Sponsors Link

9 Aturan Penggunaan Hyphen dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Pernahkah teman-teman mendengar istilah hyphen? Tidak seperti simple past tense, simple present tense, simple future tense, dan sejenisnya, istilah hyphen memang cukup asing di telinga kita. Padahal hyphen merupakan salah satu Punctuation dalam Bahasa Inggris yang penting untuk dipelajari. Lalu, apa sebenarnya pengertian dan fungsi dari hyphen?

ads

Apakah itu Hyphen?

Dalam istilah Bahasa Indonesia, hyphen dapat diartikan sebagai tanda hubung. Hyphen disimbolkan dengan garis strip (-) yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih kata sifat  yang diikuti dengan kata benda . Namun masih banyak fungsi dari hyphen selain untuk menghubungkan kata sifat. Istilah hyphen memang terdengar asing karena struktur dan penggunaannya memang kurang dikenal. Untuk itu, kali ini kita akan belajar bersama mengenai apa itu hyphen dan bagaimana penggunaannya.

1. Digunakan untuk menggabungkan beberapa kata sifat (compound adjective)

Untuk menghemat penggunaan kalimat, hyphen bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa kata sifat ( Adjective ). Misalnya, jika kita memiliki kalimat  beautiful, soft, and black hair, kita bisa mengubahnya menjadi  beautiful-soft-black hair. Kedua kalimat itu akan memiliki arti yang sama yaitu  rambut yang indah, halus, dan hitam.

Contoh Penggunaan Hyphen dalam Bahasa Inggris

Kalimat awal Setelah Perubahan Arti
A cute, tame, and  fat cat A cute-tame-fat cat Seekor kucing yang lucu, jinak dan gemuk
A beautiful,big, and white house A beautiful-big-white house Sebuah rumah yang indah, besar, dan putih
A cheap and delicious noodle A cheap-delicious noodle Mi yang murah dan enak
A expensife and spicy fried chicken A expensive-spicy fried chicken Ayam goreng yang mahal dan pedas
A sweet and cold ice tea A sweet-cold ice tea Es teh yang manis dan dingin

2. Digunakan untuk beberapa kata benda majemuk

Selain digunakan untuk menggabungkan beberapa kata sifat, aturang penggunaan hyphen juga digunakan untuk kata-kata benda majemuk.

Contoh Penggunaan Hyphen dalam Bahasa Inggris

  • Father-in-law
  • Mother-in-law
  • T-shirt

Namun ada beberapa kata benda majemuk yang tidak boleh mengandung hyphen, contohnya:

  • Toothepaste
  • Babysitter
  • Witchcraft

Kata benda majemuk yang boleh atau tidak boleh menggunakan hyphen dapat dilihat di kamus.

ads

3. Digunakan untuk frase sebagai fungsi modifier

Kadangkala kita menggunakan beberapa susunan kata untuk menerangkan sifat suatu objek. Kadangkala frase yang digunakan bukan merupakan gabungan dari kata sifat. Hal inilah yang membedakan poin ini dengan poin pertama. Sama dengan poin pertama, dalam kasus ini hyphen juga digunakan untuk memisahkan kata-kata dalam frase tersebut.

Contoh Penggunaan Hyphen dalam Bahasa Inggris

  • Out-of-the-box idea
  • All-you-can-eat buffet
  • Over-the-counter medication

4. Digunakan untuk memperjelas suatu kalimat

Kadangkala terdapat beberapa kata dalam bahasa Inggris yang penulisannya sama namun memiliki arti yang berbeda. Ataupun kalimat yang susunannya mirip namun memiliki arti yang jauh berbeda. Maka, hyphen memiliki fungsi sebagai penjelas agar maksud dari kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris tersebut jelas.

Contohnya:

  • Modern-dance choreographer mempunyai arti koreografer tarian modern, bukan koreografer yang juga menjadi penari modern
  • Resign yang memiliki arti menyerah penulisannya sama dengan resign yang artinya melakukan sign kembali. Maka untuk menghindari kerancuan, ‘resign’ yang berarti melakukan sign kembali ditulis dengan ‘re-sign
  • Reform berarti berubah, namun re-form berarti memulai kembali. Keduanya memiliki penulisan yang hampir sama, hanya penggunaan hyphen yang membedakan, artinya pun bisa menjadi jauh berbeda.

5. Digunakan untuk awalan dan akhiran tertentu

Seperti pada kaidah penulisan Bahasa Indonesia, hyphen juga digunakan pada awalan dan akhiran tertentu. Ada beberapa kata yang harus dibubuhi hyphen seperti all-, anti-,-elect, ex-, mid-, neo-, post-, pre-, pro- dan self. Tanda hyphens digunakan saat  awalan anti-, mid-, neo-, post-, pre-, and pro- yang mendahului kata ganti orang dan bilangan.

Contohnya :

  • all-rule
  • mid-century
  • self-employed
  • president-elect
  • pro-American
  • anti-American
  • mid-1980s

Namun ada beberapa awalan yang tidak perlu menggunakan hyphen dalam tata Grammar Bahasa Inggris.

Contoh:

  • unlike
  • unhappy
  • disinterested
  • dislike, etc

6. Digunakan untuk memutus kata pergantian baris

Sama seperti dalam kaidah Tenses Bahasa Inggris, jika pada ujung baris terdapat kata yang terputus, maka kata tersebut harus disambung dengan garis strip. Begitupun dalam kaidah penulisan Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh penggunaan hyphen sebagai pemutus kata dalam pergantian baris.

Contoh kalimat Arti
Yesterday I ate a piece of bana-

na cake, and the taste was very

sweet.

Kemarin saya makan kue

pisang dan rasanya sangat

manis.

Dalam contoh tersebut, kata banana dipisah dengan hyphen karena tidak cukup untuk menjadi satu baris. Hal ini menandakan bahwa banana adalah satu kata yang mana banana berarti pisang. Jika tidak diberi hyphen, pembaca bisa saja bingung dengan maksud penulis. Bisa saja pembaca berfikiran bahwa banana bukan satu kata, namun banana adalah dua kata yang terdiri dari ‘bana’ dan ‘na’

Jika tidak disisipkan hyphen, maka kalimat akan berganti arti seperti ini:

Contoh kalimat Arti
Yesterday I ate a piece of bana

na cake, and the taste was very

sweet

Kemarin saya makan kue

bana na dan rasanya

sangat manis

Sponsors Link

7. Digunakan untuk pembatas antar suku kata serta antar huruf

Sama seperti kaidah Bahasa Indonesia, hyphen atau tanda strip digunakan untuk pembatas entah antar suku kata (syllabification) ataupun pembatas antar huruf (spelling). Berikut ini contohnya

Kata Syllabification Spelling
Channox (penyaluran) Chann-ox C-H-A-N-N-O-X
Saying (berkata) Say-ing S-A-Y-I-N-G
Because (karena) Be-cause B-E-C-A-U-S-E
Hesitating (ragu-ragu) Hes-i-tat-ing H-E-S-I-T-A-T-I-N-G
Played (bermain) Play-ed P-L-A-Y-E-D

8. Digunakan untuk penulisan angka majemuk antara 21 hingga 99

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dalam penulisan angka 21 hingga 99 dalam bahasa Inggris memerlukan pembubuhan hyphen. Jadi, untuk menulis angka 21 yang benar adalah twenty-one, bukan twenty one. Berikut ini contohnya:

Angka Penulisan
21 Twenty-one
22 Twenty-two
23 Twenty-three
24 Twenty-four
99 Ninety-nine
Sponsors Link

9. Digunakan untuk penulis angka pecahan

Sama seperti penulisan angka majemuk dari 21 hingga 99, hyphen juga digunakan untuk menuliskan bilangan pecahan. Jadi, untuk menulis pecahan ½ adalah one-two. Berikut ini contoh-contohnya

Angka Penulisan
½ One-two
2/3 Two-three
¾ Three-four
4/5 Four-five
5/6 Five-six
6/7 Six-seven

Nah, begitulah beberapa aturan penggunaan hyphen. Sekarang teman-teman sudah tahu, kan? Jika diperhatikan dengan seksama, ternyata aturan penulisan hyphen dalam Bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan aturan penggunaan Punctuation Mark dalam Bahasa Indonesia. Seperti penggunaan hyphen untuk awalan dan akhiran kalimat, untuk memutus kata dalam pergantian baris, hingga pembatas antar suku kata dan huruf dalam pengejaan.

Mempelajari hyphen sangat penting untuk membuat tulisan berbahasa Inggris yang baik dan benar, karena seperti tanda baca titik ataupun koma, tanda baca hyphen juga merupakan tanda baca yang penting. Jadi, mudah kan belajar bahasa Inggris? Sampai bertemu di artikel selanjutnya.   

, ,
Oleh :
Kategori : Punctuation