Sponsors Link

Fungsi Analytical Exposition dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Ada banyak kosa kata (vocabulary) yang terbagi ke dalam delapan kategori unsur penyusun kalimat atau parts of speech. Setiap parts of speech digunakan untuk membentuk kalimat dan kalimat digunakan untuk menyusun paragraf. Selanjutnya paragraf-paragraf akan membentuk teks yang lebih panjang. Grammar Bahasa Inggris memiliki banyak jenis teks yang berdasarkan pada isi dari teks.

Jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris yang biasa dikenal yakni descriptive teks, recount text, Exposition, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini penulis juga akan membahas mengenai jenis teks exposition. Exposition merupakan jenis teks yang. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada salah satu jenis exposition, yakni analytical exposition.

Analytical exposition adalah jenis teks yang memaparkan ide secara analitis, dalam artian teks tersebut  menyatakan pemikiran terperinci dari si penulis mengenai fenomena atau kejadian yang ada di sekitarnya. Pada dasarnya teks ini termasuk ke dalam kategori teks argumentatif. Berikut ini contoh analytical exposition text:

People should prepare their kids before go school. Kids should’ve know how to behave in public area, in order to prevent kids from being discomforted or being got Fury from gram up. The most important thing is kids should be able to take care of themselves when they need to go to restroom.

(Orang-orang seharusnya mempersiapkan anak-anak mereka sebelum pergi ke sekolah. Anak-anak harus mengetahui bagaimana cara untuk berperilaku di wilayah umum, hal ini untuk mencegah anak-anak menjadi tidak nyaman atau pun dimarahi oleh orang-orang dewasa. Hal yang paling penting adalah anak-anak harus dapat mengurus diri mereka sendiri ketika mereka butuh pergi ke toilet)

Nah, setelah membaca teks tersebut tentu pembaca dapat membayangkan seperti apa tepatnya exposition teks tersebut. selanjutnya kita akan membahas apa fungsi analytical exposition dalam bahasa Inggris. penting bagi  kita untuk memahami fungsinya agar kita dapat mengidentifikasinya sekaligus menggunakannya.

Berikut ini penjelasan atas fungsi analytical exposition dalam bahasa Inggris:

  • Menyampaikan Ide atau Pemikiran dari Penulis

Fungsi pertama dari analytical exposition adalah untuk menyampaikan ide dalam teks dari si penulis. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis tulisan atau teks yang mungkin saja bukan berasal dari ide penulis sendiri. Nah, analitycal exposition ini merupakan jenis teks yang murni berasal dari penulisnya.

  • Meyakinkan Pembaca bahwa Ide dalam Teks Sangat Penting

Fungsi selanjutnya dari analytical exposition adalah meyakinkan pembaca bahwa ide di dalam teks sangatlah penting. Untuk mendukung ide dalam teks, biasanya penulis melampirkan data-data pendukung yang bersifat ilmiah. Dalam contoh teks di atas, penulis memang tidak mencantumkan data ilmiah, namun ia tetap meyakinkan pembaca bahwa idenya penting.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi fungsi analytical exposition bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Fungsi Analytical Exposition dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa cara belajar bahasa Inggris di YouTube sehingga anda dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,
Oleh :
Kategori : Writing