Sponsors Link

Game dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMA yang Asik dan Edukatif

Sponsors Link

Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran asing yang wajib diajarkan di kelas. Namun, berbagai macam kesulitan seperti penguasan kata, pembuatan kalimat maupun cara bicara guru temukan dalam proses pembelajaran.

ads

Hal ini menuntut peran serta guru untuk menghadirkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa. Salah satunya penggunaan permainan untuk membantu siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Berikut 7 metode permainan yang yang cocok untuk siswa siswi SMA.

  1. Game Silang Datar

Game silang datar adalah salah satu jenis permainan menyusun kosakata dengan menggunakan beberapa media kotak. Inovasi ini merupakan turunan dari media teka-teki silang.

Cara bermainnya juga simple, siswa menyusun kosakata yang diperoleh dari beberapa kotak yang sudah tersedia menjadi sebuah kalimat yang padu. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan rasa senang siswa SMA dalam mempelajari contoh tenses present perfect continuous tense.

  1. Game Tebak Kata

Siswa sulit berbicara bahasa Inggris, penerapan game tebak kata sangat dianjurkan dalam pembelajaran. Penggunaan game ini mampu meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara.

Hal ini dapat dilihat dari cara permainan yang mengharuskan siswa untuk menebak kata yang sudah ditanyakan kepada siswa. Sehingga kemampuan siswa dalam berbicara semakin  hari kian meningkat. Inilah salah satu cara belajar tenses yang menyenangkan.

  1. Game Scrabble

Scrabble merupakan game yang cocok untuk meningkatkan kompetensi kosakata Bahasa Inggris siswa SMA. Cara bermain permainan ini yaitu siswa menghubungkan kosakata menjadi kalimat utuh dengan meletakkannya pada kotak scrabble yang sudah disediakan.

Penggunaan permainan bermanfaat untuk meningkatkan semangat siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris dan latihan vocabulary  biodata dalam bahasa Inggris.

  1. Game Who Wants To Be Millionaire

Who Wants To Be A Millionaire merupakan permainan pilihan ganda yang sangat populer di zamannya. Permainan ini sangat cocok diaplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa SMA.

Guru cukup mengganti soal dan opsi jawaban untuk kemudian siswa jawab. Penggunaan permainan ini tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan.

  1. Game Spelling Bee

Game Spelling Bee merupakan game yang cocok gunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa SMA. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan penguasaan kata.

Cara bermain spelling bee diawali dari guru memberikan beberapa kosakata kepada siswa untuk dibaca. Apabila benar siswa memperoleh point dan permainan terus berlanjut sampai siswa berhasil atau menjawab semua pertanyaan dari guru. 


  1. Game Bingo

Bingo adalah salah satu game yang sangat menyenangkan dan cocok digunakan pada pembelajaran kosakata Bahasa Inggris.

Cara bermain Bingo dimulai dengan guru membentuk siswa kedalam beberapa kelompok kecil. Siswa kemudian menyebutkan kosakata yang diperoleh misalnya kosa kata bahasa Inggris berakhiran Er.

Setelah itu, kelompok lain melanjutkannya dengan mancoret kata yang sama dengan apa yang kelompok pertama sebutkan. Penggunaan permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mendengar cara membaca kosakata Bahasa Inggris.

  1. Game Domino

Domino adalah game permainan kartu yang memiliki daya tarik sendiri. Daya tarik ini memberikan solusi untuk menciptakan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggis siswa SMA.

Cara permaian kartu domino adalah dengan menyambungkan kosakata sehingga membentuk kalimat baru. Permainan ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh siswa dalam pembelajaran.

Itulah permainan yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Tidak bisa dipungkiri, bahasa Inggris merupakan bahasa kedua setelah Indonesia.

Hal ini menyebabkan tidak sedikit siswa mengalami kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris. Penerapan permainan diatas akan sangat menyenangka dan siswa akan menerima pelajaran dengan mudah.  Permainan ini juga bermanfaat untuk menghindarkan siswa dari rasa kantuk.

, ,




Oleh :
Kategori : Games