Sponsors Link

13 Cara Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris dengan Mudah

Sponsors Link

Tidak dapat dielakkan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Sehingga sepertinya sudah menjadi kewajiban untuk mempelajarinya, jika ingin memahami berbagai hal. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki juga mengakibatkan kita harus membaca banyak buku teks dalam Bahasa Inggris. Sehingga selain belajar grammar dalam Bahasa Inggris, part of speech, rumus cepat menghafal tense, adjectives, adverb, main clause, comparative degree, dan lain-lain sejak dini kita belajar belajar membaca teks Bahasa Inggris.

ads

Berikut adalah langkah-langkah yang harus disiapkan dan dilakukan dalam cara belajar teks Bahasa Inggris.

  1. Mempelajari Alphabet dalam Bahasa Inggris

Sebelum memasuki tahapan membaca yang banyak atau lebih kompleks, sebaiknya kita memulai dengan belajar membaca alphabet dalam Bahasa Inggris. hal ini penting, khususnya jika kita ingin membaca sebuah teks Bahasa Inggris dengan suara keras dan ucapan yang benar. Saat ini di sosial media banyak diberikan tutorial belajar membaca alphabet tersebut.

  1. Memperbanyak Kosa Kata

Agar memahami teks yang dibaca, maka memperbanyak kosa kata dan artinya akan sangat membantu. Cara memperbanyak kosa kata penuh makna dalam Bahasa Inggris dapat dengan menambah atau menghafal 5 kata baru setiap harinya. kata baru tersebut dapat dimulai dengan sesuatu yang ada dan terjadi disekitar kita. Akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu kosa kata Bahasa Inggris yang banyak digunakan sehari-hari.  Misalnya, nama binatang dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris buah-buahan dan cara membacanya.

  1. Pronunciation

Pronunciation adalah inti dari speaking atau percakapan sehari-hari atau conversation. Pronunciation adalah cara mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Ini sama dengan mengucapkan alphabet, sangat diperlukan jika ingin membaca nyaring. Setiap kata yang berbeda pengucapannya maka ada kemungkinan berbeda pula artinya.

  1. Membaca Lurus

Jika ingin memahami suatu teks atau paragraf Bahasa Inggris seperti contoh paragraf Bahasa Inggris tentang hobi, Sampai saat membaca buku, maka bacalah terus. Jangan berhenti pada satu kata atau kalimat yang tidak dipahami. Baca dulu sampai selesai, karena mungkin penjelasannya ada di kalimat selanjutnya. Jika sampai akhir membaca tidak ada penjelasan, barulah dicari dalam kamus.

  1. Jangan Menerjemahkan Per Satu Kata

Bahasa Inggris tidak selalu diartikan per kata. Sehingga sama dengan poin sebelumnya, bacalah terlebih dahulu sampai paragraf selesai. Seperti contoh paragraf Bahasa Inggris tentang liburan. Misalnya kata take berarti mengambil, namun jika tertulis take a bath tidak bisa di artikan mengambil satu mandi. Arti take a bath adalah mandi. Kata mandi tidak bisa dituiliskan dengan bath saja.

  1. Skimming

Membaca buku atau kalimat paragraf atau teks dalam Bahasa Inggris seperti contoh teks Bahasa Inggris tentang liburan, agar lebih memahami hanya perlu mengambil intisari kalimatnya saja. Ini disebut dengan teks skimming. Teknik ini juga mempercepat membaca dan memahami dalam cara membaca teks Bahasa Inggris.

  1. Listening

Listening adalah cara membuat kita semakin mengerti cara membaca yang benar, yaitu dengan mendengarkan orang lain yang sudah lebih fasih dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

  1. Bertanya

Cara belajar membaca teks Bahasa Inggris salah satunya adalah bertanya. Jangan malu bertanya tentang kosa kata yang tidak dipahami atau struktur Bahasa Inggris yang tidak dipahami kalimatnya.

  1. Membaca Perlahan

Untuk pemula membaca secara perlahan sangat disarankan. Maksudnya adalah tidak cepat-cepat sehingga salah memahami arti bacaan.

  1. Fokus

Karena Bahasa Inggris bukan bahasa ibu, maka pada beberapa orang memerlukan fokus dalam membaca agar paham. Jangan membaca teks sambil mengerjakan hal lain seperti menonotn TV atau mendengarkan lagu.

  1. Sering Membaca

Sering membaca atau latihan adalah cara terbaik belajar Bahasa Inggris agar menjadi sebuah kebiasan.

Sponsors Link

  1. Membaca Mulai Dari Huruf Yang Besar

Sama dengan orang yang baru belajar membaca Bahasa Indonesia, disarankan untuk membaca mulai dari tulisan yang lebih besar dan sederhana. Ini memungkinkan untuk memudahkan membaca dan memahami.

  1. Membaca Berulang-Ulang

Jika kita mempunyai buku sederhana, tahap awal bacalah berulang-ulang sebuah buku. Maka semakin lama akan banyak pengertian yang bertambah dibandingkan ketika pertama kali membacanya.

Sulitkah menerapkan cara membaca teks Bahasa Inggris di atas? Tentu saja tidak, asalakan diiringi dengan kerja keras, kemauan kuat, dan ketekunan. Ingatlah, ketika belajar membaca Bahasa Indonesia anak TK juga memulainya dengan cara demikian. Semakin sering dipraktekkan, maka akan semakin cepat dan lancar membaca.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Reading