Sponsors Link

Denotasi dan Konotasi Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Sponsors Link

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas mengenai denotasi dan konotasi. Dalam Bahasa Indonesia, denotasi dan konotasi tentunya sudah pernah kita pelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia semasa sekolah.

Nah, bagaimana dengan Denotasi dan Konotasi dalam Bahasa Inggris ? Bagaimana perbedaan antara keduanya? Yuk kita pelajari bersama.

Pertama, kita masuk ke pengertian dari denotasi dan konotasi nya. Denotasi atau denotatif adalah makna sesungguhnya dari sebuah kata. Berbeda dengan denotasi, konotasi atau konotatif memiliki makna yang merupakan terjemahan dari sebuah perasaan atau emosi yang tersirat dalam sebuah kata.

Konotasi dan Pembagiannya.

Nah, makna dari konotasi sudah kami jelaskan diatas ya teman-teman. Kali ini kita masuk ke pembagian dari makna konotasi. Konotasi terbagi atas 3, yaitu :

  • Positive ( Favorable) connotation, yaitu asosiasi positif dari sebuah kata.
  • Negative (Unfavorable) connotation, yaitu asosiasi kata yang menimbulkan respons negatif terhadap suatu kata
  • Neutral connotation, yaitu asosiasi kata yang tidak memunculkan reaksi emosi apapun.

Contoh Kata-Kata Dari Denotasi dan Konotasi Dalam Bahasa Inggris

Setelah menjelaskan mengenai makna dan beberapa pembagiannya, kini kita akan masuk ke contoh kata dari denotasi dan konotasi dalam bahasa inggris agar teman-teman lebih memahami lagi. So, lets jump right in !

  • Mouse

Dalam makna denotatifnya, mouse berarti tikus, atau hewan pengerat. Namun, dalam makna konotatifnya, mouse bisa dikaitkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan korupsi misalnya.

Jadi, makna konotatif dari mouse bisa merujuk ke makna negatif, yaitu makna negative (unfavorable) connotation seperti yangsudah dijelaskan sebelumnya.

  • Snake

Dalam makna denotatif, snake berarti ular. Lalu, dalam makna konotatifnya, snake bisa memiliki makna seseorang yang tidak bisa dipercaya. Makna konotatif dari snake ini merujuk pada makna negative (Unfavorable) connotation.

  • Wolf

Dalam makna denotatif, wolf berarti serigala. Dalam makna konotatif, wolf bisa berarti seseorang yang ganas, seram, dan menakutkan. Wolf kadang dipakai dalam sebuah kalimat sarkastik.

  • Rose

Dalam makna denotatif, rose berarti bunga mawar. Lalu, dalam makna konotatifnya, rose bisa memiliki makna indah, wangi, percintaan, dan romantis. Makna ini merujuk pada positive (favorable) connotation.

  • White

Dalam makna denotatif, whiter berarti putih, warna putih. Dalam makna konotatif, white bisa memiliki makna sebagai kemurnian, damai, cantik, dan indah. Makna ini merujuk pada positive (favorable ) connotation.

  • Rainbow

Dalam makna denotatif, Rainbow memiliki makna yaitu pelangi. Bagaimana dengan makna konotatifnya? Rainbow jika kita artikan kedalam makna konotatif, maka rainbow berarti LGBT.

Jadi, teman-teman perlu diingat untuk hati-hati dalam menggunakan lambang, logo, maupun mengucapkan kata rainbow ya. Rainbow bisa saja berarti LGBT, atau pendukung LGBT. 

  • Pink

Dalam makna denotatif, pink memiliki makna yaitu warna merah muda. Bagaimana dengan makna konotatifnya? Pink bisa memiliki arti, feminim, perempuan, girly, lembut, dan cantik. Penyuka warna pink juga sering di identikkan dengan sikap yang lemah lembut.

  • Star

Dalam makna denotatif, star memiliki makna sebagai bintang. Makna konotatif dari star yaitu sesuatu yang jauh dan sulit dicapai, sesuatu yang bersinar menerangi malam, dan biasa dipakai pada kalimat yang menggambarkan impian seseorang.

  • Moonlight

Dalam makna denotatif, moonlight memiliki makna sebagai cahaya bulan. Makna konotatif dari moonlight bisa berarti sebuah harapan, keindahan cahaya bulan, dan bisa saja menggambarkan seseorang yang masih tetap bersinar walaupun belum memiliki pasangan.

Kami telah selesai menjelaskan pada teman-teman mengenai Denotasi dan Konotasi dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu teman-teman dalam belajar. Berikut beberapa artikel terkait yang dapat membantu teman-teman dalam meningkatkan ilmunya. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Writing