Sponsors Link

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Cara Mudahnya

Sponsors Link

Bahasa inggris memang dinobatkan menjadi bahasa internasional. Tidak perlu heran jika dalam dunia Pendidikan, kita belajar  percakapan sehari hari dalam Bahasa Inggris sejak usia dini, dari TK – SMA. Walaupun Anda mempelajari bahasa Inggris sejak dini namun kebanyakan orang tetap belum lancar dalam berbahasa Inggris.

ads

Padahal jika dihitung-hitung Anda telah mempelajari bahasa inggris lebih dari 12 tahun tapi apakah hasil yang didapat? Bahkan ada beberapa Anak yang mengikuti les privat bahasa inggris, namun dirasa hasil yang di dapat kurang memuaskan. Kira-kira apakah penyebab Anda sangat sulit bisa bahasa Inggris?

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit?

Apakah karena sistem pendidikan yang salah atau Anda saja yang belum mampu. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa Anda sulit mengerti bahasa Inggris.

  1. Cara Belajar Yang Salah

Selama ini dalam belajar bahasa inggris biasa dimulai dari cara yang salah. Biasa  dimulai  dengan belajar dari Reading (membaca), Writing (menulis), Speaking (Berbicara) dan Listening (mendengarkan).

Tahapan ini adalah tahapan yang salah, jika hendak belajar bahasa inggris mulailah dari tahapan Reading dan diakhiri dengan tahapan listening. Realisasinya jika hanya bisa membaca sebuah teks berbahasa Inggris walaupun memahami apa yang dibaca.

Tapi ketika dalam kasus Visual, seperti Listening dan Speaking maka akan kesulitan. Berbeda dengan belajar bahasa Indonesia, Anda sudah bisa berbicara tapi belum bisa menulis dan membaca, maka tidak salah jika kita belajar bahasa indonesia di Sekolah dimulai dengan Membaca, Menulis, Berbicara dan Mendengarkan, Tapi dalam belajar bahasa inggris kasusnya berbeda, Anda belajar bahasa inggris dari nol, untuk tahapan yang benar adalah dimulai dari Listening, Speaking, Reading dan Writing.

Kasusnya sama dengan balita, apakah ketika belajar berbicara atau berbahasa apakah langsung diajarkan membaca dan menulis oleh orang tuanya,  pasti tidak balita akan diajarkan untuk mendengar ucapan, lalu disuruh untuk mengulanginya sampai bisa. Lebih lanjut lagi jangan lupa membaca tentang contoh percakapan Greeting formal dan informal. 

  1. Kurangnya Kemauan dalam belajar

Kesulitan belajar, pada dasarnya didasari oleh kemauan. Nah, karena ini Anda sulit belajar bahasa inggris di usia dewasa, karena rasa kemauan yang ada hubungannya dengan belajar sangat rendah.

Sekeras apapun kita diajarkan untuk mempelajari dan mempraktikkan bahasa Inggris tapi jika tidak ada kemauan akan sia – sia, Anda tidak akan berhasil.

  1. Kurangnya Waktu Belajar

Banyak siswa yang hanya belajar sesuatu ketika waktu sekolah saja, tidak hanya pada pelajaran bahasa Inggris saja tetapi juga pada pelajaran yang lain.

Padahal dalam belajar bahasa apapun memerlukan banyak waktu. Karena kembali lagi bahasa adalah kebiasaan. Kalau Anda terbiasa menggunakan bahasa Inggris maka dengan sendirinya Anda akan bisa, mulai dari cara perkenalan diri menggunakan Bahasa Inggris. 


  1. Terlalu Fokus Belajar sendiri

Kenapa belajar bahasa Inggris itu sulit? Dalam mempelajari sesuatu mungkin banyak orang yang ingin belajar sendiri belajar secara otodidak, tapi berbeda halnya jika belajar berbahasa. Anda memerlukan Orang lain sebagai media untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris secara visual (Speaking dan Listening).

Boleh belajar sendiri, tapi janganlah terlalu menyendiri. Karena kita adalah makhluk sosial, kita pasti membutuhkan orang lain untuk keberhasilan kita.

  1. Belajar Hanya Lewat Teks

Belajar bahasa Inggris lewat teks tulisan tidak akan membuat Anda bisa lancar berbicara bahasa inggris, walaupun bisa lambat laun Anda akan mudah melupakannya, karena belajar hanya lewat teks tanpa Anda belajar pula pengucapannya maka apa yang Anda pelajari akan disimpan sementara dalam otak. Usahakan untuk mengaplikasikannya pada speaking juga seperti mempraktikkan  contoh percakapan bahasa Inggris.

  1. Selalu Menghafal

Bahasa jangan dihafal namun harus dipahami. Sama seperti balita, ia tidak menghafal kata per kata yang diajarkan oleh orang tua namun Anda disuruh memahaminya, jika Anda paham maka otomatis Anda akan ingat dan biasanya akan lama kita ingatnya.

Nah itu dia ke-6 alasan yang membuat Anda sulit belajar bahasa Inggris. Maka ada baiknya Anda ubah cara belajar Anda jika ingin Cara Cepat Belajar Conversation Bahasa Inggris, ubah metode belajar Anda dengan cara yang benar. Agar kita tidak belajar sia-sia tanpa hasil yang optimal. Semangat!

, , ,
Oleh :
Kategori : English Skills