Sponsors Link

5 Cara Membuat Descriptive Text Bahasa Inggris dengan Mudah

Sponsors Link

Desriptive text atau paragraf deskripsi dalam Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari berbagai macam jenis text dalam Bahasa Inggris yang ada dalam pelajaran writing. Contoh bentuk paragraf lain adalah procedure text, narrative text dalam Bahasa Inggris, contoh recount text dalam Bahasa Inggris, dan report text.

ads

Desciptive text didefinisikan sebagai paragraf yang kalimat-kalimatnya menggambarkan suatu benda atau sesuatu, makhluk hidup dan makhluk tak hidup, berdasarkan yang dirasakan panca indera. Berarti berdasarkan apa yang didengar, dilihat, dan dirasakan oleh panca indera. Dan dengan membaca paragraf jenis ini, pembaca seperti merasakan atau melihat sendiri sesuatu yang digambarkan.

Cara membuat descriptive text Bahasa Inggris mudah asalkan menguasai semua grammar dalam Bahasa Inggris yang dibutuhkan dan mau berlatih. Jika dikelompokkan, cara membuat descriptive text Bahasa inggris tersebut dibagi menjadi dua , yang akan dibahas di bawah ini.

  • Ciri-Ciri Descriptive Text

Ciri-ciri kalimat descriptive text dalam Bahasa Inggris, yaitu :

Berdasarkan ciri paragraf deskripsi, maka sangat mudah menuliskannya. Kalimat-kalimat yang digunakan adalah kalimat sederhana dari simple present tense. Bisa digabungkan dengan dengan materi pelajaran adjective clause, comparative degree, dan sebagainya.

  • Struktur Deskriptive Text

Struktur descriptive text hanya ada 2, yaitu :

  • Identification, atau pengenalan topik
    Di sini kita hanya perlu memikirkan apa yang akan kita ceritakan dalam tulisan.
  • Description, merupakan penggambaran dari topik yang akan dituliskan. Description dapat dituliskan dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana, misalnya :
    a. Jika ingin mendeskripsikan tentang seseorang, maka kita bisa memulai dengan menjawab misalnya pertanyaan-pertanyaan : siapa namanya, berapa umurnya, siapa namanya? Berapa umurnya? Berapa tingginya, bersekolah atau bekerja di mana, bagaimana sifatnya, bagaimana ciri fisiknya, dan lain-lain.
    b. Jika ingin mendeskripsikan tentang suatu tempat, maka menuliskan deskripsinya bisa dengan menjawab pertanyaan : di mana tempat tersebut, apa fungsinya, apa namanya, bagaimana bentuk bangunannya, dan bagaimana ruangan yang ada di dalam bangunan tersebut.
    c. Jika ingin mendeskripsikan tentang suatu benda, maka kita dapat memulai dengan menjawab pertanyaan : apa, terbuat dari apa, apa fungsinya, bagaimana menggunakannya, dan apa spesifikasinya.
    d. jika ingin mendeskripsikan tentang hewan, maka kita dapat mendeskripsikannya dengan memahami, apa nama hewan, bagaimana suaranya, bagaimana jenisnya, dan bagaimana ciri fisiknya.

Mudah bukan cara membuat descriptive text Bahasa Inggris? Agar lebih memahami paragraf deskripsi di bawah ini adalah salah satu contoh beserta terjemahannya.

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana or GWK Culture Park is a tourist destination statue of Lord Vishnu. Garuda wisnu Kencana located on Jl Raya Uluwatu, Jimbaran Village.  A Village in Badung Regency of Bali Province. That location is just 25 minutes away from Denpasar airport of Nusa Dua.

Sponsors Link

Garuda Wisnu Kencana is a prestigious project built in Bali with 150 metre statue that was planned to be the center of international events of performances, exhibition, and others.

Terjemahan

Garuda Wisnu Kencana atau Taman Budaya GWK adalah sebuah tujuan wisata turis manca negara patung Dewa Wisnu. lkasinya di Jalan Raya Uluwatu, Desa jimbaran, Perumahan Badung, Propinsi Bali. Ini hanya 25 menit dari bandara Denpasar di Nusa Dua.

Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah proyek gedung bergensi di Bali dengan tinggi patung 150 meter yang direncanakan menjadi puast penyelenggaraan berbagai even internasinal, pameran, dan lainnya.

Bagaimana? Setelah menyimak ciri-ciri descriptive text, struktur, dan contoh paragrafnya, diharapkan selanjutnya kita bisa berlatih sendiri membuat paragraf tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Paragraph, Structure, Writing