Sponsors Link

7 Cara Menulis Postcard Bahasa Inggris dan Contohnya

Sponsors Link

Postcard sama artinya dengan kartu pos. Sesuai dengan namanya, kartu pos berbentuk kartu yang digunakan untuk surat-menyurat, misalnya contoh greeting card bahasa Inggris singkat dan contoh greeting card happy new year dalam bahasa Inggris. Postcard adalah bentuk surat terbuka untuk menyampaikan berita-berita yang pendek dan praktis seperti contoh kartu ucapan selamat dalam bahasa Inggris.

ads

Kartu pos terbuat dari kertas yang agak tebal berukuran 10 x 15 cm. Pada kartu pos, seseorang tentu tidak dapat menulis panjang lebar apalagi bersifat rahasia seperti pada surat tertutup. Cara menulis postcard bahasa Inggris agar dapat mengisi kartu pos dengan bahasa Inggris yang baik dan benar menggunakan kumpulan kosakata bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari. Kartu pos umumnya terdiri atas dua jenis, yaitu postcard dan postal card.

Postcard adalah kartu pos biasa tanpa cetakan perangko dan diterbitkan oleh lembaga pemerintah melalui administrasi pos maupun lembaga swasta. Postal card adalah kartu pos bercetakan perangko yang artinya pada kartu pos tersebut sudah terdapat perangkonya sehingga pengirim tidak perlu membeli dan menempelkan perangko lagi. Postal card hanya dikeluarkan oleh administrasi pos atau lembaga yang ditunjuk pemerintah suatu negara untuk menerbitkan kartu pos bercetakan perangko itu.

Postcard terdiri dari dua sisi. Sisi pertama menyediakan alamat pengirim yang berada di sebelah kiri dan alamat yang dikirim di sebelah kanan. Sisi lain di baliknya adalah tempat untuk menuliskan berita atau isi surat mengikuti cara membuat karangan bahasa Inggris dengan mudah. Postcard dapat digunakan untuk keperluan niaga dan keperluan pribadi.

Cara Menulis Postcard Bahasa Inggris

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menulis postcard dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

  1. Belilah sebuah postcard
  2. Balikkan post hingga sisi bergambar menghadap ke bawah.
  3. Tempelkan perangko pada sisi ujung kanan atas postcard.
  4. Cantumkan tanggal sesuai aturan menulis tanggal dalam bahasa Inggris di bagian kanan atas area pesan, contohnya 9 July 2018.
  5. Tulis nama orang yang akan menerima postcard tersebut, misalnya “Dear Talinda”, “My Dearest, Aunt Annie”, dan sebagainya.
  6. Postcard dibagi menjadi dua bagian yang dipisah dengan suatu garis lurus. Tulis isi pesan yang ingin disampaikan pada bagian kiri yang kosong. Di bagian kanan, tulislah alamat lengkap tujuan pengiriman postcard.

Contoh Cara Menulis Postcard Bahasa Inggris

Agar dapat memahami penulisan postcard bahasa Inggris, di bawah ini akan diberikan contoh menulis isi pesan pada postcard yang dapat diikuti dengan mudah.

Contoh 1

27 January 2015

To: Yotsuba Yanda
Shinjuku, Tokyo, Japan

Dear Yotsuba.

Hello! How are you?
This is a postcard from my city, Surabaya, Indonesia.
It is small, but beautiful!
Have a great day!

Natalie 

Sponsors Link

Contoh 2

20 August 2018

Cindy Mulia
Jatimulya, Bekasi
West Java, Indonesia

Hello, Cindy.
I’m sending you all my best feelings
and wishing you a Happy Eid with your loved ones.
Eid Mubarak!

Cheers,
Zelda

Contoh 3

19 May 2018

Nancy Amelia
Kuala Lumpur, Malaysia

My dearest, Nancy

You won’t believe this but yesterday I tried kangaroo tail,
crocodile meat, and a green ant in the same day!
The kangaroo tail was a bit greasy,
but crocodile tasted like chicken.
Most surprising of all, the green ant tasted like a sour grape.

Contoh 4

To: Christy
221B Baker Street, London, England

Just a bit extra.
I was on Prague with my husband, where we met our friends!
Prague is one of favorite cities, beautiful, interesting, full of mysteries, and relaxing.
And beer is cheaper t than water! Hahaha.

,