Sponsors Link

4 Keterampilan Dasar Bahasa Inggris (Efektif untuk Pemula)

Sponsors Link

Semua bahasa di dunia terdiri dari 4 prinsip dasar. Tidak menjadi masalah mau jenis bahasa apapun itu, dimana ia berasal dan bagaimana strukturnya – mereka semua terbuat dari 4 unsur utama, yaitu reading (membaca), writing (menulis), speaking (berbicara), dan listening (mendengar). Keempat unsur ini tentu saling berhubungan, akan tetapi memiliki perbedaan yang signifikan dalam prosesnya. Dalam upaya untuk menguasai bahasa inggris, kita juga harus menjalankan keempat prinsip dasar tersebut.

ads

Mereka yang ingin mahir dalam berbahasa inggris haruslah mengadopsi keempat prinsip dasar itu sebagai proses pembelajaran yang utuh, namun perlu diingat bahwa keempat dasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, dan tentu saja dengan metode yang berbeda pula. Akan tetapi perlu diingat bahwa, hanya akan ada kesempatan kecil untuk dapat menguasai bahasa Inggris jika seseorang itu hanya mempelajari bahasa Inggris dengan salah satu prinsip saja, dan meninggalkan ketiga prinsip lainnya. Lalu, inilah metode terbaik belajar 4 keterampilan dasar Bahasa Inggris untuk pemula dengan cara paling cepat dan efektif.

Baca juga:

Mengenal 4 English Skills

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana caranya agar kita mampu menguasai Bahasa Inggris berikut dengan prinsipnya. Menguasai keempat prinsip tersebut tidaklah sulit, namun hanya terkadang orang sulit untuk menemukan metode yang sesuai dan efektif bagi dirinya. Mari kita simak pembahasan berikut tentang keterampilan dasar Bahasa Inggris yang tentunya akan memudahkan kalian dalam menguasai keempat prinsip dasar dalam bahasa Inggris.

1. Listening

Listening mungkin adalah prinsip yang paling sulit untuk dikuasai bagi seorang pemula dibandingkan dengan ketiga prinsip diatas. Listening adalah sebuah mata pelajaran yang berinterpretasikan seperti Reading namun juga berbeda dengan reading, sebab reading tidak memiliki waktu untuk membaca ulang kata tersebut dan mengeceknya kembali. Listening juga mirip seperti speaking, akan tetapi di Listening kalian tidak bisa mengontrol kata yang akan disebutkan dan kalian diharuskan untuk mengerti makna dari kata yang dilontarkan. Tetapi walaupun kalian mampu mendengarkan serta mengikuti alur kata serta cerita sebuah percakapan dalam bahasa Inggris, tidak menjamin anda akan benar-benar mahir dalam berbahasa.

Sebab seseorang yang mampu memahami kata yang dibacarakan juga harus mengerti bagaimana kata tersebut dituliskan. Dan begitu juga sebaliknya, jika seseorang mampu menulis bahasa Inggris tersebut dengan baik, maka ia juga harus mampu untuk mengucapkan kata tersebut dengan baik pula. Berikut akan kami berikan tips-tips mudah dan cepat dalam menguasai Listening.


1. Mendengar Percakapan Langsung

Dengan mendengar percakapan secara langsung, kalian dapat dengan mudah melatih kemampuan Listening. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan hal ini, seperti berdekatan saat ada 2 orang bule yang sedang berbicara, mendengar talk show, mendengar cerita anak berbahasa Inggris, atau menonton film yang Dubbing-nya bahasa Inggris.


2. Banyak Mengeja

Reading merupakan salah satu cara yang paling ampuh, cepat, dan mudah untuk mengasah kemampuan listening kita. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membaca teks bahasa Inggris dengan spelling yang benar dan haruslah dengan suara yang kuat dan lantang hingga kita dapat mendengarnya. Dengan begitu telinga akan terbiasa dengan mendengarkan kata-kata yang dilontarkan oleh lisan kita. Sebab dalam teks reading tentu akan ada kata, kalimat, frasa, dan grammar yang berbeda-beda, hal itu akan membantu kita dalam meningkatkan skill listening.


3. Belajar Dari Audio Book

Di zaman millenium ini banyak sekali audio book gratis yang bertebaran di Internet. Kita dapat melatih kemampuan listening kita dengan menggunakan audio book tersebut. Kita hanya perlu terlebih dahulu membaca teks cerita tersebut, contohnya cerita ‘Cinderella’. Pertama-tama hendaklah kita membaca teks cerita tersebut, kemudian barulah kita mendengarkan audio book tersebut tanpa melihat teks cerita.


4. Kurangi Membaca Subtitles

Banyak orang yang suka menonton film Hollywood, namun sering terkendala sebab berbedanya bahasa yang digunakan. Oleh karena itu banyak orang yang bergantung pada subtitle film tersebut. Bagi kalian yang ingin menajamkan skill listening, maka mulailah untuk menonton film dengan tidak menggunakan subtitle lagi, sebab ketika kalian menggunakan subtitle maka kalian akan terfokus pada subtitle dan mengabaikan bahasa Inggris yang diucapkannya. Namun perlu diingat bahwa bagi seorang pemula hendaklah memulai dengan menggunakan film anak-anak yang berdurasi pendek terlebih dahulu untuk menghindari rasa bosan dan jenuh.

Keempat prinsip diatas saling berhubungan dan saling mengisi satu sama lain. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kalian untuk dapat menguasai keempatnya secara sempurna. Tidak perlu terlalu terburu-buru, lakukanlah dengan santai dan dengan cara yang kalian rasa nyaman dan tenang. Perlu diingar bahwa untuk mencapai keberhasilan perlu yang namanya ketekunan dan kesabaran.

Demikianlah tips-tips untuk dapat menguasai skill-skill bahasa Inggris; Reading, Writing, Speaking, dan Listening. Bahasa Inggris bukanlah pengetahuan semata, melainkan juga keterampilan. Jadi tidak cukup bagi seseorang hanya dengan megetahui saja, melainkan seseorang itu harus terampil dalam penggunaannya dengan terus berlatih dan berlatih.


Baca Juga:

ads

2. Reading

Cara membaca yang baik adalah pembelajaran utama yang harus dipenuhi sebagai syarat utama bagi seorang pemula yang ingin mempelajari bahasa. Melihat kata-kata yang terpampang di kertas, baik itu di spanduk, poster, stiker, dan lain sebagainya. sering kali menjadi pengalaman pertama seseorang melihat bahasa meskipun ia tidak mengerti, akan tetapi paling tidak ia tahu bahwa itu adalah bahasa.

Di dalam prinsip ini (Reading), para pembaca akan segera mengetahui bagaimana bahasa itu digunakan dan bagaimana setiap kalimat disusun, serta bagaimana cara agar setiap kata yang digabungkan mampu memiliki makna dan rasa. Reading (membaca) adalah proses bagi seseorang dalam memahami setiap tulisan. Yang dengan secara natural Reading akan membawa kertarikan dalam diri seseorang, sehingga muncul dorongan untuk menulis (Writing). Berikut akan kami berikan tips-tips mudah dan cepat dalam menguasai Reading.


1. Mengatur Waktu Membaca

Untuk dapat menguasai Reading, perlu bagi kita untuk senantiasa menetapkan berapa lama waktu yang akan kita habiskan untuk membaca setiap harinya. Jika kalian menerapkan ini secara teratur maka hal itu akan meningkatkan kemampuan kita dalam memahami setiap kata bahasa Inggris yang ada dalam teks tersebut. Contohnya seperti kita menyisihkan waktu 30 menit setiap harinya untuk membaca buku bahasa Inggris di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur.


2. Membaca Buku Favorit

Membaca buku bahasa Inggris yang kita sukai atau yang menarik menurut kita merupakan cara jitu untuk menghindarkan rasa bosan serta jenuh saat kita membaca buku tersebut. Contohnya kita dapat memulainya dengan novel atau buku cerita anak yang berbahasa Inggris.


3. Mengukur Kecepatan Membaca

Dengan mengukur kecepatan membaca, kita dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan bahasa Inggris kita. Dengan begitu kita mampu membaca bahasa Inggris dengan cepat dan lancar. Namun perlu diingat bahwa saat kalian membaca, kalian memang sudah membaca dengan Spelling atau ejaan yang benar, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui cara mengucapkan kata tersebut terlebih dahulu. Kita dapat menggunakan stopwatch sebagai media penghitung, contohnya saat membaca kita mengukur waktu selama 5-10 menit dan kemudian berhenti untuk menghitung sudah berapa halaman yang kita baca.


4. Memahami Isi Bacaan

Perlu diingat bahwa saat setelah kita mampu membaca cepat, maka yang penting juga kita perhatikan adalah pemahaman kita terhadap kata yang telah dibaca tadi. Sebab alangkah tidak berartinya jika kita membaca sesuatu namun tidak memahami maknanya. Contohnya seperti saat kita selesai membaca cepat, mungkin terdapat 10-14 halaman yang berhasil dibaca, setelah itu mulailah memberikan pertanyaan kapada diri sendiri seputar apa yang telah kita baca tadi, atau dapat pula kita menjelaskan secara ringkas apa yang telah dibaca. Jika kita belum mampu untuk menceritakan kembali isi cerita tersebut, maka ulangilah kembali membaca teks tersebut hingga kalian paham.


5. Hindari Kamus

Ketika kalian sedang membaca teks atau cerita, jangan pernah menggunakan kamus untuk mengetahui kata yang tidak kalian ketahui, hal tersebut sangat tidak efektif. Sebab jika kalian ingin mengetahui arti maupun makna dari cerita tersebut maka tidak perlu mengartikan kata-katanya satu persatu sebelum masuk pada kata selanjutnya. Jika kita ingin mengartikannya secara keseluruhan maka lakukanlah hal tersebut setelah selesai membaca teks keseluruhan, agar kata sebelum dan selajutnya dapat terhubung satu sama lain.


6. Menganalisis Strutur Paragrapf

Agar kalian mampu untuk memahami jalannya cerita dari buku yang kalian baca, sangat penting bagi kalian untuk memahami ide pokok yang disampaikan di tiap-tiap paragraf bacaannya. Ide pokok biasanya terletak di awal paragraf, bisa juga diakhir namun terkadang juga ada di tengah, tetapi umumnya berada di awal paragraf. Dengan mengetahui ide utama, kita akan mendapatkan gambaran mengenai isi paragraf tersebut, dan dengan begitu juga kita dengan mudah mengetahui isi cerita secara keseluruhan.


Baca Juga:

3. Speaking

Speaking adalah aspek utama dalam berbahasa yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Sayangnya, hal itu juga lumayan sulit untuk dapat dikuasai. Seseorang yang berbicara dengan menggunakan bahasa asing tidak mempunyai waktu untuk mengkoreksi diri mereka sendiri – sekali kata yang dibicarakan itu keluar, maka ia akan keluar tidak peduli apakah kata itu benar atau salah.

Berbicara kepada orang lain yang mahir dalam bahasa tersebut merupakan jalan terbaik untuk membuat kita semakin baik, dan berlatih dengan cara ini sangat efektif untuk membuat kemampuan bahasa semakin sempurna. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa satu-satunya jalan untuk menyempurnakan kemahiran Speaking (berbicara) adalah dengan cara melakukan Listening (mendengar), dengan begitu kita dapat mengetahui pelafalan kata yang benar. Berikut akan kami berikan tips-tips mudah dan cepat dalam menguasai Speaking.


1. Talk by Yourself

Mulailah berbicara bahasa Inggris dengan diri sendiri. Mungkin agak terdengar aneh bagi kalian jika mendengar istilah ‘berbicara sendiri’. Namun dalam mempelajari bahasa, yang perlu kalian utamakan adalah tekad dan keberanian dalam memulai sesuatu yang baru. Berbicara yang dimaksudkan disini ialah kalian mengawali kegiatan sehari-hari kalian dengan berbahasa Inggris, seperti saat kalian sedang mencari sendok maka kalian akan mengatakan ‘Dimana sendok?’, alangkah lebih baiknya jika kalian mengatakan ‘Where is the spoon?’. Dengan begitu kalian akan terbiasa untuk berbicara bahasa Inggris sehari-hari.


2. Mendengarkan dan Menjawab Cerita Pendek

Gunakanlah CD atau aplikasi pembelajaran yang berisi cerita singkat yang kemudian diakhir cerita kita diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar cerita tersebut, maka jawablah pertanyaan tersebut secara lisan. Bagi seorang pemula jangan gunakan software atau cerita yang sulit seperti yang terdapat dalam soal tes TOEFL, baik yang Barron’s maupun IBT. Akan tetapi gunakanlah soal cerita yang terdapat pada aplikasi learning Inggris dasar untuk anak-anak seperti Dodo, Bee, dan lain-lain.


3. Tidak Fokus Pada Grammar

Mempelajari grammar memang sangat penting, namun jangan terlalu fokus padanya apalagi dengan menghafal sekian banyak rumus yang terdapat dalam grammar, hal itu akan menghambat perkembangan speaking kalian. Jika saat berbicara kalian terlalu fakum pada grammar, maka pembicaraan menjadi tidak natural dan terbata-bata karena terlalu fokus pada grammar. Namun bukan berarti kita berbicara tidak menggunakan grammar sama sekali. Cobalah untuk mendengarkan pembicaraan-pembicaraan yang ada di film-film Box Office bahasa Inggris, dengan begitu kita akan semakin terbiasa dalam memahami konsep berbicara dalam bahasa Inggris.


