Sponsors Link

4 Aturan Menulis Dalam Bahasa Inggris dan Tips

Sponsors Link

Guys.. Welcome back to azbahasainggris.com. How’s life goin?

ads

Kali ini kita akan membahas aturan menulis dalam Bahasa Inggris. Menulis (writing) adalah salah satu kemampuan dasar dalam Bahasa Inggris disamping mendengar (listening), berbicara (speaking) dan membaca (reading). 

Biasanya teman-teman kalau denger kata menulis pasti mikir “huruf kapital dimana aja ya”, verb atau tenses yang sesuai apa ya, teror kertas putih yang biasa bikin blank padahal di dalam kepala udah banyak ide. Kenapa bisa gitu?. I would have to say frankly that..Writing bukan jadi kebiasaan umum kita untuk belajar Bahasa Inggris. Lalu apa hubungannya dengan aturan menulis dalam Bahasa Inggris?.

Kalau ada yang bilang practice makes perfect, betul banget ini. Misalnya kalian sering banget belajar speaking, disadari atau tidak kalian akan tau dan menyesuaikan diri dengan aturan seperti intonasi dan pelafalan. Untuk writing? mau ngga mau harus kalian praktekin guys biar terbiasa. Karena banyak manfaatnya, seriusan dah! haha. Let’s get straight to the point. Untuk mulai nulis ada beberapa kaidah awal yang mesti kalian perhatikan.

Aturan Dasar Menulis Dalam Bahasa Inggris

1. Minimal kalian harus tau apa itu word, phrase, sentence dan paragraph

  • Word ada banyak jenis. Ada kata sifat (Adjective), kata benda (noun), kata kerja (Verb) dan kata keterangan (adverb). Minimal  kalian harus tau perbedaan dan penggunaan dari tiga jenis kata ini. Karena ada aturan seperti kata sifat biasanya didepan kata benda. Setelah subyek biasanya diikuti oleh kata kerja dan beberapa aturan lainnya.
  • Phrase adalah gabungan antara dua atau lebih kata. Dalam writing biasanya frasa bisa jadi kata benda. Sebagai contoh, that black dog sleeps under the table. Pada kalimat ini subyeknya bukan dog saja tapi that black dog.
  • Sentence atau kalimat seminimal mungkin harus mempunyai unsur S+V+O, karena kalau tidak ada ketiga unsur itu biasanya dinamakan frasa/phrase.
  • Paragraf biasanya terdiri dari 3-5 kalimat. Biasanya panjang atau pendek paragraf kita nilai pake perasaan (ah terlalu panjang atau ah kayaknya kependekan). Yang bener adalah setiap paragraf mempunyai main idea yang berbeda, kalau dalam satu paragraf ada 8 kalimat sebenarnya ngga masalah asal isi kalimatnya tetap bersangkutan dengan main idea paragrafnya.

2. Penguasaan empat basic tenses:

3. Mengetahui penggunaan tanda baca (Punctuation)

  • Ini salah satu bagian yang penting, karena bahasa kita jarang menggunakan tanda baca yang sering keluar dalam penulisan Bahasa Inggris, seperti penggunaan aposthrope (‘), hyphens (-), semicolons (;)

4. Jangan ada typos

  • you know exactly what it is..Jangan segan buka kamus kalau nemu kata-kata yang punya banyak huruf mati atau double seperti exaggerate, assignments, assess, syllabes, intermittent, irregular. Kadang kita sering lupa apakah huruf matinya dua atau ngga. 
    Sponsors Link

How to make a start?

Well..Kalian udah tau mengenai aturan dasar mengenai tulis menulis dalam Bahasa Inggris jadi udah bisa mulai latihan sedikit demi sedikit. Teman-teman bisa mulai membiasakan diri menulis dengan cerita mengenai apa aja yang dilakukan hari ini tiap hari semacam dear diary…, ya ngga makan waktu sampe satu jam kok, bikin 3-4 paragraf juga cukup. Selain belajar menulis, kalian akan lebih mudah ingat dengan kata-kata baru, frasa atau expressions yang mungkin didapat hari ini. Mau contoh? cek disini https://azbahasainggris.com/contoh-bahasa-inggris-daily-activities-dan-artinya

Setelah itu coba eksplorasi lagi dear diary nya dengan vocabulary, tenses dan tanda bacanya. Misalnya kalian nulis I had lunch at 2 this afternoon, after that I went home. Kalian bisa eksplorasi lebih detail pada apa yang kalian lakukan sewaktu makan. Jadinya I had lunch while I was thinking about him at 2 this afternoon; “I will call him tonight”, I said to myself. After that I went home. Eksplorasi ini menunjukan adanya tenses baru, punctuation baru dan vocab baru.

psstt… disadari atau ngga, chatting itu cara paling menyenangkan buat belajar writing loh.

 It’s obviously easy, isn’t it? nope? try to give in more guys!

,
Oleh :
Kategori : Writing