Sponsors Link

6 Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

Sponsors Link

Belajar otodidak merupakan salah satu alternatif bagi kita yang ingin belajar bahasa inggris tetapi tidak memiliki waktu luang. Belajar bahasa inggris tidak hanya sekedar pengetahuan teori namun juga praktek yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk belajar speaking bahasa inggris secara otodidak :

ads

1. Materi Belajar

Sebelum kita berbicara dengan orang asing langsung, tentu kita perlu mengetahui bagaimana pengucapan suatu kata. Tentunya, materi yang kita pelajari dimulai dari level beginner atau pemula. Dimana level ini, kita kan mengenal bahasa inggris secara dasar. Jangan merasa malu untuk belajar materi belajar anak SD. Dalam belajar bahasa, materi dasar perlu untuk dipelajari dan juga dikuasai. Baca rumus participle adjective.

2. Mendengarkan Audio dan Lagu Bahasa Inggris

Kita juga dapat belajar melalui Audio, salah satunya buku yang dilengkapi dengan fasilitas audio dapat mempelajari pengucapan suatu kata. Tidak hanya itu, kita dapat juga menggunakan lagu bahasa inggris untuk terbiasa mendengarkan pengucapan suatu kata, serta kita dapat belajar melalui lirik lagu untuk mengetahui cara penulisan suatu  kata. Ini akan membantu kita untuk mengeja suatu kata apabila kita tidak tahu cara membacanya.

3. Metode Visual dan menonton Film Bahasa Inggris

Ada juga yang dinamakan dengan metode visual, salah satu hal yang paling sering dilakukan yaitu menonton film ataupun Amerika television series, tentunya dengan subtitle atau teks terjemahan dengan bahasa inggris.

4. Praktek speaking

Jangan takut untuk melakukan praktek speaking, tidak apa untuk salah karena inilah salah satu metode belajar. Ada orang yang mengatakan bahwa jangan takut untuk salah berbicara dengan bahasa inggris, Karena ini memang bukan bahasa utama kita. Kesalahan adalah suatu hal yang wajar dalam belajar. Tanpa ada yang salah kita tidak akan pernah tahu cara untuk memperbaiki diri.

5. Smartphone Apps

Apabila kamu merasa malas untuk membaca buku, kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi di smartphone, salah satu aplikasi yang bisa digunakan seperti memrise, ataupun duolingo. Kedua aplikasi ini bisa membantu kamu untuk terbiasa mendengarkan kata bahasa inggris dan mengajarkanmu bagaimana pengucapan suatu kata dengan speaker native (pembicara orang asing). Tidak hanya speaking aplikasi ini juga membantu kita belajar bahasa inggris sederhana yang digunakan sehari-hari. Baca contoh adjective a-z dan perbedaan penggunaan each dam every.

6. Belajar Grammar atau Tata Bahasa

Seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa inggris pun memiliki tatanan bahasa dalam pengucapan suatu kalimat, disinilah peran penting untuk belajar grammar. Tata Bahasa atau Grammar, bisa dibilang banyak orang merasa malas untuk mempelajari ini, tetapi tata bahasa ini sangat perlu untuk dipelajari. Tujuan utama dari mempelajari grammar, yaitu untuk membantu memperhalus kalimat yang kita ucapkan.

Kamus menjadi buku wajib, karena inilah salah satu cara untuk memperbanyak kosakata, untuk mempelajari kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa inggris.

Sponsors Link

Karena belajar secara otodidak, maka kita perlu mengetahui pengucapan dan penulisan suatu kata.

Kelebihan dari metode belajar otodidak, yaitu kita dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun. Salah satunya kita dapat menggunakan jam istirahat kerja untuk belajar, ataupun ketika perjalanan berangkat dan pulang kantor, ketika kita naik kendaraan umum tentunya.

Jadi, tidak ada alas an untuk tidak bisa belajar bahasa inggris karena tidak memiliki waktu luang yang cukup. Seperti pepatah ‘Ada banyak jalan menuju Roma’, jadi ada banyak jalan atau cara juga untuk belajar bahasa inggris.

Semoga kalian tertarik untuk belajar bahasa inggris dari sekarang!

Kenali lagi :

, ,
Oleh :
Kategori : Speaking