Sponsors Link

Rumus Bahasa Inggris Conditional Sentences Lengkap

Sponsors Link

Pada kali ini mari kita akan bahas perihal sebuah kalimat yang terkait dengan hal perandaian yaitu adalah perihal kalimat Pengandain. Dalam Materi Bahasa Inggris hal itu yang termasuk dalam Rumus Bahasa Inggris conditional sentense. Untuk penjabaran lebih lanjut perihal If Conditional Sentence , mari kita ikuti urainya dibawah ini

ads

Pengertian If conditional Sentence

Dalam Grammar Bahasa Inggris, if conditional sentence yaitu sebuah kalimat yang dipakai untuk menampilkan bahwa sesuatu benar-benar terjadi/riil seandainya persyaratan yang lain terpenuhi.

Mengapa mesti seperti itu? Sebab dalam pola kalimat if conditional sentence terdiri dari 2 klausa, adalah main clause (kalimat utama) dan yang kedua sub clause (si kecil kalimat). Jadi kalimat If conditional sentence itu dapat benar-benar terjadi dan mungkin juga tak akan pernah terjadi. Dan keduanya dapat saling bertukar daerah (dibolak balik).

Dalam kata lain seandainya kalimat utama didepan, karenanya si kecil kalimatnya berada pada kalimat kedua (belakang) dan sebaliknya.

Tipe if Conditional sentence

Dalam Rumus Bahasa Inggris conditional sentence ada tiga jenis, antara lain; if conditional jenis 1, if conditional jenis 2, if conditional jenis 3. Mari kita pelajari satu persatu Contoh Conditional Sentences

1. If Conditional tipe 1

If conditional tipe ke 1 yang biasa juga bisa disebut Future conditional sentence ialah sebuah kalimat pengandaian yang belum terjadi dan kemungkinan besar akan terjadi dimasa akan datang (future) seandainya syaratnya (si kecil kalimatnya) terpenuhi.

contoh kalimat conditional type 1 : If I have a lot of money, I will go to Bali (JIka aku memiliki banyak uang aku kan pergi ke bali)

Rumus/Pola kalimat:

If + S + V1 (simple present), S + will + Verb 1

2. If Conditional tipe 2

If conditional jenis 2 yang juga disebut present conditional sentence yaitu sebuah kalimat pengandaian yang dipakai untuk mengandaikan sesuatu yang tak akan pernah terjadi sebab persyaratan sub clausenya tak mungkin terpenuhi, dan apa yang diandaikan bertolak belakang dengan kenyataan yang ada.

contoh kalimat conditional sentence type 2 : If I were you, I would happy (Apabila saya jadi kau akan merasa bersuka ria).

Rumus/ Pola kalimat:

If + Subject + Verb 2 (simple past), S + would + Verb 1

3. If Conditional tipe 3

berikut ini Pengertian, Rumus dan Contoh Conditional Sentence Type 3 yang biasa juga bisa kita disebut past conditional sentence adalah sebuah kalimat pengandaian yang biasa dipakai untuk mengandaikan sesuatu yang tak akan pernah terjadi sebab persyaratan sub clausenya tak akan pernah terpenuhi, sebab apa yang diandaikan telah berlalu di masa lampau (masanya telah terlewati).

Model : If Eddy had studied, he would have got good mark (Apabila Eddy belajar,ia akan mendapatkan poin bagus ).


C. Model-Contoh yang lain:

Pengertian, Rumus, dan Model If conditional Sentense jenis 1,2,3 beserta terjemahanya

Type 1

If I grow up, I’m going to school in The unggulan school

Artinya :

seandainya saya telah besar nanti saya akan sekolah di sekolah unggulan (1)

Type 2

if ani did not went to Bandung, I would go to his house

Artinya:

seandainya ani tak pergi ke bandung saya akan pergi kerumahnya

Type 3

if I have gone do Bukittinggi last month, I would have visited your house

Artinya:

Apabila aku tak pergi ke Bukittinggi bulan lalu, aku akan pergi berkunjung ke rumahmu

Sekian sekilas perihal penjelasan dan teladan simpel dari Rumus Bahasa Inggris Conditional Sentences, Semoga berguna. Terima Kasih

, , ,
Oleh :
Kategori : Tenses