Sponsors Link

Contoh Teks Anekdot Beserta Struktur Lengkap dan Artinya

Sponsors Link

Belajar bahasa Inggris tidak hanya cukup dengan menghapal dan membuat kalimat saja. Ada beberapa materi yang dapat dipelajari sesuai dengan level yang ditempuh. Salah satu pelajaran mengenai materi bahasa Inggris adalah mengenai contoh teks anekdot lengkap dengan struktur dan contoh kalimatnya.

ads

Baca juga :

Pengertian teks anekdot adalah sebuah teks yang digunakan sebagai cerita, baik untuk cerita pribadi atau rahasia. Namun dengan seiring perkembangan zaman, cerita berkembang menjadi cerita bertajuk cerita lucu. Dimana teks anekdot memiliki tujuan yaitu untuk menceritakan kejadian pada masa lampau yang bertujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar yang dapat membuat orang tertawa.

Berikut ini susunan umum contoh text anekdot beserta structurenya :

  1. Abstrak, pada bagian ini, tulisan akan mengenalkan sesuatu yang unik atau ganjil secara singkat sehingga menjadi perhatian pembaca dan membuat penasaran mengenai peristiwa dalam cerita.
  2. Orientasi, setelah mampu membuat pendengar atau pembaca penasaran, kemudian cerita akan memperkenalkan nama tempat, pelaku, waktu dari sebuah cerita.
  3. Krisis, pada bagian inilah kemudian cerita mempertegas keunikan dan keganjilan yang terjadi.
  4. Reaksipada bagian inilah cerita diakhiri dengan rasa penasaran akan hal ganjil atau unik dalam cerita tersebut dengan menceritakan bagaimana cara memecahkan masalah atau keganjilan yang terjadi.
  5. Kode ( bisa dibuat atau tidak ), adalah kesimpulan yang bisa ditarik dalam cerita lucu tersebut.

Berikut ini contoh teks anekdot beserta structure yang bisa kamu dalami dan pelajari, baik untuk pribadi maupun bersama teman dan rekan :

Baca juga :

Beo is Naughty Bird

Mira, Dewi and Bunga next door and always together go to the office. Before reaching the highway for public transport, they had to pass an alley that one of the houses kept parrots.

Every time these three women passed the front of the house of the parrot, the parrot always mentioned three colors. Bunga suspects that the parrot knows the color of their three wallets.

To prove it is true or not they make an appointment to use the same wallets color.

The next day they passed the alley, the parrot said “Black, black, black.” The three women were stunned and amazed. The next day the parrot correctly guessed the color of their wallets by saying, “Pink, pink, pink.”

Dewi has a slightly ridiculous idea. “How about tomorrow we do not bring the wallets? Want to say what’s trying that nosy parrot? “The next day as they passed, the parrot loitered in his cage like bewilderment.

Dewi and his friends started laughing because they could tease the nosy parrot. But their laughter did not last long, because the parrot said, “Empty, empty, no money.”

Baca juga :

Sponsors Link

Burung Beo Yang Nakal

Mira, Dewi dan Bunga bertetangga dan selalu bersama-sama pergi ke kantor. Sebelum mencapai jalan raya untuk naik kendaraan umum, mereka harus melewati sebuah gang yang salah satu rumahnya memelihara burung beo.

Setiap kali ketiga perempuan ini melewati depan rumah orang yang memelihara beo, si burung beo selalu menyebutkan tiga warna. Bunga curiga bahwa beo tersebut mengetahui warna dompet mereka bertiga.

Untuk membuktikan itu benar atau tidak mereka janjian untuk menggunakan warna dompet yang sama.

Keesokan harinya mereka lewat gang tersebut, si beo berkata “Hitam, hitam, hitam.” Ketiga perempuan tersebut terpana dan kagum. Hari berikutnya dengan tepat si beo menebak warna dompet mereka dengan berkata, “Pink, pink, pink.”

Dewi mempunyai ide yang sedikit konyol. “Bagaimana kalau besok kita tidak membawa dompet ? Mau bilang apa coba si beo usil itu ?” Keesokan harinya ketika mereka lewat, si beo mondar-mandir di dalam sangkarnya seperti kebingungan.

Dewi dan kawan-kawannya mulai tertawa karena bisa meledek burung beo yang usil itu. Tapi tertawa mereka tidak berlangsung lama, karena si beo berkata, “kosong, kosong, tidak ada uang.”

Baca juga :
Demikian penjelasan dan contoh text anekdot beserta structurenya, semoga bermanfaat untuk kalian. Selamat belajar dan wish you’re lucky.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing