Sponsors Link

Perbedaan Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Kata was dan were masuk kedalam kategori Modal Auxiliary to-be yang digunakan dalam kalimat masa lampau atau past tense.

ads

Perbedaan Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Bagaimana perbedaan dalam penggunaan dua kata to-be ini? Kami akan bahas untuk anda.

Past tense

Penggunaan was biasanya digunakan untuk subjek tunggal seperti She,he, it, I, dan nama orang tunggal. Contohnya ” Kate was with me last night” ( Kate bersamaku kemarin malam). Dari kalimat ini kita bisa tahu bahwa Kate sebagai subjek tunggal, lalu diikuti dengan to-be was dan diikuti dengan kata katerangan setelahnya. Was pada kalimat diatas menjelaskan bahwa kalimat ini terjadi pada kemarin malam atau kalimat masa lampau ( past tense).

Sementara penggunaan were digunakan untuk kata jamak seperti You, We, They, dan subjek jamak lainnya. Contohnya ” You were in my dreams last night” ( Kamu ada di mimpiku kemarin malam). Dari kalimat ini, kita bisa tahu bahwa penggunaan were setelah subjek untuk mempertegas kalimat yang terjadi pada kemarin malam atau kalimat masa lampau.

Dari dua contoh kalimat diatas apakah teman-teman sudah paham? Sudah mengerti sampai disini? Baiklah kita lanjut ke materi selanjutnya.

Simple Past Tense

Berbeda lagi pnggunaannya jika teman-teman menggunakan was dan were pada kalimat simple past tense. Simple past tense menggunakan subjek non-verbal atau nominal. Yuk kita lihat contohnya.

”It was good concert for me” ( Itu konser yang bagus menurutku). Was pada kalimat digunakan sebelum subjek tunggal ”it”. Pada kalimat simple past tense ini anda tidak perlu menambahkan kata kerja bentuk kedua setelahnya karena to-be was sudah menjelaskan bahwa kalimat ini adalah kalimat simple past tense.

”Donuts were his favourite food” ( Donat adalah makanan favoritnya). Pada kalimat ini, donuts ( Donat) yang menggunakan imbuhan-s diakhir kata memiliki artian bahwa donat yang banyak atau nominal. Jadi, donuts pada kalimat diatas adalah subjek nominal yang kemudian diikuti oleh to-be were dan kemudian ditambah dengan kata keterangan. Kalimat ini juga kalimat Simple past tense.

Past Continuous Tense

Penggunaan was dan were pada past continuous tense akan berbeda lagi. Yuk kita langsung lihat contohnya agar lebih mudah dipahami.

” I was singing in bathroom when your called yesterday.” (Ku sedang menyanyi di dalam kamar mandi saat kamu menelponku kemarin)


Dari kalimat ini kita rumuskan bahwa :

S + WAS + VERB+ING+ O

Verb+ ing adalah verb atau kata kerja pertama. Anda tidak perlu mengganti kata kerja ke bentuk kedua karena kalimat ini past atau terjadi dimasa lampau. Anda cukup memakai kata kerja bentuk pertama lalu menambahkan imbuhan -ing dibelakangnya. To-be was sudah menjelaskan bahwa kalimat ini adalah kalimat masa lampau.

”They were wearing same colour of their outfit last week” ( Mereka menggunakan warna baju yang sama minggu kemarin)

Dari kalimat diatas kita bisa melihat perbedaan penggunaan nya karena subjek yang sudah berubah. Subjek pada kalimat diatas adalah subjek jamak, sementara kalimat sebelumnya adalah subjek tunggal.

Dari tiga contoh penggunaan kata to-be was dan were diatas, apakah teman-teman sudah cukup paham? Berikut beberapa link referensi untuk teman-teman guna untuk menambah ilmu teman-teman. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Grammar