Sponsors Link

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Bahasa Inggris yang Benar

Sponsors Link

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Bahasa Inggris. Artikel ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mengerjakan skripsi maupun jurnal dalam bahasa inggris.

ads

Apakah sebuah referensi penting dalam sebuah skripsi? YA, SANGAT PENTING. Ada pun beberapa fungsi dari mencantumkan referensi atau daftar pustaka pada skripsi teman-teman adalah:

  1. Terhindar dari tuduhan plagiarisme
  2. Menguatkan nilai skripsi teman-teman
  3. Menambah ilmu bagi para pembaca yang ingin tahu beberapa sumber dari skripsi atau makalah teman-teman.

Lalu, apakah Daftar pustaka dari jurnal memiliki nilai tambah? TENTU. Pada beberapa jurnal, ada hal-hal baru yang ditemukan didalamnya. Jurnal juga merupakan salah satu karya ilmiah yang dapat jadi referensi untuk teman-teman.

Nah, dalam menulis jurnal bahasa inggris, tentunya ada beberapa aturan dan gaya penulisannya. Berbeda dengan jurnal bahasa Indonesia, jurnal dalam bahasa inggris memiliki 2 standar, yaitu :

  1. APA STYLE
  2. MLA STYLE

Apakah dari teman-teman sudah ada yang tahu mengenai 2 standar diatas? Mari kita bahas bersama agar teman-teman bisa memahaminya.

APA STYLE, CONTOH DAN RUMUS

APA STYLE adalah standar menulis referensi atau daftar pustaka dalam bahasa inggris yang merujuk pada tema dari makalah tersebut. APA STYLE biasa digunakan pada makalah Psikologi, Biologi. Mari kita lihat contohnya agar teman-teman bisa dengan mudah memahami.

Even some psychologists have expressed the fear that “psychology is in danger of losing its status as an independent body of knowledge” (Peele, 1981, p. 807).

Contoh diatas adalah contoh jika teman-teman meletakkan referensi pada tulisan.

Peele, S. (1981). Reductionism in the psychology of the eighties: Can biochemistry eliminate addiction, mental illness, and pain? American Psychologist, 36, 807-818.

Contoh diatas adalah contoh untuk teman-teman yang menjadikannya sebagai referensi yang diletakkan pada daftar pustaka sebuah jurnal.

Cates, A. R., Harris, D. L., Boswell, W., Jameson, W. L., Yee, C., Peters, A. V., et al. (1991). Figs and dates and their benefits. Food Studies Quarterly, 11, 482-489.

Contoh diatas adalah contoh untuk Jurnal yang memiliki lebih dari satu pengarang. Pada nama pengarang ditambahkan kata ”et al”.

Setelah melihat 3 contoh diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa rumusnya adalah :Nama pengarang. ( Tahun Publikasi). Judul. Penerbit. Bab, Halaman Jurnal 


MLA STYLE

MLA STYLE adalah singkatan dari Modern Language Association yang lebih sederhana dari APA STYLE. MLA STYLE juga sering digunakan untuk jurnal ataupun buku yang mangacu pada tema sastra. Untuk lebih jelasnya kami akan berikan contoh untuk anda.

Keary, Anne. “Dancing with Strangers: Europeans and Australians at First
Contact.” Canadian Journal of History 41.2 (2006): 613-616. Print.

Dari contoh diatas,  apakah teman-teman dapat melihat perbedaannya dari APA STYLE? Nah, dari contoh ini juga, maka kita dapat menyimpulkan bahwa rumusnya adalah :

Nama keluarga/belakang penulis/pengarang, nama depan. “Judul Artikel”.
Nama Koran/Jurnal/ Majalah. Volume.issue (tahun): halaman (pagerange). Jenis media yang digunakan.

Nah, kita sudah selesai membahas mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsinya. Semangat untuk teman-teman yang sudah membaca artikel ini. Berikut beberapa artikel terkait yang dapat menambah ilmu teman-teman.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing