Sponsors Link

6 Cara Belajar Listening IELTS Agar Kamu Lulus

Sponsors Link

Belajar bahasa Inggris tidak cukup hanya belajar mengenai Grammar, membaca, dan menghapal saja. Namun diperlukan teknik dalam mendengarkan kalimat atau percakapan yang baik dan teliti, sehingga pada saat kamu berbincang dengan lawan bicara tidak terjadi salah paham atau juga telat mikir. Ini dia cara belajar listening TOEFL dengan cepat dan mudah.

ads

Kalau sampai terjadi hal tersebut, tentu malu dan tidak percaya diri bukan? Nah, agar belajar listening kamu mudah, terutama bagi kamu yang sedang menjalankan tes IELTS sangat penting. Berikut ini beberapa kiat cara belajar listening IELTS dengan mudah dan menyenangkan :

1. Perbanyak Mendengarkan Musik dan Salin Liriknya

Salah satu cara belajar listening IELTS mudah yaitu sering – sering kamu mendengarkan musik bergenre bahasa Inggris. Hal ini mudah untuk dipelajari, cukup dengarkan musik yang kamu suka secara berkala.

Setelah itu catat beberapa kata yang menurut kamu sulit, atau dengan menyalin liriknya kembali, setelah itu coba artikan satu persatu sehingga jika nanti kata tersebut keluar kamu sudah paham artinya yang sebenarnya. Berikut pilihan cara belajar listening bahasa Inggris dengan mudah.

2. Coba Rekam Suara Sendiri

Cara selanjutnya yaitu, coba buat rekaman suara kamu yang sedang berbicara bahasa Inggris. Kamu dapat mencari pokok bahaasan yang dapat kamu rekam, contoh cerita biodata diri, cerita wisata, atau kegiatan kamu sehari hari.

Setelah itu putar rekaman sambil kamu dengarkan dengan teliti dan coba kamu buat catatan mengenai cerita yang kamu buat berdasarkan analisis kamu sendiri. Mudah bukan ?. Inilah manfaat belajar bahasa Inggris Online mudah dan hemat.

3. Dengan Menonton Video/Lagu Barat atau Acara TV

Kamu yang hobi menonton video atau acara tv, alangkah baiknya untuk melakukan hal tersebut sebagai salah satu cara mempermudah daya dengar kamu semakin tajam dan teliti. Dengan cara ini kamu akan terbiasa dengan bahasa yang dipakai dan logat yang menyertainya.

Buat salinan penting dalam setiap perbincangan atau catat setiap kata yang dirasa sulit atau asing, lalu cari artinya dalam kamus bahasa Inggris. Dan jadikan kata tersebut hapalan dan acuan untuk kosa kata baru. Berikut ini manfaat menulis dalam bahasa Inggris.

4. Mendengarkan Audio Book

Audio book yaitu adalah sebuah rekaman dari seseorang yang membaca sebuah buku, bermacam – macam jenis buku yang tersedia. Kamu tinggal memilih bacaan mana yang asyik dan mudah untuk dipalajari.

Cara ini cukup mudah, kamu hanya perlu mendengarkan dan mencatat setiap kata atau kalimat yang sulit dan asing, setelah itu dapat diartikan dengan melihat artinya dalam kamus bahasa Inggris. Beberapa cara mempelajari bahasa Inggris bagi pemula biar jago English. 

Sponsors Link

5. Mendengarkan Logat Native Speaker

Cara ini juga menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk diikuti, kamu cukup mencari beberapa program acara dengan logat khusus British. Kalian tentu tahu kalau aksen atau logat Inggris British, Inggris Amerika, Australia atau Kanada itu berbeda.

Oleh karena itu, cobalah cari variasi video, acara atau podcast dari logat British yang sedang kamu pelajari. Latih pendengaran kamu agar sering mendengar dan membuat intisari setiap hasil yang sudah didengarkan. Ini akan membuat kamu menjadi lebih peka dan semakin penjadi pendengar yang baik.  Tips dan cara mudah belajar bahasa Inggris British.

Sponsors Link

6. Coba Dengarkan Teman yang Berbicara

Cara lainnya yaitu kamu bisa bekerja sama dengan teman yang kiranya menguasai bahasa Inggris lebih pasif dan aktif.

Caranya mintalah teman kamu untuk menjadi nara sumber pencerita atau berpidato atau juga memberikan presentasi dengan gayanya sendiri, setelah itu kamu mendengarkan dengan seksama dan membuat rangkuman mengenai cerita yang sudah dibicarakan.

Dan kemudian minta teman kamu untuk mengecek dan memberi penilaian terhadap rangkuman yang kamu buat. Berikut cara belajar bahasa Inggris dalam 1 hari tanpa kursus.

Masih banyak lagi cara belajar listening IELTS yang mudah dan tentunya sesuai dengan cara kamu, asal kamu giat dan mau berusaha optimal maka kamu pasti akan mendapat nilai yang jamu harapkan. Selamat mencoba dan sukses.

, ,
Oleh :
Kategori : Listening