Sponsors Link

70 Contoh Conditional Conjunction – Tipe – Rumus

Sponsors Link

Dalam membuat kalimat kalimat kita sangat memerlukan kata hubung. Begitu juga dalam bahasa inggris. Penyusunan kalimat dalam bahasa inggris memerlukan conjunction sebagai penghubung satu e dengan frasa lainnya. Ada berbagai macam conjuntion dalam bahasa inggris. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai conditional conjunction. Conditional conjunction adalah kata hubung yang digunakan untuk menjelaskan kondisi yang spesifik.

ads

Bentuk conjunction lain dapat di baca di Rumus conjunction of timecorrelative conjunction, Rumus contrast conjunction dan Conjunction adverbs.

Ada beberapa jenis dan contoh conditional conjunction dalam bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa jenis conditional conjunction dalam bahasa inggris.

1. Only If

Only if merupakan conjunction yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang mungkin akan terjadi karena suatu hal sebagai syarat. Syarat yang harus di penuhi agar kejadian itu bisa terwujud.

contoh conditional conjunction dalam bahasa inggris

  • I will accept the applicants only if they have a good curriculum vitae. (Saya akan menerima para pelamar hanya jika mereka punya riwayat hidup yang bagus)
  • Mega will buy the vegetable only if it is from organic farm (Saya akan membeli sayuran hanya jika sayuran itu dari kebun organik)

Dari contoh di atas dapat di lihat bahwa sesuatu akan terjadi jika syarat yang diinginkan terpenuhi. Sehingga jika ingin membentuk kalimat yang membutuhkan syarat, bisa menggunakan only if.

2. As long as

Conjunction ini berfungsi untuk menjelaskan sesuatu itu benar jika sesuatu lainnya juga benar. Sehingga jika hal lainnya tidak benar maka maka frase yang pertama tidak bisa dibenarkan.

contoh conditional conjunction dalam bahasa inggris

  • They allow me go to party as long as I am home at 10.00 PM (mereka mengizinkanku pergi ke pesta selama aku pulang jam 10.00 PM)
  • Yusuf could write as long as you lend him your computer (yusuf bisa menulis selama kamu meminjaminya komputermu)

Dari contoh-contoh di atas dapat di lihat bahwa sesuatu akan terjadi jika hal lainnya terjadi. Seperti contoh pertama, subject diizinkan pergi ke pesta jika dia bisa pulang jam 10.00. Hal ini berarti dia tidak bisa pergi ke pesta jika jadwal pesta setelah jam 10 malam.

3. Provided/ Providing That

Provided that dan providing that ini penggunaannya sama seperti only if. Yaitu untuk melakukan sesuatu terjadi jika ada syarat yang dipenuhi.

contoh conditional conjunction dalam bahasa inggris

  • I shall accompany you provided that you buy some apples for them. (Saya akan menemanimu hanya jika kamu membeli beberapa apel untuk mereka)
  • We will win that Scholarship providing that we have TOEFL score 550 (Kita akan memenangkan beasiswa itu hanya jika kita punya skor TOEFL 550)
    Sponsors Link

     

4. In the event that/of

Conjunction yang satu ini hampir sama dengan as long as. Sesuatu terjadi apabila kejadian lainnya terjadi.

contoh conditional conjunction dalam bahasa inggris

  • In the event of he dies, this house will give to you (Apabila dia meninggal, rumah ini akan diberikan untukmu)
  • In the event that his death, this house will give to you (Apabila dia meninggal, maka rumah ini akan diberikan kepadamu)

5. On condition that

Conjunction on condition that ini memiliki fungsi yang sama dengan provided/providing that.

Contoh

  • That stores offer sale up to 90%, on condition that they provide credit card. (Toko-toko itu menawarkan diskon hingga 90% jika mereka menerima kartu kredit.
  • The marketplaces are free, on conditional they provide the level price. (Tempat-tempat memasarkan gratis, jika mereka menyediakan level harga)
    Sponsors Link

     

6. In case dan in case of

Conjunction in case dan in case of digunakan ketika akan membuat kalimat perintah untuk melakukan sesuatu jika suatu hal terjadi. Selain itu, in case juga bisa digunakan untuk kalimat yang mempersiapkan sesuatu jika suatu hal terjadi.

Contoh

  • In case of emergency, you should broke this window (Hanya jika terjadi keadaan darurat, kalian harus memecahkan jendela ini)
  • Put the salt In case it tasteless (masukkan garam jika itu tidak asin).

Demikian informasi tentang conditional conjunction. Baca materi berikut untuk meningkatkan pemahaman bahasa inggris anda.

,
Oleh :
Kategori : Conjunctions