Sponsors Link

15 Penggunaan Dash dalam Bahasa Inggris – Contoh Kalimat – Arti

Sponsors Link

Sebelum membaca suatu kalimat bahasa Inggris, terdapat tanda baca (punctuation) yang perlu diketahui. Punctuation mark dapat berfungsi sebagai petunjuk arti suatu kata. Ketika berbahasa lisan, orang tidak perlu mengingat-ingat tanda baca, sebab sudah ada intonasi. Namun, pada saat mengemukakan bahasa tertulis, intonasi dan alat-alat bantu bahasa lisan sudah tidak ada lagi. Oleh karena itu, tanda baca berperan sangat besar.

ads

Dengan bantuan tanda baca, penulis dapat menyampaikan maksudnya dengan jelas. Pembaca pun lebih mudah menangkap maksud penulis, meskipun disadari bahwa tanda baca tidak secara sempurna menggantikan intonasi. Di bawah ini ialah beberapa tanda baca yang sering digunakan sesuai aturan menulis dalam bahasa Inggris.

  • , (koma = comma)
  • . (titik = full stop/period)
  • ; (titik koma = semi colon)
  • ! (tanda seru = exclamation mark)
  • ? (tanda tanya = question mark)
  • – (tanda pisah = dash)
  • _ (garis penghubung = hyphen)
  • ( ) (tanda kurung = parentheses)
  • { } (kurung kurawal = brackets)
  • … (titik-titik = ellipsis)
  • / (garis miring = slash/stroke)
  • \ ( garis miring terbalik = backslash)

Penggunaan Dash dalam Bahasa Inggris

Dari beberapa tanda baca telah disebutkan di atas, pada materi ini akan lebih membahas penggunaan dash dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimat bahasa Inggris sehari-hari. Dash atau tanda pisah digunakan sebelum sebuah frasa yang merupakan ide pokok dari sebuah kalimat. Dash adalah garis horizontal panjang di tengah teks. Dash digunakan untuk memisahkan kelompok kata-kata ketika, sebagai penulis, ingin menekankan pernyataan, atau menggunakannya di tempat titik dua, atau mengganti tanda kurung/koma.

Tanda pisah berfungsi untuk membuat jeda dramatis, mengubah kecepatan tulis, dan menarik perhatian ke frasa yang disisipkan. Berhati-hatilah, terlalu sering menggunakan dash dapat membuat tulisan dramatis berlebihan. Dash terdiri dari dua macam, yaitu en dash (-) dan em dash (–).

Contoh Kalimat Penggunaan Dash dalam Bahasa Inggris

  1. Read page 89-105. (Baca halaman 89-105)
  2. 1999-2005. (Tahun 1999-2005)
  3. October-December. (Oktober-Desember)
  4. Jakarta-Surabaya. (Jakarta-Surabaya)
  5. Blue, grey, and black – these are my favorite colors. (Biru, abu-abu, dan hitam – ini adalah warna favoritku)
  6. I told Nikki that I missed her and that – if she wanted – I’d write to her. (Aku memberi tahu Nikki bahwa saya merindukannya dan itu – jika dia mau – aku akan menulis kepadanya) 
    Sponsors Link

  7. Abraham Lincoln – one of the most celebrated American Presidents – didn’t start out in politics. (Abraham Lincoln – salah satu Presiden Amerika paling terkenal – tidak memulai politik)
  8. She is my friend – my best friend – in the world. (Dia adalah temanku – sahabatku – di dunia)
  9. They ran to the bus stop – but the bus had already driven away. (Mereka berlari ke halte bus – tetapi bus telah pergi)
  10. The insect – which landed on his nose – had to be the size of a softball. (Serangga– yang mendarat di hidungnya – sebesar bola sofbo)
  11. He has only ever wanted one thing – skateboard. (Dia hanya menginginkan satu hal – papan luncur)
  12. The motorcycle made a noise – a loud whistling hiss. (Sepeda motor itu membuat suara – desisan bersiul keras)
  13. Everyone – including Melisa – is expected to attend the meeting. (Semua orang – termasuk Melisa – diharapkan menghadiri pertemuan)
  14. We will make sure – no matter what – that you receive the best service. (Kami akan memastikan – tidak peduli apa pun – bahwa Anda menerima layanan terbaik)
  15. Knowledge, wisdom, and enthusiasm – there are the qualities to pursue. (Pengetahuan, kebijaksanaan, dan antusiasme – itulah kualitas yang harus dikejar)

, ,