Sponsors Link

Fungsi Did dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya dalam Kalimat

Sponsors Link

Bahasa Inggris memiliki banyak kosa kata atau vocabulary yang cukup banyak. Setiap kosa kata tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori dalam parts of speech atau unsur-unsur penyusun kalimat. Kategori tersebut diantaranya yakni kata kerja (verb), kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata keterangan (adverb), kata sifat (adjective), kata hubung (conjunction), kata seru (interjection), dan lainnya.

ads

Dalam kesempatan ini penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai salah satu kata yang terdapat dalam kategori kata kerja, yakni kata dia. Kata yang memiliki arti ‘melakukan’ ini merupakan bentuk kedua dari kata do. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis hendak menjelaskan beberapa fungsi did dalam bahasa Inggris. berikut ini penjelasannya:

  • Kata Did Sebagai Main Verb

Fungsi dia dalam bahasa Inggris yang pertama ialah sebagai main verb dalam kalimat. Main verb atau kata kerja utama merupakan inti dari kalimat yang menyatakan kegiatan atau peristiwa di dalam kalimat.

Karena Ia merupakan bentuk past dari kata do, maka kata dia menunjukkan bahwa kejadian yang ada di dalam kalimat merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menunjukkan kata dia sebagai kata kerja utama:

I did my homework last Monday

(saya mengerjakan pekerjaan rumah saya pada hari Senin yang lalu)

They did the last project every week

(mereka dulu mengerjakan project terakhir setiap hari)

  • Kata Did Sebagai Auxiliary Verb

Fungsi kedua kata did dalam tata bahasa Inggris adalah sebagai auxiliary verb dalam kalimat. Auxiliary verb atau kata kerja bantu merupakan kata kerja yang digunakan untuk mendukung pernyataan di dalam kalimat yang sudah memiliki kata kerja utama atau main verb di dalam kalimatnya.

Sebagai bentuk kedua dari kata do, kata did dengan fungsi auxiliary verb menunjukkan bahwa kejadian di dalam kalimat dapat terjadi pada masa lalu. Kata kerja bantu diperlukan ketika kalimat yang menggunakan simple past tense membentuk kalimat yang bersifat negatif atau pertanyaan (interogatif).


Sebagai contoh kalimat simple past tense: she did her homework last morning. Kalimat ini merupakan kalimat positif yang jika kita ingin mengubahnya ke dalam bentuk negatif atau interogatif akan membutuhkan kata bantu dia yang mengikuti kata ganti orang ketiga (she), sehingga kalimat negatifnya menjadi she didn’t do her homework last morning dan kalimat pertanyaannya menjadi did she do her homework last morning?. Berikut ini beberapa kalimat lain fungsi did sebagai auxiliary verb:

Did they do the last project every week?

(apakah mereka mengerjakan proyek terakhir setiap pekan?)

What did we do last summer?

(apa yang kita lakukan pada musim panas yang lalu?)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi fungsi did dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Fungsi Did dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa fungsi did dalam bahasa Inggris sehingga anda dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

Oleh :
Kategori : Grammar