Sponsors Link

Cara Menulis Biodata dalam Bahasa Inggris – Contoh Lengkap

Sponsors Link
Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menulis biodata dalam bahasa inggris. Biodata adalah daftar ringkas riwayat hidup seseorang. Informasi mulai dari nama hingga pengalaman bekerja dan latar belakang pendidikan. Umumnya biodata digunakan untuk mendaftarkan diri ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau untuk melamar pekerjaan.
Penguasaan bahasa inggris dalam pendidikan dan pekerjaan adalah suatu keharusan. Kenyataan ini menjadi salah satu alasan harus belajar bahasa inggris. Apapun kebutuhannya kemampuan bahasa inggris dapat menentukan arah masa depan seseorang. DImulai dari penjelasan tentang diri orang yang tercerminkan dalam biodatanya. Karena alasan tersebutlah,  kami menjelaskan bagaimana cara menulis biodata bahasa inggris.

Persiapan menulis biodata

ads

Biodata sebagai cerminan diri dari seseorang, memuat selain data umum seperti nama, tanggal lahir, alamat rumah juga harus dapat menekankan kelebihannya tanpa berkesan menyombongkan diri. Dari gaya penulisan seseorang kita juga dapat memperkirakan kepribadiannya. Menulis yang baik hanya dapat dicapai dengan berlatih sehingga kesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Itulah salah satu manfaat menulis dalam bahasa inggris.

Menulis biodata dalam bahasa inggris memerlukan penguasaan bahasa inggris secara tertulis. Penulisnya harus mengetahui bagai mana cara menuliskan alamat jalan dalam bahasa inggris, terdapat rambu- rabu yang harus diperhatikan dalam menulis tanggal lahir dalam bahasa inggris  Dengan membuat biodata sendiri, seseorang selain melatih kemampuan menulis dalam bahasa inggris juga dapat menjelaskan dirinya dengan menonjolkan kelebihannya sendiri.

Cara Menulis Biodata Bahasa Inggris

Biodata umumnya merupakan beberapa kategori penting untuk menjelaskan tentang seseorang. Tanda baca berupa titik dua (:) sebagai penjelasan. Kurang lebih kelengkapan data untuk biodata dalam bahasa Inggris adalah sebagai

  • Full Name – (Nama Lengkap) pastikan penulisan ejaan benar serta sama dengan nama yang tercantum dengan KTP, penulisan yang salah dapat mengindikasikan bahwa anda adalah orang yang tidak teliti. Kesan tersebut merugikan bagi siapapun.
  • NickName – (Nama panggilan) penting untuk mencantumkan nama panggilan, untuk mencairkan suasana ketika wawancara. Pencantumannya juga dapat melancarkan percakapan.
  • Gender – (Jenis Kelamin) penjelasan tentang jenis kelamin yang kadang tidak dapat dijelaskan hanya dari nama saja.
  • Place, Date of Birth – (Tempat, tanggal lahir) penulisan sesuai dengan KTP, dan secara tidak langsung memberitahukan usia penulisnya.
  • Age – (Umur) tulis sesuai dengan usia yang tertera di KTP,enar.
  • Address – (Alamat) penulisan alamat memerlukan pengetahuan dasar. Karena tidak semua negara menuliskan dengan alamat yang benar.
  • Education background – (Latar belakang pendidikan) point penting untuk mengesankan calon pimpinan atau sekolah. pencantuman dilengkapi dengan tanggal atau tahun kelulusan untuk kelengkapan yang valid.
  • Sertificate and training – (Sertifikat dan pelatihan) Berbagai sertifikat yang diterima seseorang merupakan tambahan informasi yang akan sangat dipertimbangkan oleh pihak yang membutuhkannya.
  • Skills – (Keterampilan) Penulis biodata perlu mencantumkan berbagai keterampilan yang dikuasai untuk meningkatkan kemungkinan yang membacanya akan memberikannya tetarik dengan biodata yang dibacanya.
  • Working experience – (Pengalaman bekerja) Dicantumkan lengkap dengan nama perusahaan, posisi pekerjaan serta tahun awal dan terakhir bekerja.
    Sponsors Link

Contoh Menulis Biodata dalam bahasa inggris

 Berikut adalah contoh untuk cara menulis biodata dalam bahasa inggris. Seperti umumnya penulisan terbagi atas kategori serta jawaban penjabarannya. 

Full Name (Nama Lengkap) : Nadine Kusuma
Nickname (Nama Panggilan) : Ine
Gender (Jenis kelamin) : Female
Place, Date of Birth (TTL) : Jambi, March 16th,2000
Ages (usia) : 18 years old
Nationality : Indonesia
Religion : Islam
Skill : writing
Working experience : Moslem

Demikianlah penulisan biodata dalam bahasa inggris. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan mengenai pentingnya penguasaaan bahasa inggris serta apa saja yang harus diisi dala biodata.

, ,
Oleh :
Kategori : Writing