Sponsors Link

Contoh Kata Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Penggunannya

Sponsors Link

Dalam bahasa inggris ada ribuan kosakata yang harus Anda pelajari. Untuk bisa mahir bahasa inggris Anda sebenarnya tidak perlu menghafal ribuan dari kosakata tersebut. Yang Anda butuhkan adalam memahami.

ads

Ya, memahami beberapa pengelompokan yang ada pada bahasa inggris adalah salah satu kunci agar Anda bisa mahir bahasa inggris baik itu bicara maupun menulis. Mari kita mulai dengan dua kelompok saja, yaitu dengan formal dan informal. Mari kita bahas.

  1. Contoh kata pertama yaitu kata Memesan. Pada penggunaan kata informal, memesan diartikan dengan ”book”, sementara untuk penggunaan formal nya, memesan diartikan ”reserve” pada bahasa inggris.
  2. Selanjutnya adalah penyambung kalimat,biasanya di awal paragraf yaitu kata bagaimanapun. Dalam bahasa informal akan diartikan ”anyway” dan pada formal nya akan diartikan ”Nevertheless”. Apakah Anda sering menjumpai dua kata ini?
  3. Kata memeriksa yang diartikan pada kata informal yaitu ”check” dan pada kata formal yaitu ”verify”.
  4. Penghubung kata yang sering kita gunakan ” sehingga” diartikan pada informal yaitu ”so” sementara pada kata formalnya diartikan dengan ”therefore”
  5. Kata ”sangat” pada kata informal diartikan dengan ”very” smeentara untuk kata formalnya diartikan dengan ”definitely”

Setelah menjelaskan 5 contoh perbedaan kata formal dan informal diatas, manakah kata yang sering teman-teman gunakan dalam percakapan maupun tulisan?  Apakah sekarang teman-teman sudah tahu perbedaannya?

Dalam penggunaannya pun, kata informal biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari. Sementara untuk kata formal digunakan untuk kegiatan formal seperti pidato,email resmi, dan acara formal maupun resmi lainnya. Jadi, teman-teman jangan sampai salah menggunakan kata formal dan informal ya ! Teman-teman harus bisa menempatkan diri dalam menggunakan kata-kata dalam bahasa inggris.

Contoh sederhana lainnya akan kami bahas dalam sebuah percakapan. Berikut kami akan tampilkan pada teman-teman dua percakapan, yaitu formal dan informal.

Formal

A : Ladies and gentleman due to the something wrong happen accidentally, we shall apologize. We would like to begin the ceremony half an hour.

( Hadirin yang terhormat, karena ada kesalahan yang sedang terjadi kami dengan ini minta maaf. Kami akan memulai acaranya dalam satu setengah jam lagi.)

Dari contoh ini pidato permintaan maaf ini, kita bisa lihat penggunaan kata-kata yang sangat formal ini. Mari kita bahas mengenai kata informal. 


Informal

A : Sorry Im late. I’ve got something to do. ( Maaf aku terlambat. Aku harus menyelesaikan sesuatu dulu.)

B : Its okay.  ( Baiklah)

Dari percakapan diatas, kita bisa bandingkan mengenai penggunaan kata dalam informal. Penggunaan nya lebih santai, bahasa yang sederhana namun tetap dapat dimengerti oleh dua orang yang sedang bicara.

Apakah teman-teman sudah mengerti? Jika belum, berikut kami akan berikan contoh lagi agar teman-teman dapat lebih mudah memahami bahasa inggris. Kali ini contoh formal dan informal tentang greeting.

Formal Greeting
  • Hallo
  • Good morning
  • How are you?

Tiga contoh diatas merupakan contoh greeting yang sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Biasanya kita menggunakan greeting formal untuk acara resmi, atau bertemu dengan orang-orang penting.

Informal Greeting
  • Hi
  • Whats up?
  • Good to see you

Tiga contoh diatas adalah contoh informal greeting yang sering kita pakai saat di keadaan yang tidak formal juga. Biasanya kita memakai sapaan diatas untuk berbicara dengan teman, atau dalam keadaan santai.

Berikut beberapa referensi untuk anda agar ilmu anda bertambah lagi dan lagi. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :