Sponsors Link

5 Contoh Kalimat Concords Of Singular and Plural Beserta Artinya

Sponsors Link

Kalimat dalam bahasa inggris, bentuk verb atau kata kerja akan berbeda bentuknya sesuai dengan subject. Aturan kesesuaian antara subject dengan verb inilah yang di sebut dengan Concord. Dalam concord, kata kerja dibedakan menjadi 2, yaitu kata kerja tunggal dan kata kerja jamak.

ads

Kata kerja tunggal akan digunakan untuk mendampingi subject yang tunggal. Begitu juga kata kerja jamak digunakan untuk mendampingi subject yang jamak pula.

Concord Of Singular

Subject yang termasuk ke dalam singular subject adalah he (1 orang laki-laki), she (1 orang perempuan) dan it (hewan, benda). Untuk kata kerja tunggal biasanya ditambahkan huruf s atau es.

Contoh

  1. Hendri gives them his car. (Hendri memberikan mereka mobilnya)
  2. My cat kisses that ball. (Kucingku mencium bola itu)
  3. That girl is standing alone in front of class. (Perempuan itu berdiri sendiri di depan kelas).
  4. Maya takes her phone from the box. (Maya mengambil poselnya dari kotak)
  5. The Prime Ministry uses a special plate (Perdana Menteri menggunakan piring yang spesial).

Dari contoh-contoh di atas dapat dilihat kata kerja yang digunakan untuk mendampingi subject-subject yang tunggal di tambahkan s atau es di belakangnya. Sedangkan pada contoh ketiga dapat di lihat to be is digunakan sebagai kata kerja dalam kalimat tersebut.

To Be Is merupakan to be yang diperuntukkan bagi subject orang ketiga tunggal. Sehingga dapat di pahami bahwa concord of singular adalah kesesuaian penggunaan verb terhadap subject yang ada, di mana subject adalah tunggal dan verb yang mengikuti juga harus dalam bentuk tunggal.

Concord Of Plural

Sama  seperti concord of singular, Concord of plural adalah kesesuaian kata kerja dalam mengikuti subject yang bentuknya jamak. Bentuk jamak jamak yang di maksud adalah jika subject jumlahnya lebih dari satu.

Kata kerja yang mengikuti subject jamak merupakan bentuk kata kerja dasar. Tidak ada penambahan s atau es di belakang kata kerja.

Contoh

  1. Stefanie and Claudia are choosen as the America Youth Ambassador for 2018. (Stefanie dan Claudia terpilih sebagai Duta Muda Amerika tahun 2018)
  2. My parent always work in their own Coffee Farm. (Orang tuaku selalu bekerja di kebun Kopi mereka sendiri).
  3. So many cats that climb to your roof. (Banyak sekali kucing yang naik ke atap mu)
  4. Fadli and Fadlan put the salt together into their soup. (Fadli dan Fadlan memasukkan garam bersama ke dalam sup mereka).
  5. They Visit Angkor Watt now. (Mereka mengunjungi Angkor Watt sekarang)
    Sponsors Link

Dari contoh-contoh di atas dapat di lihat bahwa kata kerja yang mengikuti subject yang berbentuk plural merupakan bentuk aslinya. Sehingga untuk menggunakan kata kerja sesuai dengan aturan Concord adalah sangat mudah.

Jika kalimat tersebut merupakan concord of plural, maka gunakan kata kerja asli. Jika kalimat yang ingin di buat merupakan concord of singular, maka tambahkan s atau es di belakang kata kerja.

Anda juga perlu membaca tips-tips berikut untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris lebih cepat.

Jangan lupa untuk terus upgrade kemampuan bahasa inggrismu dengan terus update artikel baru di sini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Structure