Sponsors Link

5 Contoh Memo Bahasa Inggris dan Artinya

Sponsors Link

Memo merupakan kependekan dari memorandum yang memiliki beberapa pengertian, yaitu nota atau surat peringatan tidak resmi, surat peryataan dalam hubungan diplomasi, dan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau peringatan.

ads

Dengan kata lain, memo (pesan singkat) adalah salah satu jenis dokumen yang sering digunakan dalam sebuah instansi atau organisasi untuk menyampaikan pesan, saran, petunjuk, perintah, informasi, laporan, dan penerangan dari seorang atasan kepada bawahan. Adapun isi memo berupa pemberitahuan, permintaan, instruksi, saran, pesan, dan tugas tertentu. Memo dibagi menjadi dua jenis, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi. Pesan dalam bentuk memo dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung.

Bagian-bagian Memo

Seperti halnya surat biasa, memo terdiri dari beberapa bagian, antara lain sebagai berikut.

  • Pengirim/dari
  • Tujuan/kepada
  • Isi
  • Nama pengirim

Contoh Memo Bahasa Inggris Resmi

Di bawah ini ialah contoh memo Inggris dan artinya yang termasuk dalam jenis memo resmi.

  1. To: Mrs. Tika
    Please edit this file to be 1.000 words long. Don’t forget to prepare the Power Point slides for the meeting tomorrow. Email it to me as soon as possible.
    Thank you.
    Henry

Kepada: Ibu Tika
Harap edit file ini menjadi 1.000 kata. Jangan lupa menyiapkan slide Power Point untuk rapat besok. Kirimi saya email itu sesegera mungkin.
Terima kasih.
Henry

2. Dear Wendy,
I need your help to handle the meeting of Indonesia Book Fair Committee because I can’t come today. Please meet our principal and tell him that the meeting is scheduled at 9 a.m. After that, ask Rosa, the master of ceremony to start on time. One more thing, don’t forget to confim about the snack and drink for the coffee breek to Mrs. Leila. Thank you.
Renata

Dear Wendy,
Saya butuh bantuanmu untuk menangani pertemuan Komite Pameran Buku Indonesia karena saya tidak dapat datang hari ini. Silakan bertemu kepala sekolah kami dan katakan kepadanya bahwa pertemuan dijadwalkan pukul 9 pagi. Setelah itu, mintalah Rosa, pembawa acara untuk memulai tepat waktu. Satu hal lagi, jangan lupa konfirmasi mengenai makanan ringan dan minuman untuk jam istirahat ke Ibu Leila. Terima kasih.
Renata

3. To: Laras
Don’t forget to join us in the English Club meeting this afternoon. We are going to discuss our plan to celebrate our school anniversary. Dini, Nova, Sony, and Oki will be there too. Please be punctual. See you there.
Anton

Sponsors Link

Kepada: Laras
Jangan lupa bergabung dengan kami di pertemuan Klub Bahasa Inggris sore ini. Kami akan mendiskusikan rencana kami untuk merayakan ulang tahun sekolah kami. Dini, Nova, Sony, dan Oki juga akan ada di sana. Tolong tepat waktu. Sampai jumpa.
Anton

Contoh Memo Bahasa Inggris Tidak Resmi

Di bawah ini ialah contoh memo Inggris dan artinya yang termasuk dalam jenis memo tidak resmi.

4. To: Nira
See me at 5 p.m. at Grand Metropolitan. Don’t forget to bring journal about culture festival and let’s discuss it.
Your friend,
Syarifa

Kepada: Nira
Temui aku pukul 5 sore di Grand Metropolitan. Jangan lupa bawa jurnal tentang festival budaya dan mari kita diskusikan.
Temanmu,
Syarifa

Sponsors Link

5. Laura,
I have to pick your little brother up at school. Buy these things at Ceria Mart for the next lunch: three bottles of milk, a pack of bread, half kilogram of egg, three packs of instant noodle, a pack of cheese.
Love,
Mom

Laura,
Aku harus menjemput adikmu di sekolah. Belilah barang-barang ini di Ceria Mart untuk makan siang berikutnya: tiga botol susu, satu pak roti, setengah kilogram telur, tiga bungkus mi instan, dan satu pak keju.
Salam sayang,
Ibu

Itulah contoh-contoh memo Inggris dan artinya yang mudah kalian praktikkan. Baca juga artikel lainnya untuk menambah pengetahuan bahasa Inggris:

, , ,