Sponsors Link

Penggunaan Prefer dalam Bahasa Inggris – Contoh Kalimat

Sponsors Link

Teman-teman, pembahasan kali ini adalah pembahasan yang menarik tentang Bahasa Inggris lho. Pembahasan kali ini hampir mirip dengan pembahasan penggunaan as dan like dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, like dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘suka’. Dan pembahasan kali ini juga mengenai kesukaan. Yup, kali ini kita akan memahas tentang penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris.

ads

Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan kesukaan, atau preferensi. Namun penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris ini lebih menjurus ke perbandingan dari dua hal yang disuka. Pembahasan pertama mengenai penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris adalah pemahanan mengenai arti dan fungsi dari ‘prefer’. Prefer merupakan salah satu vocabulary yang perlu teman-teman ketahui. Ada banyak jenis vocabulary yang juga teman-teman perlu hafalkan diantaranya vocabulary tentang culture, vocabulary tentang entertainment, dan vocabulary tentang pharmacy .

‘Prefer’ adalah salah satu jenis kata kerja bentuk pertama dalam Bahasa Inggris. ‘Prefer’ memiliki arti ‘lebih suka’, dan diperlukan dua hal yg menjadi iringan untuk menjadi pembanding. Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris ini juga bisa hanya diiringi satu hal jika diikuti salah satu bentuk  infinitive, yaitu to infinitive atau infinitive dengan to atau bisa disebut juga full infinitive.

Agar tidak pusing lagi, mari kita sekarang mulai membahas tentang penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris dalam tiga rumus berikut ini

1. Prefer + noun + to + noun

Dalam bentuk pertama ini, penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk membandingkan dua hal yang sama derajatnya yaitu sama-sama kata benda atau noun. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk noun-to-noun berikut ini:

  1. I prefer apple to mango

(Aku lebih suka apel daripada mangga)

  1. We prefer yellow to green .

(Kami lebih suka kuning daripada hijau)

  1. She prefers beach to

(Dia lebih suka pantai daripada pegununangan).

2. Prefer + Verb-ing + to + verb-ing

Rumus kedua dalam penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris adalah digunakan untuk verb-ing. Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris untuk verb-ing ini dimaksudkan untuk membandingkan antara dua kegiatan. Yuk kita simak penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentung verb-ing-to-verb-ing berikut ini agar lebih jelas.

  1. Sandy prefers reading to writing

(Sandy lebih suka membaca daripada menulis)

  1. They prefer playing volleyball to playing soccer.

(Mereka lebih suka bermain bola voli daripada bermain sepak bola).

  1. We prefer walking to running

(Kami lebih suka berjalan daripada berlari) 

Sponsors Link

3. Prefer + to infinitive

Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive ini sangat berbeda jauh dengan penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk noun-to-noun dan verb-ing-to-verb-ing teman-teman. Perbedaanya adalah penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive ini menyatakan lebih suka untuk satu hal saja. Dalam mempelajari penggunaan prefer bentuk to infinitive ini teman-teman perlu terlebih dulu memahami rumus to ifinitive dalam dua jenis infinitive .

Berikut ini contoh penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive.

  1. I prefer to write a poem.

(Aku lebih suka menulis puisi)

  1. She prefers to play violin.

(Dia lebih suka bermain biola.)

  1. We prefer to wait you here.

(Kami lebih suka menunggumu di sini)

Nah, itu tadi penjelasan mengenai penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris teman-teman. Yang perlu teman-teman catat adalah ada tiga rumus penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris, yaitu noun-to-noun, verb-ing-to-verb-ing, dan to infinitive.

Jika teman-teman ingin membandingkan dua hal, maka rumus yang teman-teman pakai adalah noun-to-noun atau verb-ing-to-verb-ing, sedangkan jika teman-teman hanya ingin menyatakan preferensi untuk satu hal, maka teman-teman menggunakan rumus penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive. Baiklah, sampai jumpa di artikel selanjutnya…

, ,
Oleh :
Kategori : Sentence