Sponsors Link

Perbedaan On dan Above dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Preposition atau kata tunjuk dalam bahasa inggris berfungsi untuk menjelaskan posisi suatu benda terhadap benda lainnya. Ada pula preposition yang bertujuan untuk menjelaskan keterangan waktu. Kali ini kita akan membahas tentang preposition of place atau kata tunjuk tempat. Kalian harus belajar tentang Preposition untuk mengerti ini. 

ads

Perbedaan On dan Above dalam Bahasa Inggris

Ada banyak kata tunjuk dalam bahasa inggris, Yang akan kita bahas sekarang adalah preposition of Place On dan Above yang berarti di atas. Kedua kata ini memiliki makna yang sama. Namun, terdapat perbedaan dalam penggunaannya untuk menjelaskan keberadaan suatu benda terhadap benda lainnya.

1. On

On adalah kata tunjuk yang menjelaskan bahwa suatu benda berada di atas benda lainnya dengan posisi menempel atau saling bersentuhan.

Contoh:

  1. Your coffee is on the table (Kopimu di atas meja)
  2. I put the foods on the table (Saya meletakkan makanan di atas meja)
  3. The blanket on the pillow (Selimut  di atas bantal)
  4. My books are on the box (Buku-bukuku di atas kotak)
  5. Yuni bring her phone on the laptop (Yuni membawa ponselnya di atas laptop)
  6. Ani’s pen is on the books on the table (Pena Ani di atas buku-buku di atas meja)

Dari contoh-contoh di atas dapat di lihat bahwa benda yang dijelaskan berada di bagian permukaan atas benda lainnya dengan posisi menempel. Tidak ada rongga udara di dalamnya yang memisahkan benda satu dengan benda lainnya. Namun, boleh ada benda lain diantara keduanya namun tetap dalam posisi bersentuhan.

Seperti pada contoh keenam, pena berada di atas buku-buku yang berada di atas meja, meskipun ada benda lain di antara pena dan meja akan tetapi ketiga benda tersebut masih bersentuhan. Untuk lebih jelasnya, cek artikel Dependent Prepositions

2. Above

Above adalah kata tunjuk yang menjelaskan bahwa suatu benda berada menggantung di atas benda lainnya. Kedua benda tidak saling bersentuhan dan terdapat rongga udara di antara keduanya.

Contoh:

  1. The lamp is above the table (Lampu di atas meja)
  2. The orchid pot is above the roses pot (Pot bunga orchid berada di atas pot bunga mawar)
  3. That bat is above the roof (Kelelawar itu di atas atap)
  4. Your tie is above the TV (Dasimu di atas TV)
  5. The clock is above the sofa (Jam dinding di atas kursi sofa)

Dari contoh di atas dapat di lihat bahwa benda-benda yang dijelaskan posisinya menggantung atau terpisah dari benda lainnya. Ada ruang udara yang memisahkan kedua benda.

  • Pada contoh pertama hingga ketiga menunjukkan bahwa posisi benda pertama itu tepat di atas benda lainnya namun tidak saling bersentuhan.
  • Sedangkan pada contoh keempat dan kelima dapat di lihat bahwa kedua benda tidak bersentuhan dan benda pertama menempel pada dinding.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara on dan above adalah posisi kedua benda. Meski kedua kata sama-sama bermakna di atas, namun dalam penggunaanya akan berbeda tergantung dengan posisi benda terhadap benda lainnya.

  • On digunakan untuk menjelaskan posisi benda yang saling bersentuhan dan berada di bagian atas.
  • Above digunakan ketika ingin menjelaskan suatu benda berada di atas benda lainnya namun tidak bersentuhan, ada rongga udara di antara keduanya.
  • Baca tentang Penggunaan In, On, At dalam Bahasa Inggris

Demikian penjelasan tentang perbedaan On dan Above dalam Bahasa Inggris. Belajar juga materi dasar Bahasa Inggris seperti Tenses Bahasa Inggris dan Grammar Bahasa Inggris. Tunggu materi lainnya tentang preposition of place untuk memahami lebih banyak kata tunjuk dalam bahasa inggris.

,
Oleh :
Kategori : Adverbs