Sponsors Link

8 Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional tentu saja memberikan nilai positif bagi individu yang menguasainya. Banyak hal yang perlu dikuasai pada saat menggunakan Bahasa Inggris, diantaranya grammar, penggunaan kosa kata,  rumus present continuous tense, dan pelafalan pada masing-masing kata di dalamnya memiliki penekanan yang berbeda. Pemahaman dasar seperti ini kerap digunakan sebagai langkah awal pengucapan Bahasa Inggris.

Terkadang jika telah menguasai kemampuan dasar bahasa inggris grammar dan aneka kosa kata, hal yang paling sulit dilakukan adalah pada saat speaking karena membutuhkan tingkat latihan dan kebiasaan yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin berbicara lancar dengan Bahasa Inggris dapat menggunakan 8 cara yang gampang dipahami seperti di bawah ini.

  1. Sebut Benda yang Anda Gunakan Setiap Hari dengan Bahasa Inggris

Masing-masing dari Anda pasti memiliki barang-barang yang ada di setiap bagian rumah. Namai barang-barang tersebut menggunakan Bahasa Inggris yang kemudian tulis catatan dan tempelkan agar Anda melihatnya.

Dengan cara ini, Anda akan membaca, memahami, dan melafalkan nama barang tersebut sehingga selain menambah kosa kata, juga mendapatkan pembelajaran dari setiap pelafalannya.

  1. Buatlah Kalimat pada Setiap Situasi dengan Bahasa Inggris

Ketika Anda terbangun dari tidur hingga akan kembali tidur, buatlah conversation dengan Bahasa Inggris.

Tidak perlu kalimat yang sangat susah, Anda dapat membuat beberapa kalimat sederhana dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan melancarkan pengucapan Bahasa Inggris. Tentunya Anda harus mengucapkannya sesekali agar mengetahui dan mendengar cara berbicara.

  1. Menonton Film lalu Praktekkan Pelafalannya

Menonton film Barat merupakan salah satu cara yang efektif dalam belajar speaking Bahasa Inggris karena melalui film tersebut Anda dapat mengetahui cara pengucapan, tulisan, serta arti dari percakapan pada film.

Tips yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan subtitle Bahasa Inggris sehingga dapat diketahui tulisan dari pelafalan tersebut. Catat juga kapan beberapa rumus seperti Rumus dan Contoh Kalimat Adjective Clause digunakan dalam film.

  1. Gunakan Aplikasi yang Dapat Melatih Kebenaran Pelafalan Bahasa Inggris Anda

Jika dirasa telah mengetahui, memahami, dan dapat melakukan speaking, Anda dapat menggunakan aplikasi belajar bahasa asing seperti Duo Lingo.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk belajar bahasa dasar hingga tingkat yang paling tinggi disertai tes terlebih dahulu. Beberapa tes juga berkaitan dengan pelafalan Bahasa Inggris sehingga dapat digunakan untuk latihan speaking.

  1. Bermain Aktor dan Mengucapkan Dialog di Depan Kaca

Anda dapat menggunakan kaca sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam speaking Bahasa Inggris.

Anda dapat melakukan curhat pribadi dengan kaca tersebut sehingga dapat dinilai mimic wajah ketika berbicara Bahasa Inggris. Hal ini dapat meningkatkan kosakata  daftar kata verb, noun, adjective, adverb Inggris jika Anda berlatih secara konsisten.

  1. Pahami Bahasa Inggris yang Anda Dengar

Jika Anda mendengar Bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang lain, pastikan untuk memahami dengan Bahasa Inggris pula. Sehingga dalam hal ini Anda akan menjadikan otak untuk terbiasa dengan bahasa ini dan menjadikan kemampuansemakin meningkat.

  1. Lakukan Argumen dengan Bahasa Inggris

Anda pasti memiliki sebuah situasi dimana perlu menyampaikan pendapat yang dimiliki. Oleh karena itu, dalam situasi ini gunakanlah Bahasa Inggris agar kemampuan Anda meningkat.

Tidak hanya diucapkan dalam hati, namun juga diucapkan secara lisan untuk melihat seberapa jauh kemampuan Anda dan seberapa banyak speaking yang Anda kuasai.

  1. Latih Bahasa Inggrismu dengan Keluarga atau Teman

Pastikan Anda berlatih Bahasa Inggris dengan keluarga atau teman sebagai alat bantu speaking. Karena jika speaking dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang lama, Anda akan memperoleh kemajuan.

Dengan berlatih speaking bersama teman di luar negeri juga dapat membantu Anda memahami beberapa aksen orang luar negeri.

, , ,
Oleh :
Kategori : Speaking