Sponsors Link

Cara Menulis Biografi dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Lengkap

Sponsors Link

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menulis Biografi Dalam Bahasa Inggris. Nah, teman-teman sebelum kita mulai yuk kita pahami dulu apa itu biografi.

ads

Biografi adalah sebuah kisah tentang hidup seseorang, yang lebih terperinci dan detil. Biografi bukan hanya sekedar mengetahui tanggal lahir sang tokoh. Namun, dalam biografi seseorang, kita terkadang bisa memahami pola pikirnya, prinsip hidupnya, dan masa-masa sulit yang pernah ia hadapi.

Lalu, bagaimana dengan menulis biografi dalam bahasa inggris? Berikut ada beberapa tips dan trik dalam menulis biografi bahasa inggris. Yuk intip!

Dimulai dengan pengenalan tokoh

Dalam sebuah biografi kita akan menemui di paragraf pertama, mengenai masa kecil, tempat lahir, latar belakang keluarga tokoh pada biografi. Bukan hanya tanggal lahir, melainkan lebih dari itu. Tokoh besar melalui hidupnya di masa kecil bisa teman-teman sebutkan pada paragraf ini.

Pada paragraf pertama ini, teman-teman juga bisa menyelipkan slogan khas tokoh atau ciri khas dari tokoh. Misalnya teman-teman ingin membuat biografi mengenai Lady Gaga.

Nah, teman-teman bisa mulai dengan cerita singkat mengenai Mother Monster yang kini sudah merambah ke dunia perfilman. Mulai dari ciri khasnya yang eksentrik, kemudin dengan beberapa single lagu yang sukses meraih top-chart di tangga lagu dunia.

Proses meraih sukses

Proses yang diraih seorang tokoh bisa teman-teman ceritakan pada paragraf ini. Di paragraf ini, teman-teman bisa menceritakan dengan fokus pada masa-masa sulit yang dilalui sang tokoh sebelum meraih sukses.

Pada paragraf ini, teman-teman juga bisa menyelipkan motivasi bagi para pembaca. Misalnya, sang tokoh tidak mudah menyerah dalam meraih sukses. Dan nilai-nilai kehidupan yang ditemui oleh tokoh biografi.

Fokus pada prestasi tokoh

Diparagraf berikutnya pada sebuah biografi, biasanya menampilkan beberapa prestasi yang pernah diraih sang tokoh. Seperti penghargaan di bidang yang tokoh geluti.

Tokoh besar seperti Bill Gates, atau Jack Ma, memiliki segudang prestasi. Nah, pada point ini teman-teman bisa mengumpulkan informasi mengenai tokoh yang lengkap yaa. Karena semakin banyak prestasinya nilai sebuah biografi pun juga akan semakin bagus.

Selipkan motivasi pada paragraf penutup

Teman-teman bisa menyelipkan motivasi mengenai nilai-nilai kehidupan tokoh biografi. Di paragraf penutup ini pun, teman-teman bisa menarik kesimpulan dan memberikan sudut pandang teman-teman mengenai tokoh biografi. 


Grammar Pada Kalimat juga harus diperhatikan

Teman-teman, pertama dan utama sekali sebelum memulai membuat biografi, teman-teman harus membuang jauh-jauh pikiran bahwa menulis biografi dalam bahasa inggris itu sulit.

Mulailah semampu teman-teman terlebih dahulu. Percayalah pada kemampuan teman-teman dalam menulis kalimat biografi dalam bahasa inggris.

Jenis kalimat yang bisa dipakai saat menulis biografi dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut.

  • Present tense
  • Past tense
  • Present continuous tense
  • Perfect tense
  • Past perferct tense

Berikut contoh biografi yang bisa dijadikan referensi dalam menulis biografi. Semoga bermanfaat.

Born and raised in the Boston area, Chris Evans landed his first major film role in the spoof Not Another Teen Movie. He played the Human Torch in two Fantastic Four flicks, but it was his turn as another superhero that propelled him to fame in the enormously successful Captain America and The Avengers blockbusters. Evans also earned acclaim for his performance in the dystopian Snowpiercer, and made a well-received Broadway debut in 2018

Sources https://www.biography.com/actor/chris-evans

Kami telah selesai menjelaskan mengenai Cara Menulis Biografi Dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua. Berikut beberapa link artikel terkait yang bisa membantu teman-teman dalam menambah ilmu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing