Sponsors Link

Fungsi Future Tense dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Ada banyak hal yang harus kita pelajari dari bahasa Inggris agar dapat menguasai bahasa ini dengan baik dan benar. Salah satu hal yang paling penting yakni vocabulary atau kosa kata dan grammar bahasa Inggris. dengan menguasai kedua hal tersebut, keterampilan bahasa Inggris anda tidak akan diragukan lagi.

Dalam kesempatan ini penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai salah satu bagian dalam grammar yaitu future tense. ia merupakan salah satu jenis tenses atau bentuk waktu. Secara harfiah, future tense berarti bentuk waktu masa depan. umumnya, kata shall atau will yang memiliki ‘akan’ menandai penggunaan future tense. selain itu, be + going to juga menunjukkan penggunaan future tense di dalam kalimat.

Ada empat jenis  future tense yang dikenal dalam bahasa Inggris yakni simple future tense, future continuous tense, future perfect tense, dan future perfect continuouse tense. semua future tense tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Lantas, apa saja fungsi future tense dalam bahasa Inggris? berikut ini pembahasan lengkapnya:

  • Prediksi Sederhana

Future tense dapat digunakan untuk menyampaikan prediksi sederhana untuk suatu kejadian atau peristiwa. Berikut ini contohnya:

There will be rain in several areas Tomorrow

(akan ada hujan di beberapa wilayah besok)

  • Janji Pertemuan

Fungsi kedua dari future tense ialah untuk mengadakan janji pertemuan. Berikut ini contoh kalimatnya:

I will meet you at the bus station Tomorrow

(saya akan menemui anda di halte bus besok)

  • Rencana dan Tujuan

Future tense dapat digunakan untuk menyatakan rencana dan tujuan kita di masa depan. berikut ini contoh kalimatnya:

My family are going to spend the Holiday abroad

(keluargaku akan berlibur ke luar negeri)

  • Kegiatan yang Terjadwal atau Rutinitas

Untuk menyatakan suatu kegiatan terjadwal atau rutinitas kita dapat menggunakan future tense. berikut ini contoh kalimatnya:

I’ll be seeing my private tutor Tomorrow

(saya akan bertemu guru les saya besok)

  • Prediksi Berdasarkan Bukti Aktual

Dengan menggunakan future tense, kita dapat menyatakan perkiraan dengan berdasarkan bukti terkini. Berikut ini contoh kalimatnya:

We think it’s going to snow soon

(kami pikir akan segera turun salju)

  • Kesukarelaan

Fungsi selanjutnya dari penggunaan future tense ialah menjunjukkan kesukarelaan untuk melakukan sesuatu. Berikut ini contoh kalimatnya:

I will pick you up tonight

(saya akan menjemputmu nanti malam)

  • Kejadian yang Sedang Berlangsung di Masa Depan

Untuk menyatakan kejadian yang kemungkinan sedang berlangsung di masa depan. berikut ini contoh kalimatnya:

This time Tomorrow i will be playing Games

(pada waktu ini besok saya akan bermain permainan)

  • Pengandaian Tindakan yang Selesai di Masa Depan

Fungsi terakhir dari future tense ialah sebagai pengandaian tindakan yang selesai di masa depan. berikut ini contoh kalimatnya:

A week from now i will have finished my homework

(seminggu dari sekarang saya akan menyelesaikan pekerjaan rumah saya)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi fungsi future tense dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Fungsi Future Tense dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa fungsi future tense dalam bahasa Inggris sehingga anda dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

Oleh :
Kategori : Tenses