan batasan terhadap noun dan tidak menunjukkan kondisi atau sifat dari noun tersebut.


Article (Kata Sandang)

  • a : untuk kata yang mempunyai awalan kata konsonan, seperti: a pen, a cat, etc
  • an : untuk kata yang mempunyai awalan kata vokal, seperti: an apple, an iphone, etc
  • the : untuk kata yang menunjukkan benda tunggal, seperti: the earth, the moon, etc


Demonstrative Adjective (Kata Tunjuk)

  • This (ini) : untuk menunjukkan kata benda bentuk tunggal yang dekat, seperti: This is my pen
  • These (ini): untuk menunjukkan kata benda bentuk jamak yang dekat, seperti: These balls are big
  • That (itu): untuk menunjukkan kata benda bentuk tunggal yang jauh, seperti: That is table
  • Those (itu): untuk menunjukkan kata benda bentuk jamak yang jauh, seperti: Those books are ours


Possesive Adjective (Kepemilikan)

  1. My (kepunyaanku), seperti: I bring my bag
  2. Your (kepunyaanmu): Budi borrows your pen
  3. His (kepunyaannya lk), seperti: I steal his pen
  4. Her (kepunyaannya pr), seperti: You saw her flower
  5. Our (kepunyaan kami), seperti: Where is our books?
  6. Their (kepunyaan mereka), seperti: They lost their shoes
  7. Its (kepunyaannya benda mati atau hewan), seperti: Its shape is circle


Indenfinite Quantity (Jumlah Tak Tentu)

  1. Many (banyak): Untuk kata benda yang Countable atau dapat dihitung, digunakan pada kalimat negatif dan introgatif saja. Seperti: How many people in the zoo?
  2. Much (banyak): Untuk kata benda yang Uncountable atau tidak dapat dihitung, digunakan pada kalimat negatif dan introgatif saja. Seperti: I don’t have much money
  3. A lot of (banyak): Untuk kata benda yang Countable atau dapat dihitung, digunakan pada kalimat positif saja. Seperti: We sold a lot of shoes
  4. Several (beberapa): Untuk kata benda yang Countable atau dapat dihitung. Seperti: Several teachers come to my class


Numeral

  1. Cardinal Number (Bilangan Pokok): 0 (zero), 1 (one), 2 (two), 3 (three), 4 (four), 5 (five), 6 (six), etc.
  2. Ordinal Number (Bilangan Bertingkat): first (1st), second (2nd), third (3rd), fourth (4th), fifth (5th), sixth (6th), etc.
  3. Fraction Number (Bilangan Pecahan):
1/2 a half Setengah
1/3 a third sepertiga
1/4 a fourth / a quarter seperempat
2/3 two-third dua per tiga
2/4 two-fourth dua per empat
3 ½ three and a half tiga setengah


Decimal (Bilangan Desimal)

  • 0.6 = zero point six
  • 2.4 = two point four
  • 11.45 = eleven point four five


Descriptive Adjective (DA)

Descriptive adjective merupakan adjective yang memberikan gambaran mengenai kondisi noun yang disebutkan.

  1. Quality (Kualitas): Menunjukkan kualitas dari noun tersebut, seperti: good (baik), Ugly (jelek), handsome (tampan), Bad (buruk), dan lain sebagainya.
  2. Size (Ukuran): Menunjukkan ukuran dari noun tersebut, seperti: narrow (sempit), big (besar), short (pendek), tall (tinggi), dan lain sebagainya.
  3. Age (Umur): Menunjukkan umur dari noun tersebut, seperti: new (baru), old (tua), ancient (kolot), young (muda), dan lain sebagainya.
  4. Temperature (Suhu): Menjelaskan suhu dari noun tersebut, seperti: dingin (cold), panas (hot), hangat (warm), dan lain sebagainya.
  5. Shape (Bentuk): Mejelaskan bentuk dari noun tersebut, seperti: bulat (circle), segitiga (triangle), persegi (square), dan lain sebagainya.
  6. Colour (Warna): Menunjukkan warna dari noun tersebut, seperti: brown (coklat), gray (abu-abu), green (hijau), dan lain sebagainya.
  7. Nationality (Kebangsaan): Menjelaskan kebangsaan dari noun tersebut, seperti: Malaysian (orang malaysia), Brazilian (orang brazil), dan lain sebagainya.


Penggabungan antara adjective dan noun disebut dengan Noun Phrase (NP), serta memiliki rumus dasar sebagai berikut:

LA + DA + Noun

Contoh

  • Sebuah mobil lam (An old car)
  • Perempuan cantik itu (that beautiful woman)

Sekian pembahasan seputar  belajar materi dasar dan rumus grammar Bahasa Inggris lengkap untuk pemula dalam bahasa Inggris yang wajib kalian ketahui. Semoga apa yang telah kami paparkan diatas dapat membantu kalian dalam mempelajari bahasa Inggris. Ketekunan adalah kunci keberhasilan. Sampai jumpa di materi selanjutnya.

Materi Bahasa Inggris Lengkap di sini:

,
Oleh :
Kategori : Grammar