Sponsors Link

Contoh Permainan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Asik dan Edukatif

Sponsors Link

Jika Anda mendengar kata belajar pasti yang terbayang  adalah, buku, pensil dan kelas yang membosankan. Beberapa diantara kita disini mungkin ada apabila disuruh memilih antara belajar secara tegang atau bermain sambil belajar.

ads

Tentu kita cenderung selalu memilih untuk bermain sambil belajar grammar bahasa Inggris. Alasannya karena selain kita mendapatkan rasa senang dan bahagia, Anda juga akan mendapatkan ilmu. Ilmu Bahasa Inggris bisa secara langsung diterapkan di dalam permainan itu sendiri. Berikut merupakan 5  contoh permainan dalam belajar Bahasa inggris.

  • Board Race

Permainan ini digunakan untuk meningkatkan memori vocabulary. Caranya anda cukup membagi kelas menjadi dua kelompok besar dan siapkan spidol pada masing-masing kelompok lalu  buatlah garis vertikal di tengah papan tulis kemudian tulis topik di bagian atas papan tulisnya.

Selanjutnya masing-masing kelompok menulis kata sebanyak-banyaknya yang diminta guru. Kata harus berhubungan dengan topik. Misalnya kosakata musim dalam Bahasa Inggris. Setiap kelompok akan mendapat poin untuk kata yang benar.

  • Hangman

Permainan Hangman bisa jadi sebagai permainan favorit. Cara bermain nya cukup mudah. Tentukan satu kata kemudian tulis di papan tulis menggunakan garis putus-putus. Di bawah garis anda bisa menambah angka agar mempermudah siswa menebak.

Jadi, permainan ini sangat bisa disesuaikan dengan level pemahaman siapa saja dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa tanpa mengurangi keseruannya.

Ajak siswa untuk menebak. Jika tebakannya benar maka tulis di atas garis putus-putus tadi. Siswa terus menebak hingga kata yang anda tentukan tertebak. Mudah bukan? Permainan ini bisa juga untuk mempelajari kosa kata dan  contoh kalimat dalam bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri 

  • Simons Says Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Cara bermain Simon Says ini sangat mudah, cukup mengumpulkan beberapa pemain dengan membuat lingkaran besar. Lalu  satu orang menjadi instruktur akan berada di tengah-tengah.

Fungsi dari Instruktur sendiri sebagai pemberi perintah, contoh : ‘Simons berkata sentuh telinga sebelah kiri atau ‘Simons berkata angkat satu kakimu’, dalam bahasa Inggris. Jika salah, pemain akan dihukum menjadi instruktur. 


  • Word Match Games untuk belajar Bahasa Inggris

Anda suka mencocokkan kata demi kata? Atau ingin memperbanyak kosa kata bahasa Inggris berakhiran Er?

Tujuan permainan ini untuk melatih kata sinonim dan antonim. Caranya mudah sekali. Instruktur hanya perlu mencari kata-kata yang mudah untuk dicari persamaan atau lawan katanya.

Pemenang dari permainan dinilai dari kecepatan dan ketepatan. Jadi, tertarik kah untuk melakukan permainan ini ?

  • Observe and Remember Games untuk Belajar Bahasa Inggris.

Cara bermain nya Mula-mula, instruktur mempersiapkan beberapa benda kecil yang mudah diidentifikasi seperti penggaris, pensil, buku. Setelah semuanya siap, letakkan benda-benda tersebut di atas meja, kemudian amati benda yang tersedia dengan batas waktu  maksimal 2 menit.

Setelah 2 menit pemain dipersilahkan duduk sejenak. Kemudian, pemain dipersilahkan menuliskan benda-benda apa saja yang sudah dia lihat barusan di atas secarik kertas.

Lalu bisa terlihat siapa yang berhasil menuliskan benda-benda kecil itu sebanyak-banyaknya dan yang paling benar, tentu dia adalah pemenangnya!

Nah, itu dia permainan yang bisa Anda lakukan saat mengajar kosakata bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan. Belajar melalui sarana game bisa menjadikan materi yang disampaikan lebih mudah diterima dan dipahami. Karena tak ada pembelajaran yang lebih menyenangkan daripada bermain sambil belajar.

, ,
Oleh :
Kategori : Games, Pendidikan