Sponsors Link

10 Contoh Percakapan Greeting Formal dan Informal

Sponsors Link

Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, kita tidak dapat hidup tanpa orang lain. ketika kita hidup bersama orang lain itu, tentunya kita membutuhkan komunikasi dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk komunikasi yang paling utama ialah percakapan atau conversation. Dibutuhkan banyak pengetahuan terutama dalam hal kosa kata bahasa Inggris (vocabulary) agar dapat melakukan percakapan dengan baik dan benar.

ads

Dalam kesempatan kali ini, penulis akan mengajak pembaca untuk membahas mengenai percakapan dalam hal greeting atau sapaan yang sesuai dengan grammar bahasa Inggris. Biasanya greeting menggunakan simple present tense. Greeting penting dilakukan sebagai awal percakapan. Terdapat dua jenis greeting, yaitu formal greeting dan informal greeting.

1. Contoh Percakapan Greeting Formal

Formal greeting biasanya dilakukan ketika kita berada dalam suasana resmi dan hendak menyapa seseorang atau sekelompok orang atau malah ketika menjadi MC atau pembawa acara yang resmi. Di bawah ini merupakan contoh percakapan greeting formal:

  • Smith : Hello Mrs Logan
    Mrs. Logan : Hello Mr Smith
    Mr. Smith : How are you? (Bagaimana kabar anda?)
    Mrs. Logan : I’m fine
  • Master of Ceremony: Good morning ladies and gentlements (selamat pagi tuan dan nyonya)
    Audiences : Morning (pagi)
    Master of Ceremony: First of all, let’s praise to God because of his bless, we can come together without any obstacle here.
    The honorable Mr. Smith as speaker and all of the audiences
    (Pertama, mari kita bersyukur pada tuhan karena atas berkatnyalah kita dapat berkumpul di sini tanpa halangan.
    Kepada yang terhormat tuan Smith sebagai pembicara dan seluruh hadirin)
  • Miss Siti : Hallo Mr. Ahmad
    Mr. Ahmad : Miss Siti, what a surprise, it has been a long time since you last came to our office. How are you? (Nona Siti, sebuah kejutan, sudah lama sekali sejak terakhir anda datang ke kantor kami. Bagaimana kabar anda?)

2. Contoh Percakapan Greeting Informal

Kita dapat menggunakan informal greeting ketika kita berada dalam suasana santai dan hendak menyapa seseorang atau sekelompok orang yang sudah kita kenal dekat atau lebih muda dari kita. Di bawah ini merupakan contoh percakapan greeting informal:

  • Asep : Hi, Jang (hai Jang)
    Ujang : Hi, Asep. What’s up? (hai Asep, ada apa?)
    Asep : can you help me? (dapatkah kamu membantuku?)
    Ujang : ofcourse (tentu saja)
Sponsors Link

  • Ani : Budi! Long time no see, how have you been? (Budi! Lama tidak berjumpa, apa kabarmu?)
    Budi : Ani! Oh my good, it’s been ages since we last met. I miss you so much. I’m fine. What about you? (Ani! Ya tuhanku, sudah lama sekali sejak terakhir kali kita bertemu. Aku sangat merindukanmu. Aku baik-baik saja. Bagaimana denganmu?)
  • Shella : Hi Chika, good to see you here (baik sekali bertemu denganmu disini)
    Chika : Hi Shella, what’s up?

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi contoh percakapan greeting formal dan informal yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai contoh percakapan greeting formal dan informal ini, pembaca dapat melakukan percakapan sapaan dalam bahasa inggris secara formal dan informal dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula.

Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the good things happened to you!

, ,