Sponsors Link

4 Cara Membuat Karangan Bahasa Inggris dengan Mudah

Sponsors Link

Seperti halnya bahasa Indonesia, bahasa Inggris memiliki jenis-jenis teks dengan masing-masing perbedaan jenis teks dalam bahasa Inggris. Jenis teks dalam bahasa Inggris antara lain narrative, recount, spoof, anecdote, descriptive, report, review, explanation, discussion, exposition, news item, dan procedure. Ada pula letter, message atau memo, vacancy, dan advertisement atau announcement.

ads

Teks diklasifikasikan berdasarkan beberapa elemen dari teks yang meliputi tujuan penulisan teks, sistematika penulisan paragraf-paragrafnya, dan aspek gramatikal lainnya yang digunakan untuk membangun tulisan atau teksnya. Artikel ini fokus pada cara membuat karangan bahasa Inggris dengan mudah.

Jenis Teks dalam Bahasa Inggris dan Pengertiannya

  • Narrative text adalah cerita fiktif yang tidak nyata seperti contoh fabel Inggris singkat, dongeng, mitos, dan legenda.
  • Recount text adalah teks yang menceritakan peristiwa atau pengalaman di masa lampau. Teks recount bertujuan untuk menghibur pembaca.
  • Spoof adalah sebuah teks yang menceritakan kejadian nyata yang lucu. Biasanya spoof berakhir dengan ending (akhiran) yang tidak terduga.
  • Anecdote adalah sebuah teks yang menceritakan kembali kejadian yang lucu atau ganjil. Contoh teks anekdot beserta struktur lengkap dapat berupa cerita fiktif atau nyata.
  • Descriptive text digunakan untuk mendeskripsikan sebuah benda, hewan, atau seseorang. Teks tersebut akan menjabarkan deskripsi benda atau orang termasuk karakter, ciri-ciri, hingga penampilannya.
  • Report text merupakan sebuah teks hasil dari pengamatan dan observasi yang menyeluruh. Biasanya report text membahas makhluk hidup dan fenomena alam.
  • Review adalah teks yang membahas sebuah karya, produk, atau acara.
  • Explanation text adalah sebuah teks yang menjelaskan bagaiman atau mengapa sesuatu terjadi.
  • Discussion text adalah sebuah teks yang menjabarkan wacana problematik dengan pembahasan pro dan kontra atau keuntungan dan kerugian.
  • Exposition text adalah teks berisi uraian/paparan yang bertujuan untuk menjelaskan sebuah isu atau permasalahan dan membahasnya dari satu sudut pandang. Exposition terbagi menjadi dua jenis, yaitu hortatory exposition yang disertai saran dan analytical exposition yang tidak disertai saran pada contoh kalimat exposition dalam bahasa Inggris.
  • News item merupakan teks yang memiliki fungsi news item dalam bahasa Inggris menyajikan berita untuk memberi informasi kepada pembaca.
  • Procedure text adalah sebuah teks yang menunjukkan suatu proses cara melakukan sesuatu secara berurutan.  
    Sponsors Link

Cara Membuat Karangan Bahasa Inggris dengan Mudah

Karangan adalah bentuk tulisan yang berisi ungkapan pikiran atau perasaan pengarang dalam suatu tema. Cara membuat karangan bahasa Inggris dengan mudah, yaitu:

  1. Menentukan tema karangan atau gagasan utama karangan. Ciri-ciri tema karangan ialah menarik dan bermanfaat, baru, serta sesuai dengan minat pengarang.
  2. Menentukan kerangka karangan yang berisi kalimat utama dan kalimat penjelas yang akan dikembangkan. Kerangka karangan tersebut bertujuan untuk memuat garis besar suatu karangan.
  3. Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan utuh. Kalimat-kalimatnya harus runtut dan menarik agar disukai para pembaca. Karangan yang ditulis juga harus lengkap dengan pemilihan kata yang tepat.
  4. Merumuskan judul karangan yang mempunyai kaitan besar dengan tema dan tujuan karangan. Judul karangan dapat ditentukan sebelum atau setelah membuat karangan.

Contoh Karangan dalam Bahasa Inggris

Homework

My son has been wondering if homework is necessary. He and his friends should have homework because it helps them to learn and revise their work. Homework helps people to remember what they have learned. But, many times, doing homework is not a great idea. He thinks they should not have homework because he likes to go out after school. Sometimes homework is boring and bad because he likes to play and discuss things with my family.

,