Sponsors Link

Penggunaan Kata Cuti dalam Bahasa Inggris – Contoh Kalimat

Sponsors Link

Dalam dunia kerja kelak, tentu teman-teman akan membutuhkan cuti untk me-refresh kembali semangat kerja. Terlebih jika kelak teman-teman bekerja di kantor internasional atau kantor yang berbasis Bahasa Inggris untuk percakapannya sehari-hari. Untuk itu, kali ini kita akan belajar mengenai penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris.

ads

Penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris sama pentingnya untuk dipelajari seperti belajar contoh membuat surat izin tidak masuk sekolah dan contoh membuat surat izin tidak masuk kuliah, namun perbedaanya adalah penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk di ranah kerja, bukan sekolah lagi. Namun kali ini kita hanya akan belajar mengenai penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris saja sehingga teman-teman bisa mengerti dasar-dasar penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja, kita akan mulai membahas penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris diawali dengan terjemah kata cuti dalam Bahasa Inggris. Menurut Indonesian Oxford Living Dictionaries, cuti dalam Bahasa Inggris diterjemahkan sebagai ‘leave’ dan ‘holidays’. Seperti yang sudah kita ketahui, holidays juga berarti hari libur, dimana arti ini sama dengan cuti, yang mana cuti merupakan hari libur. Selain itu, Indonesian Oxford Living Dictionaries juga menunjukkan jenis-jenis cuti, yaitu sebagai berikut:

  • Official leave (cuti dinas).
  • Sick leave (cuti sakit).
  • Annual leave (cuti tahunan).
  • Maternity leave (cuti hamil).

Lalu, bagaimana penerapan penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris tersebut untuk meminta izin cuti? Tiap tempat kerja tentu memiliki ketentuan untuk meminta izin cuti, entah itu melalui lisan ataupun tulisan, yaitu via surat. Pada penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris untuk meminta cuti melalui lisan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meminta cuti adalah sebagai berikut:

  • Menyebutkan jenis cuti yang diinginkan, yaitu Official leave (cuti dinas), sick leave (cuti sakit), annual leave (cuti tahunan), atau maternity leave (cuti hamil).
  • Menyebutkan lama waktu cuti yang diajukan serta tanggal mulai dan berakhir cuti yang diajukan.
  • Alasan mengajukan cuti.

Nah, setelah mengerti tentang hal-hal penting dalam penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris, kini saatnya kita belajar contoh penerapannya. Contoh kali ini adalah meminta izin cuti secara lisan karena memang ada beberapa perusahaan yang boleh meminta izin cuti lewat lisan. Izin cuti sendiri diajukan kepada bos atau atasan.

Contoh Izin Cuti Official Leave (Cuti Dinas)

  • Bos, I want to ask official leave for one week from 2 December 2018 until 8 December 2018 because of family issue.

(Bos, aku ingin meminta cuti dinas selama satu minggu dari 2 Desember 2018 hingga 8 Desember 2018 karena urusan keluarga).

Contoh Izin Cuti Sick Leave (Cuti Sakit)

  • Boss, I want to ask sick leave for one week from 21 October 2018 until 27 October 2018 because I have to do surgery for my illness.

(Bos, aku ingin meminta cuti sakit selama satu minggu dari 21 Oktober 2018 hingga 27 Oktober 2018 karena aku harus operasi untuk penyakitku). 

Sponsors Link

Contoh Izin Cuti Annual Leave (Cuti Tahunan)

  • Bos, I want to ask annual leave for one week from 30 December 2018 until 5 January 2019 because I want to spend new year with my family.

(Bos, aku ingin meminta cuti tahunan selama satu minggu dari 30 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019 karena aku ingin menghabiskan tahun baru bersama keluarga).

Contoh Izin Cuti Maternity Leave (Cuti Hamil)

  • Boss, I want to ask maternity leave for three months from October until December 2018 because  It’s been preicted that I will give a birth on 15 October 2018.

(Bos, aku ingin meminta cuti hamil selama tiga bulan dari Oktober  hingga Desember  2018 karena telah diprediksi bahwa aku akan melahirkan pada 15 Oktober 2018).

Nah, begitulah teman-teman penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris. Semoga menambah wawasan teman-teman… Jangan lupa teman-teman membaca tips belajar Bahasa Inggris efektif dan cepat dan tips belajar Bahasa Inggris SBMPTN paling ampuh ya…

, ,
Oleh :
Kategori : Sentence