Sponsors Link

8 Cara Belajar Listening TOEFL dengan Cepat dan Mudah

Sponsors Link

Untuk mengetahui tips dan trik belajar mudah listening TOEFL teman – teman dapat mengikuti beberapa langkah tersebut di bawah ini. Namun, untuk mempelajarinya penuh ketekunan, fokus dan sering berlatih.  Berikut ini aturan menulis dalam bahasa Inggris dan tips.

ads

Untuk mendapat score terbaik perlu perjuangan dan waktu untuk berlatih dan belajar, nah untuk itu mari kita simak bagaimana cara belajar listening TOEFL cepat dan menyenangkan.

1. Fokus Pada Kalimat

Dalam mendengarkan materi TOEFL sebaiknya teman – teman harus konsentrasi dan fokus pada kalimat yang diucapkan, terlebih pada kalimat tengan dah belakang. Karena biasanya banyak dari kalimat tersebut dibuat soal dalam pencapaian TOEFL. Tidak ada kesempatan kedua untuk mengulang apa yang telah kamu dengarkan. Maksimalkan dan fokus pada apa yang diputar. Cari cara yang paling nyaman dan cocok dengan dirimu, contohnya kamu merasa fokus saat kamu memejamkan mata, atau dengan menarik nafas panjang sebelumnya. Buat catatan ringkas tentang apa yang kamu dengar untuk membantu merumuskan intisari dialognya. Berikut ini tips belajar bahasa Inggris yang efektif dan cepat.

2. Mulai dari Sesuatu yang Besar

Alangkah baiknya kamu menjadi bijak dan pintaryaitu kamu dapat mencatat poin inti secara ringkas dan cepat. Buatlah simbol atau tanda yang kamu mengerti untuk menghemat waktu. Mulailah dari hal besar seperti lokasi terjadinya percakapan dan suasana percakapan lalu gambarkan seolah kamu berada diposisi tersebut. Dengan cara itu, kamu bisa merasa seperti berada bersama mereka dan lebih mudah memahami inti dari percakapan. Tips dan cara belajar listening bahasa Inggris dengan mudah.

3. Santai dan Tetap Terarah

Seandainya hal terburuk pun terjadi, tetaplah santai dan terarah dalam menfokuskan diri pada dialog yang sedang berlangsung. Karena saat kamu panik, kamu tidak akan bisa memproses hal-hal yang masuk dengan jernih. Agar menjadi santai dan terarah, berlatihlah sesering mungkin pada materi yang sering diberikan. Biasakan diri mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris untuk mengurangi rasa panik dan tegang. Berikut ini cara belajar bahasa Inggris untuk anak agar mudah dipahami.

4. Mengetahui Jenis Aksen

Dalam pemilihan aksen tentu tidak bisa memilih untuk mendengarkan soal listening dalam aksen yang familiar dan juga mudah. Setiap soal bisa saja dibawakan oleh dalam aksen Amerika, Australia, atau Inggris. Di sinilah peran penting dari seringnya berlatih dan fokus. Biasakan telinga kamu dengan bahasa Inggris dari berbagai aksen,  agar tidak sulit untuk mengenali aksen bahasa Inggris saat hari ujian mengerjakan tes TOEFL tiba. Beberapa contoh presentasi bahasa Inggris yang baik dengan tips.

5. Fokus Pada Kata Penghubung

Jangan pernah melewatkan dan tetap fokus pada kata penghubung yang disebutkan dalam dialog. Karena kata hubung akan menentukan ke mana arah pembicaraan. Bisa jadi saat kamu melewatkan atau kurang fokus mendengarkan pada kata penghubung, akan menjadi masalah karena kamu tidak bisa menangkap dan fokus pada pertanyaan usai listening. Berikut ini manfaat belajar bahasa Inggris online.

6. Fokus Pada Akhir Kalimat

Pada umumnya, kalimat di akhir dialog akan dibuat ke dalam pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Penting untuk mengetahui intisari pembicaraan atau respon terakhir dari orang yang ada dalam dialog. Karena jawaban bisa ditemukan di setiap akhir percakapan atau dialog.

Sponsors Link

Perhatikan dan fokus juga dalam bentuk kalimat negatif yang diucapkan. Bisa jadi yang dimaksud dalam percakapan adalah hal bermakna positif, bukan negatif seperti yang terdengar. Inilah tips dan cara mempelajari bahasa Inggris bagi pemula biar jago English.

7. Fokus Pada Subjek Yang Berbicara

Ada lakanya percakapan yang kamu dengar seperti tidak terdengar jelas antara laki-laki dan perempuan. Kadang ada pihak lain yang ikut berbicara atau subjek dalam dialog berbicara dengan sangat cepat. Apapun yang kamu dengar, penting untuk terus fokus dan mengingat siapa yang sedang berbicara. Fokus adalah kunci utama untuk menjaga agar subjek dalam listening tidak hilang dari konsentrasimu. Beberapa manfaat belajar bahasa Inggris dengan lagu kekinian.

8. Bisa Karena Terbiasa

Semakin terbiasa kamu mendengar percakapan dalam bahasa Inggris, akan semakin mudah mengikuti tes TOEFL listening. Bekali diri dengan banyak menyimak film berbahasa Inggris atau menonton tayangan televisi berbahasa Inggris. Apalagi kamu punya teman orang asing, lakukan latihan dan habiskan banyak waktu untuk bercakap-cakap dengannya untuk mengasah kemampuan komunikasimu dan berdialog. Berikut ini alasan harus belajar bahasa Inggris sekarang.

Semoga tips di atas mengenai cara belajar listening TOEFL membuat teman – teman menjadi semakin percaya diri dalam mengerjakannya. Selamat belajar.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips