Sponsors Link

5 Cara Membuat Teks Eksposisi Bahasa Inggris dan Contoh

Sponsors Link

Teman – teman yang saat ini sedang atau akan mempelajari mengenai teks eksposisi dalam bahasa Inggris, jangan risau dan bimbang. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas secara lengkap bagaimanan cara membuat teks eksposisi bahasa Inggris yang mudah dan juga gampang.

ads

Berikut ini penjelasan singkat mengenai apa itu eksposisi, yaitu bagian dari sebuah teks yang mana menjelaskan mengenai satu sisi dari suatu peristiwa atau masalah. Tujuannya untuk mengajak para pembaca atau pendengar dalam argument atau pendapat dari satu sisi, baik sisi yang mendukung atau sisi yang berlawanan dengan suatu topik dalam teks.  Berikut cara membuat Descriptive Text bahasa Inggris dengan mudah.

Berikut ini Cara membuat teks eksposisi bahasa Inggris untuk kalian :

1. Tentukan kalimat pengantar atau kalimat pembuka dalam teks eksposisi, seperti :

  • Sudut pandang seorang penulis disebut juga dengan tesis argument, diletakkan pada pembukaan atau awal sebuah teks.
  • Bagian pembukaan yaitu pratinjau argumen yang pada paragraph selanjutnya.
  • Sebuah pertanyaan atau pernyataan yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca.

Berikut : Cara belajar membaca teks Bahasa Inggris

2. Kalimat argumen sebagai penarik minat pembaca, seperti berikut ini :

  • Buat paragraf yang digunakan untuk argument.
  • Setiap paragraf dimulai dengan sebuah ide pokok sebagai perkenalan pada argument yang akan disampaikan.
  • Pernyataan dalam argument mengikuti kalimat utama.
  • Kata-kata atau kalimat yang digunakan untuk mengajak pembaca untuk memperrcayai teks atau penulis.

Berikut : Aturan menulis dalam Bahasa Inggris

3. Membuat kesimpulan dari argumen pada teks.

4. Harus ada sudut pandang Penulis mengenai teks.

5. Membuat Rangkuman tentang teks yang ditulis.

Contoh: Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris dan artinya :

The Importance of Breakfast

Why is breakfast important? “Breakfast like a King, Lunch like a Prince and Dine like a Pauper” It’s a well-known phrase, but do you follow it?.  ( paragraf 1 Perkenalan )

Breakfast provides many benefits to our health and wellbeing. Breakfast provides the body and brain with fuel after an overnight fast – that’s where its name originates, breaking the fast! Without breakfast, you are effectively running on empty, like trying to start the car with no petrol!. ( paragraf 2 argumen )

Breakfast support cognitive function. Breakfast also restores glucose levels, an essential carbohydrate that is needed for the brain to function. Breakfast provides energy, studies have shown how eating breakfast can improve memory and concentration levels and it can also make us happier as it can improve mood and lower stress levels. ( paragraf 2 argumen )

Breakfast provides energy needs. People’s energy needs vary depending on activity levels and life stage but typically men require more energy than women. Growing children require a lot of energy, as an example boys aged 7-10 years should consume approximately 1970 kcals per day, and girls aged 7-10 years should consume approximately 1740 kcals. ( paragraf 3 kesimpulan ) 

Sponsors Link

Pentingnya Sarapan Pagi
Mengapa melakukan sarapan itu penting? “Sarapan seperti seorang raja, makan siang seperti Pangeran dan makan malam layaknya seperti orang yang tidak punya” itu adalah frase yang cukup terkenal, tetapi apakah Anda memahami pentingnya sarapan?

Sarapan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kenyamanan kita. Makan pagi memberikan tubuh dan otak asupan bahan bakar setelah berpuasa (tidak makan) selama satu malam – dari sini nama “breakfast itu berasal (break = berbuka, fast = puasa) Tanpa sarapan Anda secara bagaikan berlari dalam keadaan lapar, seperti mencoba untuk menyalakan mobil tapi tidak ada bensin.

Sarapan juga mendukung daya kognitif juga mengembalikan kadar glukosa, yaitu karbohidrat penting yang dibutuhkan otak untuk bisa berfungsi. Makan pagi menyediakan tenaga, penelitian telah menunjukkan bagaimana makan pagi dapat meningkatkan tingkat memori dan konsentrasi, juga dapat membuat kita merasa lebih bahagia karena dapat meningkatkan mood dan menurunkan suasana stres.

Sarapan menyediakan kebutuhan energi yang dibutuhkan. Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda tergantung pada pada kegiatan dan tahapan hidup. Meski begitu secara umum laki-laki membutuhkan energi lebih banyak dari pada perempuan. Pertumbuhan anak-anak juga membutuhkan banyak energi, sebagai contoh, anak laki-laki berusia 7-10 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1970 kkal per hari, dan anak perempuan berusia 7-10 harus mengkonsumsi sekitar 1740 Kkal.

 Baca juga :
Demikian contoh mudah mengenai cara membuat teks eksposisi bahasa Inggris, semoga bermanfaat dan selamat belajar.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing