Sponsors Link

Contoh Teks Factual Report dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Sponsors Link

Jenis teks dalam bahasa Inggris terbagi menjadi beberapa genre, yaitu story genres dan factual genres. Story genres terdiri dari teks narrative, recount, news story/items, anecdote, dan spoof. Factual genres terdiri atas teks descriptive, report, procedure, explanation, analytical exposition, hortarory exposition, discussion, dan review.

ads

Baca juga:

3 Contoh Teks Anekdot dalam Bahasa Inggris

22 Contoh Recount Text dalam Bahasa Inggris

Materi dalam artikel ini akan berfokus pada contoh teks factual report. Report text adalah jenis teks yang memberikan informasi tentang segala sesuatu (benda, binatang, orang, atau tempat) secara terperinci, sistematis, dan bersifat umum berdasarkan hasil studi, penelitan, atau observasi. Dengan demikian, teks inibertujuan untuk menyampaikan sesuatu apa adanya sebagai hasil pengamatan sistematis atau analitis.

Baca juga:

7 Teks Bahasa Inggris untuk Pemula dan Tekniknya

Report text dan descriptive hampir sama. Perbedaannya, descriptive berupa objek spesifik dan bersifat subjektif (terdapat opini si penulis, sedangkan report text bersifat umum, objektif, dan sesuai fakta yang kadang disertai bukti ilmiah seperti contoh, grafik, hasil penelitian dan sebagainya. Struktur umum report text terdiri atas pernyataan umum dan klasifikasi. Biasanya report text menggunakan simple present tense karena teks tersebut menyampaikan suatu fakta atau kebenaran umum. Teks yang terjasi berupa kesimpulan umum mengenai karakteristik, ciri, keberadaan, dan keadaan dari subjek laporan.

Contoh Teks Factual Report

Di bawah ini terdapat salah satu contoh teks factual report beserta artinya.

V-Shaped Formation

When a goose flying, it claps its wings to give supporting power to other geese which are flying behind. They can feel that power, so that they don’t need to break the airway like what the front goose does. Flying with V-shaped formation will help the group of geese to fly 75% further than if every goose flies alone.

The geese like to fly in a group and even in V-shaped formation. This formation in symbol for them which means that they have a strong power in reaching their purposes. When a goose flies alone, or out of formation, it’s hard and difficult for that goose to fly a far distance, and usually that goose will be back to the group or try to join another group. Every goose will take benefit of a support power if they in a group formation.

Formasi Berbentuk V

Ketika angsa terbang, sayapnya bertepuk untuk memberi tenaga pendukung ke angsa lain yang terbang di belakangnya. Mereka bisa merasakan kekuatan itu, sehingga mereka tidak perlu memecah jalan napas seperti apa yang dilakukan angsa yang ada di depan. Dengan formasi berbentuk V akan membantu kelompok angsa terbang 75% lebih jauh daripada jika setiap angsa terbang sendiri.

Sponsors Link

Angsa suka terbang dalam kelompok dan bahkan dalam formasi berbentuk V. Formasi ini menjadi simbol bagi mereka yang berarti mereka memiliki kekuatan yang kuat dalam mencapai tujuannya. Ketika angsa terbang sendiri atau keluar dari formasi, sulit dan berat bagi angsa itu untuk terbang jauh, dan biasanya angsa itu akan kembali ke kelompok atau mencoba bergabung dengan kelompok lain. Setiap angsa akan mengambil keuntungan dari kekuatan pendukung jika mereka dalam formasi kelompok.

Baca juga: 100 Contoh Kalimat Opini dan Fakta dalam Bahasa Inggris

Demikian artikel ini disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

, , ,