Sponsors Link

10 Manfaat Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu Kekinian

Sponsors Link

Kali ini saya akan membahas manfaat belajar Bahasa Inggris dengan lagu. Lagi bosan dengan buku-buku belajar Bahasa Inggris yang terlalu serius? atau lagi pengen tidur-tiduran di kasur alias mager? Don’t worry karena kalian masih bisa belajar Bahasa Inggris walau kelihatan kayak ngga belajar. Dan terdapat banyak Manfaat Belajar Bahasa Inggris

ads

Well..why music? seberapa lama kalian denger musik dibanding belajar Bahasa Inggris lewat buku? pasti jauh lebih banyak denger lagu. Paling baca buku 20 menit aja udah bosan (eh.. tetap baca yaa), tapi dengar musik bisa sejam lebih!. Kalau kalian sadar manfaatnya, bayangin aja udah berapa banyak manfaat yang bisa diambil dari sejam lebih itu guys..

Memangnya ngaruh ya pake lagu?

Manusia itu sangat familiar dengan musik, kadang kita lagi bengong dan bergumam aja pake nada atau ngegumamin lagu, atau biasanya lagu suka ngingetin kita sama doi :3 atau bisa nginget doi pas udah putus 🙁 LOL. Apa hubungannya?

Ya sangkin dekatnya kita sama lagu kita bisa hafal beberapa kejadian lewat lagu yang kita identikan dengan momen itu, kok bisa? ya lagu itu cocok karena liriknya cocok buat momen itu, otomatis kalian pasti hafal liriknya. Lalu setelah hafal liriknya mau gimana lagi? praktekin aja di chat atau obrolan sehari-hari.

selain itu ada lagi manfaat-manfaat lain yang harus teman-teman sadari kayak:

1. Lagu mengajarkan pelafalan (pronounciation)

Hampir tiap hari dan tiap saat kita bisa denger musik, pas lagi mandi, makan, santai, lagi jalan ke sekolah atau ke tempat kerja dan kalian ngga akan bosan bahkan sampai nyanyiin lagunya. Secara ngga langsung kalian udah belajar gimana melafalkan (pronounciation), ritme (rhythm) dan nada (tone) kata-kata dalam Bahasa Inggris.

2. Lagu mengajarkan budaya bahasa kekinian diluar sana.

Kadang kita yang udah bisa mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari suka mikir “terlalu formal ngga ya bahasanya?” misal, kalau punya temen bule Inggris atau Amerika yang udah deket lalu kita sapa dengan how are you? dia bakal mikir “kaku amat dah”.

Nah belajar lewat lagu akan mengenalkan kita pada vocabulary dan phrases yang up-to-date kayak

  • You all – y’all
  • Go away – buzz off
  • want to – wanna/ going to-gonna
  • How are you – whasup?
  • Hi friend – yo pal?!/ hey dude!/ yo bro!

3. Lagu membiasakan kita dengan Bahasa Inggris.

Apalagi manfaat belajar Bahasa Inggris dengan lagu? Banyak kata-kata atau frasa diucapkan berulang-ulang dalam sebuah lagu, ini memudahkan kita mengingat untuk menghafal kata-kata atau frasa itu. Seperti yang ditulis diatas, kadang pas lagi bengong atau bergumam, lagu muncul tiba-tiba dan kita nyanyikan. Biarpun bergumam uhmmm ahmmm uhmmm sebenarnya otak kita lagi nyanyi (menyanyikan lirik) karena kita hafal liriknya. Nah dari lirik yang dihafal itu kita bisa pelajarin kata-kata, ekspresi atau frasa baru.

4. Lagu itu sesuatu yang emosional.

Kadang kita pengen jingkrak-jingkrak, joget atau banging head (angguk-angguk ala anak metal). Secara ngga langsung lagu yang kita dengan mempengaruhi emosi dan jiwa kita bahkan sampai ingin bergerak. Terkadang juga pas lagi dengerin lagu timbul rasa sedih, galau, senang, ceria. Kita akan lebih mudah mengingat sesuatu jika melibatkan perasaan kita.

Baca juga tentang:

Sponsors Link

Lalu setelah tau kita harus ngapain?

Sebenarnya masih ada kelemahan juga sih di metode ini karena ketika kita dengerin lagu dalam Bahasa Inggris tapi ngga tau artinya sama sekali ya kita kayak nikmatin alur musiknya aja, atau suara penyanyinya. Minimal kita harus tau kata-kata sehari-hari yang sering dipakai dalam lagu, bukan kata-kata formal yang njelimet.

Love me like you do. Love me disini bukan berarti cinta ku tetapi cintai aku. Like disini bukan berarti suka tetapi seperti. Kalau kalian belum bisa bedain love me artinya cintai aku, artinya bakal ngaco. Minimal harus nguasain dasar-dasar kalau mau belajar dengan mendengarkan lagu. Selain itu kalau belum familiar dengan ‘bunyi’ suatu kata gimana teman-teman bisa tau kata apa yang diucapkan penyanyi. Jadi penting untuk teman-teman perbanyak perbendaharaan kata lewat buku belajar Bahasa Inggris atau novel dulu.

Bagi yang sudah punya dasar ini, ketika bertemu dengan vocabulary (perbendaharaan kata) atau phrase (frasa) baru, jangan segan buat cari tau artinya biar makin ingat, karena ada kemungkinan di lagu lain akan keluar. Makin kuat kan ingatannya?. Dan menangkap makna lagu secara keseluruhan bikin makin greget sama lagunya. Jadi, ada banyak manfaat belajar Bahasa Inggris dengan lagu.

Baca juga tentang Manfaat Menulis dalam Bahasa Inggris

Okay! let’s call it a day. Keep up the good work and dare to speak English guys! Itulah Tips Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Cepat

, , , ,
Oleh :
Kategori : Listening