Sponsors Link

9 Aturan Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Hello, salam semangat untuk para pembaca. Sekarang tanggal berapakah pembaca? Sebagai satuan waktu, tentunya kita tidak akan pernah terlepas dari tanggal dalam kehidupan singkat manusia di bumi ini. Fungsi dari tanggal sangat penting dalam kehidupan kita. Ia menunjukkan hari tertentu pada suatu bulan tertentu dan pada tahun tertentu pula. Biasanya kita menemui mereka sebagai suatu kesatuan, yaitu hari, tanggal, bulan, dan tahun. Namun biasanya dengan mengatakan tanggal, maka tiga elemen ini dengan sendirinya tercantum di dalamnya.

ads

Baca juga:

Terteranya tanggal ini sangat penting, dengannya berbagai peristiwa bersejarah akan tercatat. Selain itu, adanya tanggal dapat menjadikan perjanjian atau pertemuan di masa depan dapat terencana dengan lebih presisi alias tepat. Dalam bahasa kita, bahasa Indonesia, penulisan tanggal secara umum adalah dengan format hari, kemudian diikuti tanggal, bulan dan tahun, misalnya Rabu, 27 September 2017. Namun, di belahan bumi di luar Indonesia, terdapat berbagai cara penulisan satuan waktu ini.

Terdapat ribuan bahasa di luar sana dan mempelajari cara penulisan atau cara penyebutan tanggal dalam bahasa yang ingin kita pelajari adalah bagian dari usaha kita dalam mempelajari bahasa tersebut. Dalam kesempatan ini, penulis akan memaparkan pada para pembaca mengenai 9 pola penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Hal ini menjadi penting bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris dan memenuhi grammar bahasa Inggris yang baik dan benar.

Artikel lainnya:

Dalam menuliskan tanggal, terdapat dua cara utama, yaitu menuliskan dengan angka-angka biasa, atau menuliskannya dengan kata-kata, penggunaan keduanya tergantung pada tingkat keformalan dari penulisan tanggal tersebut. Bahkan, antara British English dan American English pun seringkali berbeda dalam penulisannya. Agar tidak bingung, mari kita simak uraian aturan menulis tanggal dalam Bahasa Inggris berikut ini:

berikut ini:

1. Pola Pertama

Pola pertama penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ini termasuk dalam kategori formal. Ia biasa digunakan dalam surat-surat resmi seperti surat tugas, undangan, surat kedinasan dan lain sebagainya. Penulisan tanggal menurut aturan ini adalah menggunakan kata-kata untuk bulan dan tanggal, sedangkan tahun menggunakan angka biasa. Berikut contoh penulisan tanggal sesuai pola pertama:

  • American English format: January the eleven, 2017
  • British English format: The eleven of January, 2017

Mungkin aturan yang pertama ini sering pembaca temui dalam pembelajaran di bangku sekolah, maka lebih mudah bagi pembaca untuk memahaminya.

Baca juga:

2. Pola Kedua

Pola kedua dalam aturan menulis tanggal dalam Bahasa Inggris berikut ini ini adalah salah satu jenis penulisan yang sangat sering digunakan dalam Percakapan Sehari-Hari dalam Bahasa Inggris dan digunakan secara semi formal. Berikut ini contoh penulisan tanggal sesuai dengan pola kedua:

  • American English format: 2nd February, 2017
  • British English format: February 2nd, 2017

Penulisan tanggal sesuai dengan aturan kedua ini bisa digunakan jika ingin menulis pesan atau surat yang semi formal namun tetap sopan.

