Sponsors Link

Perbedaan As If dan As Though dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Terdapat banyak hal yang tentunya ingin kita komunikasikan di dalam kehidupan ini, melalui bahasa apa pun. Sama halnya dengan bahasa Inggris, ada berbagai macam ekspresi yang hendak disampaikan di antara orang-orang yang berkomunikasi. Setiap ekspresi disampaikan dengan kata-kata yang berbeda.

ads

Oleh karena sebab itulah, terdapat penggolongan di dalam penggunaan beberapa kata dalam bahasa Inggris bergantung pada ekspresi apa yang hendak digambarkan. Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan suatu penjelasan berkenaan dengan perbedaan as if dan as though dalam bahasa Inggris. berikut ini penjelasannya:

As if dan as though pada dasarnya merupakan kata penghubung. sama halnya dengan bahasa Indonesia yang memiliki kata ‘dan’, ‘atau’, ‘walaupun’, dan lain sebagainya. Nah, di dalam bahasa Inggris juga terdapat kata penghubung yakni conjunction. As if dan as though merupakan kata penghubung yang secara harfiah memiliki arti seolah-olah atau seperti.

Kedua kata ini digunakan untuk menjelaskan suatu ide atau keadaan yang tidak benar kenyataannya jika diikuti oleh unreal tense (tenses yang menggunakan past atau past perfect). Sementara itu, kata penghubung as if dan as though dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi atau ide yang benar dalam kenyataannya (bila menggunakan rumus present continuous tense dan future tense).

Pada dasarnya, kata as if dan as though memiliki fungsi yang sama. Satu-satunya perbedaan di antara keduanya ialah kata as if lebih banyak digunakan di dalam bahasa Inggris. agar pembaca lebih memahami seperti apa perbedaan as if dan as though dalam bahasa Inggris, berikut ini penulis sampaikan contoh kalimatnya:

  • It is so cloudy as if it is going to rain heavily
(ini sangat berawan seperti akan turun hujan yang sangat
deras)
  • She felt as though she would be getting a stomachache
(dia merasa seolah-olah dia akan sakit perut)
  • They look very confident as if they will pass the final examination

(mereka merasa sangat percaya diri seolah-olah mereka dapat lulus ujian akhir)

  • Mr. Smith felt as though he was crazy
(Tuan Smith merasa seakan-akan dia sudah gila) 
  • Mrs. Gardner cried as if she would Sie
(Nyonya Gardner menangis seolah-olah dia akan mati)

  • He looks as though he knows the answer for the math problem
(Ia terlihat seperti ia mengetahui jawaban untuk soal
matematika itu)
  • They seem as if they had not sleep for days
(mereka terlihat seperti mereka tidak tidur selama beberapa
hari)
  • Our Biology teacher looked as though she’d had some bad news

(guru biologi kami terlihat seperti dia telah menerima berita yang buruk)

Sebagai tambahan, pada bahasa Inggris yang bersifat informal, kata as if dapat digantikan dengan kata like. Namun hal ini tidak berlaku ketika berada dalam situasi yang bersifat formal.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi perbedaan as if dan as though dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Perbedaan As If dan As Though dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti as if dan as though itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,