Sponsors Link

10 Cara Membuat Belajar Bahasa Inggris Jadi Menyenangkan dan Mudah

Sponsors Link

Banyak orang menyadari sulitnya mempelajari bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris apalagi tentang  adjective of numeral. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.

Di Indonesia sendiri, seseorang umumnya menguasai dua bahasa sejak kecil. Bahasa Indonesia dan bahasa daerah atau bahasa ibu biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Belajar Bahasa Inggris Jadi Menyenangkan dan Mudah

Kondisi tersebut rupanya turut menghambat proses pembelajaran Bahasa Inggris. Lantas, bagaimana cara mudah mengajarkan Bahasa Inggris? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Ice breaking atau game interaktif

Ajak anak atau murid untuk melakukan game interaktif dengan menggunakan vocabulary jenis adjective Bahasa Inggris. Buatlah semenarik dan seringan mungkin agar lebih mudah diikuti oleh murid Anda.

  1. Youtube

Manfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung proses belajar-mengajar. Buatlah sebuah video yang diunduh ke youtube sekreatif mungkin.

Bila perlu, masukkan unsur ilustrasi dan gambar yang memperjelas pembahasan. Di tengah materi, sisipkan pertanyaan berganda yang dapat dihentikan untuk sementara waktu. Tak ada salahnya memilih salah satu kutipan dari film, lagu, atau iklan sebagai bagian dari materi.

  1. Game kustomisasi

Siapa yang tak suka bermain game? Dari anak-anak hingga dewasa doyan memainkan game untuk memecah kebuntuan. Kali ini, Anda akan diajak bermain game yang sudah terkustomisasi, seperti Minecraft.

Disini, Anda dan murid harus membangun permainan di dalam permainan. Dibutuhkan interaksi aktif antar pemain yang bisa dijadikan ajang melatih Bahasa Inggris seseorang. Ini juga dapat menjadi bagian dari belajar parts of speech  yang menyenangkan.

  1. Testimoni marketplace

Tak ada salahnya kalau Anda belajar melalui kolom komentar di berbagai aplikasi. Jangan takut salah, karena latihan bakal butuh proses panjang untuk menjadi ahli.

  1. Augmented Reality (AR)

Lagi-lagi kemajuan teknologi mendukung proses latihan Anda. Sudah banyak aplikasi yang menerapkan augmented reality di dalam operasinya. Ajaklah anak-anak mempelajari semua penjelasan yang dijabarkan dalam aplikasi tersebut.

  1. Wikipedia

Daripada pusing-pusing mau mulai belajar dari mana, coba saja buka Wikipedia. Website ini digadang-gadang ensiklopedia digital terlengkap yang pernah ada.

Dengan fitur revisi, siapapun dapat mengupdate informasi yang disediakan. Anda bisa juga menjajal kemampuan berbahasa Inggris dengan memperbaharui data tersebut, tentunya dalam Bahasa Inggris.

  1. Komik

Kemampuan belajar setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang kuat di audio, visual ataupun keduanya. Untuk memaksimalkan daya visual, membuat komik jadi cara kreatif.

Anda dapat menyediakan template yang bisa diisi oleh anak untuk menguji pengetahuan berbahasanya. Bahkan komik juga dapat mengajarkan materi tentang  adjective of numeral yang cukup abstrak untuk anak-anak hingga dewasa.

  1. Google Maps dan Trends

Segala cara dapat ditempuh guna meningkatkan pengetahuan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps maupun Google Trends. Sama dengan testimony di marketplace, disini Anda juga bisa berbagi info dengan pengguna lain. Jadikan fitur tersebut bagian dari upaya pembelajaran.

  1. Metode Drill

Perbanyak latihan dalam setiap kesempatan. Ajarkan anak untuk tak malu berbahasa Inggris, walaupun masih terdapat banyak kesalahan. Dari latihan, mereka tahu mana yang harus diperbaiki dan bagian yang ditingkatkan. Materi yang bisa dipelajari dengan metode drill misalnya mencoba berulang penerapan Rumus dan Contoh Kalimat Adjective Clause.

  1. Gambar dan warna

Cara terakhir ini cocok untuk anak berusia balita. Perkenalkan mereka dengan kata benda sederhana yang memicu perkembangan kemampuan verbalnya.

Nah, itulah 10 cara mengajarkan Bahasa Inggris yang kreatif dan menarik kepada anak-anak. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah untuk diajarkan.

Niscaya, anak tak akan merasa bosan dan selalu ingin berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Tidak percaya? Coba saja sendiri di rumah dan Anda akan dibuat takjub dengan perkembangan mereka.

, , ,
Oleh :
Kategori : English Skills