Sponsors Link

Fungsi Simple Present Tense dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Sponsors Link

Hello there our fellow readers! Apa kabar anda sekalian? Semoga senantiasa dalam kondisi yang sehat ya. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas materi mengenai contoh kata formal dan informal dalam bahasa Inggris beserta arti dan penggunaannya.

ads

Semoga setelah membaca materi tersebut pembaca dapat lebih memahami segala sesuatu mengenai seperti apa contoh kata formal dan informal itu berikut penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Nah, dalam kesempatan ini penulis hendak menyampaikan kepada pembaca suatu materi mengenai fungsi simple present dalam bahasa Inggris dan artinya. Tenses atau bentuk waktu merupakan salah satu bagian dalam grammar bahasa Inggris yang akan selalu kita pakai dalam penggunaan bahasa Inggris. tenses yang kita bahas kali ini adalah simple present tense.

Simple present tense adalah tenses yang digunakan untuk menunjukkan peristiwa, kegiatan, atau kejadian yang terjadi pada waktu sekarang. Karena ini adalah simple present tense, maka rumus umum dan contoh kalimat dari bentuk tenses ini ialah seperti berikut ini:

Subject + Verb 1 + Object

I go to school

(saya pergi ke sekolah)

We want those funny comic books

(kami ingin buku-buku komik yang lucu itu)

They are a couple of wife and husband

(Mereka adalah sepasang suami istri)

Secara lebih khusus kita akan membahas fungsi simple present tense dalam bahasa Inggris dan artinya. Penting bagi kita untuk memahami apa fungsi sebenarnya dalam penggunaan simple future tense itu agar tidak terjadi kesalahan yang tidak perlu di dalam penggunaan bahasa Inggris. berikut ini adalah penjelasan lengkap dari fungsi simple present tense beserta artinya:

  • Menerangkan Kegiatan Sehari-hari atau Daily Activities

Fungsi utama dari simple present tense adalah menggambarkan atau menerangkan kejadian sehari-hari. Berikut ini contoh  kalimatnya:

My parents usually wake uap at 4 a.m.

(orang tua saya biasa bangun pukul 4 pagi)

  • Menyatakan Kebenaran Umum atau Fakta

Fungsi selanjutnya dari simple present tense adalah menyatakan kebenaran umum atau fakta. Berikut ini contohnya:

Jessi and Ron join softball Club from Saturday to Sunday

(Jessi dan Ron bergabung dengan klub softball dari Sabtu hingga Ahad)


  • Menyatakan Pendapat atau Perasan Terhadap Sesuatu

Fungsi ketiga dari simple present tense adalah menyatakan pendapat atau perasaan terhadap suatu hal. Berikut ini contoh kalimatnya:

Broccoli is Green

(brokoli berwarna hijau)

  • Menyatakan Kejadian yang Sedang Berlangsung dan akan Selesai dalam Waktu Singkat

Fungsi keempat dari simple present tense adalah menyatakan peristiwa yang sedang berlangsung dan selasai dalam waktu dekat. Berikut ini contohnya:

We are happy

(Kami bahagia)

  • Menyatakan Rencana Masa Depan dalam Waktu Singkat

Fungsi terakhir dari simple present tense ialah menyatakan rencana masa depan dalam waktu singkat. Berikut ini kalimatnya:

Liliana Natsir prepares for the Service

(Liliana Natsir bersiap untuk melakukan servis)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi fungsi simple present tense dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Fungsi Simple Present Tense dalam Bahasa Inggris dan Artinya ini, pembaca dapat memahami seperti apa fungsi simple present tenses itu sehingga anda dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,
Oleh :
Kategori : Tenses