Sponsors Link

5 Cara Belajar Listening Bahasa Inggris dengan Mudah

Sponsors Link

Terdapat empat aspek untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris, antara lain writing (menulis), reading (membaca) , speaking (berbicara), dan listening (mendengarkan).  Cara mudah belajar bahasa Inggris adalah memperkaya vocabulary, melatih pronounciation secara intensif, dan menguasai grammar bahasa Inggris. Pada kesempatan lain kita sudah mengetahui cara belajar speaking yang menyenangkan. Maka dalam materi ini akan dibahas cara belajar listening bahasa Inggris dengan mudah.

ads

Untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris atau mendapat skor yang bagus dalam tes bahasa Inggris, cara-cara di bawah ini patut dicoba.

1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Salah satu cara belajar listening bahasa Inggris yang mudah sekaligus menyenangkan adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk melatih pelafalan kata-kata bahasa Inggris yang ada dalam lirik itu. Cara ini dapat dilakukan dengan memutar lagu berulang-ulang hingga benar. Manfaat belajar bahasa Inggris dengan lagu ini merupakan tips belajar bahasa Inggris yang efektif dan cepat.

2. Menonton film berbahasa Inggris dengan Subtitle

Menonton film bebahasa Inggris dengan subtitle atau teks bahasa Indonesia kita dapat mengetahui secara langsung padanan kosakata bahasa Inggris dengan artinya dalam bahasa Indonesia dan juga pengucapan kata dalam bahasa Inggris jika menonton film dengan teks bahasa Inggris.

3. Menyimak Percakapan dalam Bahasa Inggris

Menyimak percakapan dalam bahasa Inggris dapat dilakukan ketika native speaker berbicara dan memerhatikan gerak mulutnya. Kemudian, latihlah kemampuan kita dengan bercakap-cakap dan membiasakan diri mengobrol dalam bahasa Inggris baik dengan native speaker maupun dengan teman sendiri.

4. Mengenali Aksen Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki beragam aksen dan dialek, seperti aksen American English dan British English yang terdapat perbedaan dalam penggunaan katanya dari segi spelling (ejaan), pronounciation (pengucapan), vocabulary (kosakata bahasa Inggris), dan grammar (tata bahasa).

5. Menonton Film/Video Tanpa Teks Bahasa Indonesia

Setelah melakukan cara nomor 2 di atas kita dapat lanjut dengan cara berbeda, yaitu menonton film atau video tanpa teks bahasa Indonesia agar kita lebih cepat menguasai bahasa Inggris tanpa harus bergantung pada teks. Cara ini pun dapat dilakukan berulang-ulang hingga benar-benar menyimak apa yang dikatakan dalam film/video tersebut.

Di samping itu, kita dapat melatih keterampilan dasar bahasa Inggris termasuk listening dengan mengikuti tes yang diujikan melalui TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Ketiga tes tersebut memiliki perbedaan masing-masing, yaitu antara lain:

  • TOEFL
    Test of English as a Foreign Language bertujuan untuk menguji kemampuan bahsa Inggris bagi mereka yang bermaksud melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (akademik). Peserta tes tersebut antara lain pelajar pada program/sekolah bahasa Inggris jalur akademis, para pelajar pada sekolah atau universitas yang memiliki persyaratan bahasa, serta pelamar beasiswa dan program pertukaran. Peserta tes ini terdiri atas 140 pertanyaan pilihan ganda dengan skala skor 310 – 667 (30 – 68 listening comprehension, 30 – 68 structure and written expression (grammar), 30 – 67 reading comprehension) berdurasi 115 menit.
    Sponsors Link

  • IELTS
    International English Language Testing System adalah ujian standar unuk menilai kesiapan peserta dalam menempuh pendidikan lebih lanjut atau pelatihan yang disampaikan dalam bahasa Inggris. IELTS berlangsung selama 165 menit. Skala skor IELTS adalah 0.0 – 9.0.
  • TOEIC
    Test of English for International Communication bertujuan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dalam setting bisnis atau pekerjaan. Peserta tes TOEIC ialah karyawan pada perusahan internasional, pelamar kerja, serta pelajar pada sekolah bisnis/perdagangan dan sekolah kejuruan. Tes ini terdiri dari 200 pertanyaan pilihan ganda dengan skala skor 10 – 990 (5 – 495 listening comprehension dan 5 – 495 reading comprehension) berdurasi 120 menit.

Demikian materi Cara Belajar Listening Bahasa Inggris dengan Mudah. Agar semakin mahir menguasai bahasa Inggris, baca juga artikel lainnya:

, , ,