Sponsors Link

30 Contoh Cumulative Conjunction – Pengertian – Rumus

Sponsors Link

Selain contoh conditional conjunction, rumus contrast conjunction dalam bahasa inggris juga ada cumulative conjunction sebagai kata hubung.

ads

Pengertian, Rumus, dan Fungsi Cumulative Conjunction

Cumulative conjunction adalah kata hubung yang berfungsi untuk menambahkan atau mengumpulkan beberapa kegiatan yang dilakukan subjek.

Makna fungsi menambahkan ini adalah cumulative conjunction dapat menyatukan beberapa adjective pada satu subject ataupun beberapa aktivitas yang dilakukannya. Yang mana kedua sifat atau aktivitas itu memiliki posisi yang sejajar.

Berikut adalah beberapa kata yang termasuk ke dalam kata hubung yang termasuk cummulative conjunction. Kata hubung ini ada sangat banyak. Akan tetapi di sini akan dikelompokkan berdasarkan kesamaan makna.

1. Contoh Cumulative Conjunction ‘And’

Pada kelompok ini kata hubung yang digunakan berarti and (dan). Ada banyak kata yang termasuk ke dalam kelompok and, antara lain adalah:

And, both … and, as well as, and also dan lain sebagainya. Untuk lebih memahami conjunction yang satu ini, berikut ada beberapa contoh

Contoh Cumulative Conjunction

  • In the holiday, They always go to Beach and Forth Malborough. (Saat liburan, mereka selalu pergi ke Pantai dan Benteng Malborough).
  • Both Yuni and Zaza, they like swimming. (Keduanya Yuni dan Zaza, mereka suka berenang)
  • Tomi as well as Deni is the hero for this District (Tomi dan juga Deni pahlawan bagi District ini).
  • Every morning, Peter always buy a sachet of Coffee And also Sandwich for lunch. (Setiap pagi, Peter selalu membelu sebungkus kopi dan juga Sandwich untuk makan siang)

Dari contoh di atas dapat di lihat kata hubung yang digunakan mengumpulkan 2 hal yang sama. Misal pada contoh pertama and menunjukkan 2 tempat wisata.

Sedangkan pada contoh kedua, kalimat menjelaskan 2 orang yang sama-sama menyukai renang. Begitu juga dengan contoh-contoh selanjutnya yang menunjukkan adanya persamaan.

2. Contoh Cumulative Conjunction ‘Also’

Makna cumulative conjunction yang digunakan adalah juga. Berikut beberapa kata hubung dalam bahasa inggris yang memiliki makna juga, yaitu: Also,  likewise, Besides serta beberapa yang tergabung ke dalam makna dan.

Contoh Cumulative Conjunction

  • He is very smart Daddy, Also his daughter (Dia adalah ayah yang pintar, juga anaknya)
  • She is the best partimer, likewise in academic (Dia adalah Pekerja Paruh waktu terbaik, seperti itu juga di bidang akademik).
  • With this packet, you will get free room service besides for Laundry (Dengan paket ini, anda akan mendapatkan layanan kamar gratis di samping itu juga untuk Laundry).

Dari ketiga contoh di atas dapat di lihat bahwa cummulative conjunction berfungsi untuk menyatukan 2 hal yang saling menyertai. Seperti pada contoh nomor 1, contoh tersebut menunjukkan seorang ayah yang pintar memiliki anak yang pintar pula.

Pada nomor 2 dapat di lihat si pekerja paruh waktu adalah pekerja dan pelajar yang terbaik. Begitu juga untuk contoh kalimat 3. 

Sponsors Link

 

3. Contoh Cumulative Conjunction ‘Furthermore’

Khusus cummulative conjunction adalah kata hubung yang menjelaskan adanya sesuatu hal yang menyebabkan subject itu nampak luar biasa. Makna dari kata hubung yang satu ini adalah lebih-lebih lagi.

Beberapa kata hubung yang termasuk dalam kelompok ini antara lain adalah Furthermore, Moreover, In addition, Not Only … But Also dan masih banyak lagi. Perhatikan contoh kalimat berikut

Contoh Cumulative Conjunction

  1. You will adore the view in Pha Nga Bay, Furthermore if you join the Canoe trip to James Bound Island (Kamu akan terpesona dengan pemandangan di Pha Nga Bay, lebih-lebih lagi jika kamu bisa mengikuti perjalan Canoe menuju pulau James Bound).
  2. Baby will stop their cry when they look at you, moreover when you hug them (Bayi akan berhenti menangis ketika mereka melihatmu, lebih-lebih lagi ketika kamu memeluk mereka).
  3. He is very kind governour, In addition he is rich. (Dia adalah Gubernur yang baik, tambahan lagi dia Kaya)
  4. Denia not only master the Volley ball but also best Chef (Denia bukan hanya menguasai Permainan Bola Voli tetapi juga juru masak terbaik).

Dari beberapa contoh di atas dapat di lihat bahwa cumulative conjunction furthermore digunakan untuk menjelaskan 2 hal yang membuat subjek nampak luar biasa mengagumkan.

Masih banyak lagi contoh conjunction yang termasuk ke dalam cumulative conjunction. Poin pentingnya adalah kata hubung ini digunakan untuk menyatukan sifat ataupun kegiatan subject.

Untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu baca juga

,
Oleh :
Kategori : Sentence