4. Tidak Membaca Buku Formal

Membaca memang sangat penting, namun perlu diperhatikan apa yang seharusnya kalian baca. Dalam upaya untuk menguasai speaking, cobalah untuk tidak membaca buku formal yang hanya berisi materi pembelajaran seperti buku-buku yang diberikan oleh sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Mulailah untuk membaca buku-buku yang berisi percakapan sehari-hari. Sebab buku yang diberikan sekolah biasanya hanya berisi hal-hal formal saja, dan tidak berisi percakapan sehari-hari.


5. Mendengarkan Cerita Pendek yang Memuat Tenses

Biasakan untuk mendengarkan atau membaca cerita yang disusun berdasarkan tenses yang berbeda-beda. hal ini bertujuan agar kalian terbiasa dalam penggunaan tenses, sehingga dalam percakapan pun kalian akan mengetahui dengan cepat dan cermat tenses apa yang sesuai untuk digunakan.


6. Mempelajari Bahasa Inggris Umum

Untuk dapat menguasai Speaking, sangat penting bagi kalian untuk dapat mengetahui kosa kata apa yang sering digunakan oleh orang lain dalam percakapan bahasa Inggrisnya. Hal ini dapat kita ketahui dengan cara mendengarkan radio talk show, audio article, atau dengan menonton televisi channel luar negeri yang berbahasa Inggris.


Baca Juga:

Sponsors Link

4. Writing

English skill terakhir yang benar-benar harus kamu kuasai adalah kemampuan menulis. Writing (menulis) adalah suatu keadaan dimana seorang pembelajar bahasa biasanya mulai membuat bahasa mereka sendiri. Hal tersebut dapat ditulis di atas kertas atau di lembaran-lembaran yang diberikan arahan langsung oleh guru mereka. Namun ketika para pembelajar mulai meletakkan pena mereka diatas kertas dengan kemauan mereka, berarti mereka mulai menggunakan bahasa mereka sendiri sejauh pemahaman mereka terhadap apa yang telah mereka baca (Reading).

Ada satu metode penulisan yang dikenal dengan metode Hieroglyphs. Hampir semua sekolah dasar mengetahui dengan benar apa itu Hieroglyphs. Ia terbentuk dari salah satu sistem penulisan kuno yang masih digunakan hingga sekarang. Ada beberapa tipe Hieroglyphs yang ditemukan dalam salah satu bahasa yang menjadi perwakilan bahasa saat ini, beberapa ada yang digunakan sebagai bagian dari kata dan beberapa ada yang menjadi bagian dari kalimat itu sendiri. Para pakar bahasa mengatakan bahwa Hieroglyphs merupakan sistem yang berasal dari kemampuan seni Mesir kuno. Hieroglyphs ditemukan pada setiap jenis artefak Mesir kuno dan digunakan sebagai sistem tulis-menulis mereka.


1. Menulis Kata Baru

Setiap kita menjumpai kata bahasa Inggris yang baru hendaklah kita menghafalnya kemudian menuliskannya. Hal itu bertujuan agar kita tidak hanya mengetahui bahasa Inggrisnya secara lisan, melainkan juga mampu menuliskannya.


2. Merangkai Kalimat

Setelah kita mempunyai kosa kata yang cukup, hendaklah mulai menyusun kalimat-kalimat sederhana kemudian menuliskannya. Hal ini bertujuan agar kita terbiasa dalam merangkai kalimat, yang dengannya kita akan dengan mudah juga merangkai kalimat saat melakukan Speaking.


3. Praktek Menulis Sehari-hari

Bagi para wanita tentu sudah tidak asing lagi yang namanya diary. Bahkan hampir semua wanita mempunyai diary, banyak cara yang digunakan wanita dalam memfungsikan diary mereka, ada  yang bertujuan untuk mencatat hal yang terjadi padanya atau yang digunakan untuk mencatat pelajaran penting. Apapun itu, penting bagi kalian untuk mulai menulis diary kalian dengan menggunakan bahasa Inggris, dengan begitu kalian mampu mengasah kemampuan writing kalian.

Writing (menulis) memiliki manfaat yang sangat besar. Ketika sesuatu telah dituliskan dan terdapat kesalahan di dalamya, maka tulisan tersebut dapat direvisi dan dikerjakan kembali sampai menjadi sempurna dan benar. Hal tersebut dapat membantu para pembelajar untuk memperbaiki kesalahan mereka – sesuatu yang tidak bisa dilakukan ketika para pembelajar mulai melakukan Speaking (berbicara). Berikut akan kami berikan tips-tips mudah dan cepat dalam menguasai Writing.


Jadi, belajar 4 keterampilan dasar Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mudah dan dengan metode yang bisa diterapkan sehari-hari. Lalu, mulailah menerapkan tips dan trik di atas agar kita semua mampi memahami Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

,
Oleh :
Kategori : English Skills