Sponsors Link

Inilah Cara Menghafal Pidato Bahasa Inggris dengan Mudah

Sponsors Link

Beberapa dari kalian kemungkinan pernah membuat atau membaca pidato bukan?. Ya, membaca pidato sangatlah mudah jika kita menggunakan bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia, tetapi bagaimana jika kita berpidato dengan menggunakan bahasa Inggris?

ads

Bagi pemula seperti kita pasti tidak mudah untuk menghafal pidato berbahasa Inggris. Nah, bagaimana caranya agar kita dapat menghafal pidato bahasa Inggris dengan mudah?. Untuk lebih jelasnya, penulis akan menjelaskannya pada kesempatan kali ini.

Sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu pidato.

Pidato adalah susunan kalimat yang dilontarkan di depan khalayak ramai untuk menyatakan suatu gambaran mengenai suatu hal atau untuk menyatakan pendapat. Ada beberapa macam piadato, seperti pidato pembukaan, pidato sambutan, pidato pengarahan, pidato peresmian, dan pidato laporan.

Cara menghafal pidato bahasa Inggris dengan mudah ialah:

  1. Membuat mind mapping

Sebelum membuat teks pidato, alangkah baiknya kita membuat mind mapping terlebih dahulu. Mind mapping adalah sebuah teknik mencatat ide atau gagasan pikiran. Dengan membuat mind mapping, kita lebih mudah untuk menghafal pidato bahasa Inggris karena kita telah memetakkan yang mana point-point yang ingin disampaiakan kepada khalayak ramai. Belajar juga tentang Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Krebs

  1. Membuat teks pidato sendiri

Setelah membuat mind mapping, buatlah kalimat pidato sendiri. Jika anda susah untuk membuatnya, anda boleh lihat atau mencontoh kalimat pidato bahasa Inggris milik orang lain di blog, tetapi jangan semua kalimat dicontoh, kenapa?. Karena kalimat pidato bahasa Inggris yang dibuat sendiri lebih mudah pahami dan diingat dibandingkan mencontoh kalimat pidato bahasa Inggris orang lain.

Sebagai referensi, penulis akan memberikan kerangka susunan pidato:

  • Pembukaan; yang terdiri dari salam dan ucapan terimakasih.
  • Pendahuluan; terdiri dari sedikit gambaran mengenai isi pidato.
  • Isi; terdiri dari maksud, tujuan, rencana, sasaran, dan lain sebagainya.
  • Penutup; terdiri dari kesimpulan, harapan, pesan, salam. Belajar juga tentang Cara Berbicara Bahasa Inggris Seperti Native Speaker
  1. Sering berlatih

Setelah membuat mind mapping dan teks pidato bahasa Inggris sendiri, berlatihlah berpidato. Anda dapat berlatih sendiri dengan cara berbicara sambil bercermin atau merecord/ merekam suara anda ketika berlatih pidato.

Dengan itu, anda dapat mengetahui kekurangan anda dalam berpidato, dan dapat langsung memperbaikinya sebelum berpidato di depan khalayak umum yang sessungguhnya. Belajar juga tentang Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris

Sponsors Link

  1. Percaya diri

Setelah anda berlatih, jangan lupa mempersiapkan diri untuk percaya diri. Ketika anda telah hafal tetapi anda tidak percaya diri, semua yang telah anda hafalkan dalam pikiran anda akan terlupakan, sehinga pidato yang seharusnya disampaikan kepada khalayak umum tidak akan tersampaikan, bahkan bisa jadi tidak ada satupun kata yang teringat (blank). Belajar juga tentang Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Secara Otodidak

Maka dari itu, percaya diri lah anda dalam berpidato. Ketika anda percaya diri, biasanya semua akan berjalan dengan baik. Apa yang ingin disampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum, dan jika mungkin ada beberapa kalimat yang terlupakan tidak akan seburuk seseorang yang tidak percaya diri dalam berpidato karena melihat wajah seorang yang percaya diri dalam berpidato saja sudah mengantarkan kita untuk lebih percaya dalam pembawaannya dibandingankan seseorang yang membawakan pidato dengan tidak percaya diri.

, ,
Oleh :
Kategori : Speaking