Sponsors Link

Penggunaan Able dalam Bahasa Inggris – Rumus – Contoh Kalimat

Sponsors Link

Teman-teman, seperti halnya dalam Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris pun terdapat banyak sekali sinonim atau persamaan kata. Kali ini kita akan belajar salah satu dari persamaan kata dalam Bahasa Inggris tersebut. Kali ini kita akan belajar mengenai penggunaan able dalam Bahasa Inggris.

ads

Sebelum kita membahasa lebih dalam mengenai penggunaan able dalam Bahasa Inggris, ada baiknya kita mengerti apa yang disebut dengan ‘able’ itu? Mengetahui apa dan kegunaan kata able ini penting lho teman-teman untuk menambah pengetahuan kita terhadap vocabulary Bahasa Inggris kita sehingga kita makin mahir bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris layaknya anak Jaksel.

Jadi, sebelum membahas tentang penggunaan able dalam Bahasa Inggris, terlebih dahulu kita akan mengupas tentang apa arti dari kata ‘able’ itu sendiri. Pada dasarnya, ‘able’ mempunyai arti yang sama dengan kata ‘can’ dan ‘could’. ‘Can’ memiliki arti bisa, atau mampu, atau dapat. Seperti yang kita tahu, ‘could’ merupakan bentuk past tense dari ‘can’ yang mana mempunyai arti yang sama yaitu bisa, atau mampu, atau dapat. Lalu, apa perbedaan dari ‘able’ dengan ‘can’ dan ‘could’?

Nah, pebedaannya adalah terletak pada penekanannya teman-teman. ‘Able’ digunakan untuk kalimat yang menyatakan kemampuan atau kebisaan yang khusus dan spesial. ‘Able’ pun digunakan untuk menyatakan kebisaan atau kemampuan yang mayoritas kebanyakan orang tidak bisa melakukannya. Contohnya, tidak semua orang bisa memakan sepuluh mangkuk mie.

Untuk menambah penekanan bahwa tidak semua orang mampu memakan sepuluh mangkuk mie serta memakan sepuluh mangkuk mie adalah suatu kemampuan yang istimewa atau spesial, maka jangan gunakan kata ‘can’, tapi ‘able. Jika diterapkan dalam kalimat adalah:

  • Shinta can eat 10 bowls of noodles (Shinta bisa memakan 10 mangkuk mie)
  • Shinta is able to eat 10 bowls of noodles (Shinta bisa memakan 10 mangkuk mie)

Walaupun keduanya secara umum memiliki arti yang sama, namun jika dikupas lebih dalam lagi, kedua kalimat itu memiliki pemaknaan yang berbeda. Kalimat yang menggunakan kata ‘able’ menunjukkan bahwa kemampuan memakan 10 mangkuk mie adalah kemampuan yang istimewa sehingga diharapkan lawan bicara akan terkagum-kagum dengan kemampuan tersebut.

Setelah mengerti tentang arti kata’able’, sekarang kita akan masuk mengenai pembahasan penggunaan able dalam Bahasa Inggris. Kata ‘able’ jika digunakan dalam kalimat harus diiringi dengan be dan to.

Rumus secara umum penggunaan able dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Be + able + to + Verb1

Be yang dimaksud dalam rumus di atas adalah to be. Teman-teman pasti tahu apa itu to be bukan? Untuk present tense, to be terdiri dari tiga, yaitu ‘am’, ‘are’, dan ‘is’. Sedangkan untuk past tense, to be terdiri dari dua yaitu ‘was’ dan ‘were’.

Sponsors Link

Penggunaan able dalam Bahasa Inggris dapat diterapkan kepada dua bentuk kalimat, yaitu present tense dan past tense. Perbedaan dari penerapannya adalah terletak pada to be-nya. Jika present tense, maka to be yang digunakan adalah ‘am’, ‘are’, dan ‘is’, sedangkan past tense, to be yang digunakan adalah ‘was’ dan ‘were’. Berikut ini contoh singkatnya.

Simple Present Tense

  • I am able to write a poem (Aku bisa menulis puisi)
  • Dina is able to speak English fluently (Dina bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)
  • We are able to finish this task together (Kita bisa menyelesaikan tugas ini bersama)

Simple Past Tense

  • I was able to write a poem (Aku bisa menulis puisi)
  • Dina was able to speak English fluently (Dina bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)
  • We were able to finish this task together (Kita bisa menyelesaikan tugas ini bersama)

Untuk contoh lebih lengkapnya, teman-teman bisa membaca Contoh Kalimat Bahasa Inggris “Be Able To”

Nah, begitulah penjelasan tentang penggunaan able dalam Bahasa  Inggris. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman ya..

, , ,
Oleh :
Kategori : Grammar