Artikel Lainnya:

Sponsors Link

3. Pola Ketiga

Pola ketiga dalam aturan menulis tanggal dalam Bahasa Inggris berikut ini ini hampir mirip caranya dengan pola kedua. Dalam pola ketiga ini, pembaca tidak perlu menambahkan imbuhan st, nd, rd, atau th setelah angka tanggal. Pola ketiga ini dapat pula digunakan untuk menulis surat atau pesan yang bersifat semi formal tapi tetap sopan. Berikut ini contoh penulisan tanggal sesuai dengan pola ketiga:

  • American English format: March 3, 2017
  • British English format: 3 March 2017

Baca juga:

4. Pola Keempat

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris menurut pola keempat ini sangatlah sederhana, pola ini menggunakan angka untuk mewakili tanggal, bulan, dan tahun. Pemisah di antara angka tersebut biasanya dapat berupa garis miring (/), atau garis putus (-) atau titik (.) atau tanda baca lainnya. Berikut ini contoh penulisan tanggal dengan pola keempat:

  • American English format: 6/14/2017 (Month/Date/Year atau bulan/tanggal/tahun)
  • British English format: 14/6/2017 (Date/Month/Year atau tanggal/bulan/tahun)

Biasanya kita menemui pola kelima ini dalam pesan pribadi, memo, atau surat pribadi lainnya.

Lihat Artikel Lainnya:

ads

5. Pola Kelima

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris sesuai pola kelima ini mirip dengan pola kedua dan ketiga, hanya saja angka tahun yang biasanya ditulis lengkap, pada pola ini hanya ditulis dengan dua angka. Fungsi pola kelima ini sama dengan pola kedua dan pola ketiga, yaitu untuk penggunaan dalam lingkup semi formal. Berikut ini adalah contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris sesuai pola kelima:

  • American English format: 6/14/17 (Month/Date/Year atau bulan/tanggal/tahun)
  • British English format: 14/6/17 (Date/Month/Year atau tanggal/bulan/tahun)

Baca juga:

6. Pola Keenam

Dalam pola keenam ini, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dilakukan dengan pola yang hampir sama dengan pola kelima. Perbedaannya adalah semua tanggal, bulan, dan tahun ditulis dalam dua digit. Pola ini dapat digunakan untuk penulisan tanggal secara formal maupun non formal. Di bawah ini adalah contoh penulisan tanggal dalam bahasa sesuai dengan pola keenam:

  • American English format: 05/16/17 (Month/Date/Year atau bulan/tanggal/tahun)
  • British English format: 16/05/17 (Date/Month/Year atau tanggal/bulan/tahun)

7. Pola Ketujuh

Secara umum, enam pola sebelumnya telah mewakili penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Nah, pola ketujuh ini sifatnya adalah pelengkap dari pola-pola sebelumnya. Perbedaannya hanyalah bahwa pola ketujuh ini secara lengkap menuliskan atau mengucapkan harinya. Pola ini biasanya digunakan sebagai penekanan atas tanggal yang dituju. Berikut ini adalah contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dengan pola ketujuh:

  • Sunday, September 24th 2017
  • Friday, Jan 13rd 1995

8. Pola Kedelapan

Pola kedelapan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ini merujuk pada suatu tanggal penting yang dengan menyebutkan nama harinya saja orang-orang dapat mengetahui tanggal tersebut. Tentunya pembaca mengetahui banyak tanggal penting dalam sejarah bukan? Nah, berikut ini contoh dari pola kedelapan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris:

  • New Year day ( January 1st)
  • April Mop day (April 1st)

Baca juga:

Sponsors Link

9. Pola Kesembilan

Pola kesembilan ini adalah pola yang menerangkan waktu terjadinya suatu sejarah tertentu. Biasanya ia menjadi singkatan setelah angka tahun tertentu yaitu BC atau Before Christ (sebelum masehi) dan AD atau Anno Domini (Masehi). Berikut ini adalah contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris sesuai dengan pola kesembilan:

  • 2345 BC (tahun 2345 Sebelum Masehi)
  • January 1st 0001 AD (satu Januari tahun 1 Masehi)

Demikianlah 9 penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat lebih memahami pola-pola dalam penulisan tanggal sehingga dapat lebih ahli dalam bahasa Inggris. See you later!

Lihat juga artikel lainnya:

, ,
Oleh :
Kategori : Writing