Sponsors Link

15 Manfaat Menulis dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Bahasa Inggris adalah Bahasa International yang digunakan hampir seluruh orang di dunia untuk berkomunikasi baik dalam urusan sehari-hari, bisnis, ekonomi, dan sebagainya. Bahasa Inggris adalah alat komunikasi yang bisa menyatukan banyak hal, seperti hubungan internasional, kerja-sama, bahkan komunikasi sosial.

ads

Terdapat Keterampilan Dasar Bahasa Inggris yang harus dipelajari, yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Keempat skill itu sangat berguna untuk komunikasi dalam semua arah. Kali ini, kami akan membahas manfaat menulis dalam Bahasa Inggris yang harus kamu tahu dan pelajari.

Baca Juga:

Manfaat Menulis dalam Bahasa Inggris 

Mencurahkan pemikiran ke dalam tulisan sangatlah penting dan harus dibiasakan. Bahkan salah satu indikator kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari kebiasaan masyrakatnya yang gemar menulis sehingga menghasilkan berbagai karya tulis yang bermanfaat bagi kemajuan bangsanya.

Banyak masyarakat di negara-negara yang sudah maju menyadari pentingnya kebiasaan membuat karya tulis sehingga tingkat intelektualitas masyarakat di negara-negara maju di atas rata-rata. Ada beberapa alasan kuat seseorang harus menciptakan kebiasaan menulis antara lain.

Baca juga:

Berikut ini adalah manfaat menulis dalam Bahasa Inggris:

1. Extensive knowledge

Apabila seseorang ingin membuat sebuah karya tulis minimal seseorang tersebut telah membaca satu atau lebih karya tulis yang lainnya untuk menambah wawasan kata-kata agar dapat dirangkai menjadi kalimat yang menarik untuk dibaca. Maka dari itu ada istilah “penulis yang baik adalah pembaca yang baik”.

2. Writing is timeless

seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hasil pemikiran yang dituangkan dalam tulisan bersifat abadi dan tak lekang oleh waktu. Maka dari itu semua kitab suci agama berbentuk tulisan-tulisan sebagai pedoman dan petunjuk manusia hingga akhir dunia nanti.

3. Immortalize the story

dewasa ini banyak informasi yang beredar dan disebarkan melalui cara verbal atau dari mulut ke mulut tanpa adanya konfirmasi kebenaran dari informasi yang disampaikan. Ditambah lagi informasi yang disampaikan melalui cara verbal semakin berkurang validitasnya dikarenakan adanya penambahan atau pengurangan informasi yang disampaikan antara orang satu dengan orang yang lain.

Apabila informasi tersebut dibuat sebuah karya dan dapat dikonfirmasi kebenarannya akan lebih berguna bagi masyarakat dan generasi selanjutnya.

4. Inspiring people

salah satu manfaat apabila seseorang membuat sebuah karya tulis adalah memicu dan memerkaya ide-ide yang akan muncul dari para pembacanya. 

Sponsors Link

5. Earn money

salah satu alas an kuat bagi seseorang untuk membuat sebuah karya tulis adalah untuk menghasilkan uang. Karya-karya seperti buku, novel, dan artikel yang dikirim ke media massa merupakan lading profit yang cukup menjanjikan bagi siapa saja yang ingin menekuninya.

6. Becoming famous people

selain dapat mendatangkan profit yang menjanjikan membuat karya tulis juga dapat memliki “efek samping” dapat terkenal apalagi jika karyanya diminati banyak orang dan memengaruhi lini kehidupan masyarakat.

7. Channeling creativity

selain menggambar, membuat karya tulis juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyalurkan berbagai kreativitas yang ada dalam diri seseorang.

8. Develop imagination

sebagian besar karya tulis dewasa ini adalah karya tulis bersifat cerita fiktif. Hal tersebut menandakan bahwa untuk menciptakan sebuah karya tulis membutuhkan tingkat imajinasi yang tinggi dan secara tidak langsung mengasah kemampuan seseorang untuk berimajinasi.

9. Rule the world

ini adalah tujuan paling substansial dalam menciptakan sebuah karya tulis yaitu dapat mengubah keadaan sebuah bangsa. Banyak karya dari filsuf terkenal yang dari hasil karyanya terciptalah berbagai paham yang nantinya paham tersebut digunakan oleh sebuah negara. Salah satu contoh adalah filsuf Karl Marx yang menciptakan paham komunisme dari buku yang ditulisnya.

Pada dasarnya spoof hampir sama dengan narrative teks. Yang membedakan adalah adanya twist atau plesetan. Letak twist atau plesetan diatas adalah pada saat suster menanyakan nama bayi yang telah lahir dan Jacky menamai bayi itu dengan nama Sum Ting Wong yang merupakan plesetan dari “something wrong”. 

Sponsors Link

Cara Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris sampai jumpa pada topic pembahasan yang lain.

  1. Mulai dari baca naskah atau cerita dalam Bahasa Inggris karena itu akan membentuk otak menjadi lebih familiar dengan Bahasa Inggris.
  2. Mulai dari menulis ulang, misal: lirik lagu Bahasa Inggris, cerita, atau naskah apapun.
  3. Mulai dari menulis kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris
  4. Jangan lupa cek selalu Grammar Bahasa Inggris
  5. Minta koreksi pada teman yan sudah jago Bahasa Inggris.
  6. Jangan menyerah, berlati terus.

Itulah manfaat menulis dalam Bahasa Inggris yang harus kamu teladani. Baca juga Tips Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Cepat

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing