Sponsors Link

5 Penggunaan Ain’t dalam Bahasa Inggris dan Contoh

Sponsors Link

Good morning dear fellow azbahasainggris.com, how’s life been going?

ads

Teman-teman sekalian pasti pernah mendengar atau membaca kata ain’t, bisa dari lagu, film, chat atau dari obrolan sehari-hari. Ain’t merupakan salah satu kosa kata slang yang dipakai dalam obrolan dalam Bahasa Inggris yang mempunyai banyak arti karena penggunaan ain’t selalu melihat pada unsur-unsur apa yang dipakai dalam membentuk sebuah kalimat. Kosakata ain’t biasanya digunakan untuk mengganti verb dan to be dari sebuah kalimat.

Untuk itu ada baiknya jika kalian baca dulu mengenai:

Penguasaan materi diatas memudahkan kita untuk menangkap maksud dari penggunaan ain’t dalam Bahasa Inggris.

Coba lihat contoh dibawah ini:

  1. I ain’t going to the bus station.
  2. They ain’t angry at me, are they?
  3. He ain’t got a girlfriend.
  4. She ain’t been to Jakarta.
  5. We ain’t got no apple.

Bagi yang sudah mempunyai tingkat pengetahuan Bahasa Inggris dengan level basic to intermediate kemungkinan besar bisa menebak ain’t diatas sebagai kata ganti apa, namun yang belum bisa menerka artinya, don’t worry, I’ll explicate them to you.

Contoh 1. I ain’t going to the bus station./ Saya tidak akan pergi ke terminal bus.

Coba kalian perhatikan kata ain’t ini, dia diapit oleh subyek dan kata kerja (verb). Udah bisa nebak ngga kira-kira kata apa yang diganti ain’t? Yap benar, ain’t disini digunakan untuk mengganti to be. Tapi ada pertanyaan selanjutnya, to be yang dipakai dalam bentuk apa? past atau present?

Karena tidak ada kata keterangan waktu past dan tenses yang dipakai adalah Present Continuous Tense, maka kita bisa pakai to be present. Lalu to be apa yang cocok untuk I? Am. Jadi jawabannya adalah ‘I am not going to the bus station.

Contoh 2. They ain’t angry at me, are they?/ Mereka tidak marah kepada saya, iya kan?

Lihat lagi, ain’t disini diapit oleh subyek dan kata sifat (adjective). Udah bisa nebak? that’s right, To be jawabannya. cara analisa selanjutnya juga seperti contoh pertama, to be yang kita pakai adalah are, karena subyeknya they dan tidak ada kata keterangan waktu lampau.  Namun ada clue lain yang lebih praktis. Coba kalian liat ‘…, are they?’. Clue ini sudah menjelaskan jawabannya yaitu are. Jadi maksud si penutur adalah ‘ They are not angry at me, are they?’

Contoh 3. He ain’t got a girlfriend.

This one is a bit tricky!. Perhatikan baik-baik. mungkinkah jawabannya ‘He is not got a girlfriend?. Secara gramatikal tidak ada masalah karena passive voice memperbolehkan, tetapi makna sesungguhnya dari kalimat itu adalah ‘Dia (laki-laki) tidak mempunyai pacar’. Jadi kata ain’t tidak berfungsi sebagai is not, melainkan does not. Jadi maksud si penutur adalah ‘He does not have a girlfriend’. 

Sponsors Link

Contoh 4. She ain’t been to Jakarta/ Dia (perempuan) tidak pernah ke Jakarta.

Perhatikan tenses diatas. Terdapat kata been yang menunjukan penggunaan present perfect tense. Karena subyeknya adalah she, maka menurut rumus tense yang digunakan ain’t mengganti kata has not. Jadi maksud si penutur adalah ‘She has not been to Jakarta”.

Contoh 5. We ain’t done nothing/ Kita tidak melakukan apapun.

This one is really tricky!. Pertama, penggunaan Present Perfect Tense mengharuskan kita menambahkan have/has diantara subyek dan verb (bentuk ketiga). Menurut rumus jawabannya adalah ‘We have not done nothing. Tetapi jawaban ini belumlah tepat karena double negative pada kalimat ini. Have not done nothing juga berarti have done something, sedangkan makna yang dimaksud dari si penutur adalah mereka tidak melakukan apapun. Maka jawaban yang benar adalah ‘We have not done anything’

Demikianlah pelajaran hari ini mengenai penggunaan ain’t dalam Bahasa Inggris.  Perlu kalian ketahui bahwa ain’t lazimnya digunakan dalam percakapan verbal sehari-hari (informal), meskipun dalam chatting juga sering kita temukan. Selain itu kalian juga sudah harus bisa menangkap makna apa yang dimaksud penutur karena guna ain’t hanya sebagai pengganti to be dan verb

, ,
Oleh :
Kategori : Conversation