Kembali lagi di azbahasainggris.com, portal materi-materi Bahasa Inggris, dimana belajar Bahasa Inggris menjadi jauh lebih mudah. Jika sebelumnya azbahasainggris.com sudah membahas mengenai beberapa materi tentang kalimat dan bahasan linguistik seperti Jenis Bahasa Inggris yang Digunakan di Indonesia, Contoh Kalimat Saran Bahasa Inggris dan Artinya, dan Contoh Kalimat Bahasa Inggris tentang Nominal Sentence, maka kali ini azbahasainggris.com membahas mengenai menulis cerita pengalaman singkat dalam artikel panduan yang berjudul: Panduan Menulis Cerita Pengalaman Singkat dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya dan Penjelasannya.

Namun sebelum itu jangan lupa juga membaca artikel-artikel azbahasainggris.com lainnya, lho! Contoh Kalimat Bahasa Inggris tentang Object Pronoun, dan Contoh Kalimat Bahasa Inggris tentang Reservation.

Ketika menulis sebuah cerita berbahasa Inggris, yang sekiranya perlu diperhatikan dengan seksama adalah keberaaan paragraf-paragraf yang membentuk cerita tersebut. Paragraf di dalam Bahasa Inggris memiliki struktur yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi paragraf dari jenis wacana itu sendiri. Untuk kasus menulis cerita pengalaman singkat, maka jenis paragraf yang digunakan adalah recount.

Paragraf recount biasa digunakan untuk menceritakan tentang suatu pengalaman atau kejadian yang sudah terjadi dimana cerita tersebut dimaksudkan untuk menghibur pembaca. Biasanya paragraf atau teks recount dibentuk dengan menunjukkan babakan-babakan kegiatan yang sistematis, menggunakan bentuk waktu lampau untuk struktur kalimatnya, dan disambung dengan beberapa kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain.

Didalam menulis teks recount, perlu diperhatikan struktur paragrafnya atau yang biasa dikenal dengan sebutan generic structure-nya, yaitu sebagai berikut:
1. Orientation/Orientasi
Berisi tentang latar belakang dari cerita, seperti dimana dan kapan cerita itu terjadi, siapa saja yang terlibat di dalamnya, dan lain-lain.
2. Events/Kejadian
Urutan kejadian atau babakan dari cerita tersebut.
3. Re-orientation/Re-orientasi
Klimaks, kesimpulan, penakan, punch line, dan tahapan maupun bagian yang diperlukan untuk menyelesaikan cerita tersebut.

Dan berikut ini contoh panduan menulis cerita pengalaman singkat dalam Bahasa Inggris beserta artinya dan penjelasannya:

Orientation
Last Sunday, I went to Boyolali, Jawa Tengah. Me and my friend wanted to hike Mount Merbabu.

Actually, that was my first time to hike a mountain which has altitude more than 3000 m ASL. We took the Selo Pass since that was the nearest starting point from our place.

Events
We started to hike from there at 9 am. It took more than two hours for us to reach the first post. After taking some break, we hiked again toward second post for another two hours. The clock showed 1 pm when we moved from the second post to the third. Then, we realized that we arrived at the most difficult part of this pass.

The path became to tilt into such degree which we found hard for just standing by our own feet. Even so, we just needed one hour to reach the destination. Because we just passed one of the most difficult part, we took a long break in this post. Most of us were busy with each of our cameras since the board-sign of this post showed that we had already reached the 2500 m ASL altitude.

The scenery was so beautiful up there! Took so many times, we were just realizing that we needed to get to the camp site in the next checkpoint before dark. Thus, we continued our walk with haste. Based on my sole opinion, the path from the third post into the next checkpoint, the First Savanna, was the most difficult hiking experience I had ever done. It was such a long ascending walk, with mud and rocks scattered along the way. But, gratefully we arrived before dark and opened the tent at the site.

Re-Orientation
From such experience I knew that hiking a mountain was such a great experience that I had ever done.

Orientasi
Hari Minggu kemarin, saya pergi ke Boyolali, Jawa Tengah. Saya dan teman saya ingin mendaki Gunung Merbabu. Sebenarnya, ini kali pertama saya mendaki gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 3000 m DPL. Kami mengambil jalur pendakian via Selo karena itu yang terdekat dari tempat kami.

Kejadian
Kami mulai mendaki dari sana pukul 9 pagi. Membutuhkan waktu dua jam bagi kami untuk sampai di pos pertama. Setelah beristirahat, kami mendaki kembali kearah pos kedua juga selama dua jam. Jam menunjukkan pukul 1 siang ketika kami beranjak dari post kedua ke ketiga. Lantas kami menyadari bahwa kami telah sampai di titik tersulit dari jalur ini. Jalan yang ada mulai menanjak hingga ke sudut yang kami rasa sulit bahkan hanya untuk berdiri. Meski begitu, kami hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai di tujuan. Karena kami baru saja melalui bagian tersulit, kami beristirahat cukup lama di pos ini. Kebanyakan dari kami sibuk dengan kamera masing-masing karena papan penanda disini menyatakan bahwa kami telah sampai di ketinggian 2500 m DPL.

Pemandangannya sangat indah diatas sana! Dirasa cukup lama, kami baru saja menyadari bahwa kami harus sampai di area camping pada patokan selanjutnya sebelum gelap. Maka kami melanjutkan perjalanan dengan bergegas. Berdasakan pendapat saya pribadi, jalan dari post ketiga menuju patokan selanjutnya, Sabana Satu, merupakan pengalaman mendaki tersulit yang pernah saya alami.

Merupakan perjalanan menanjak yang sangat panjang, dengan lumpur dan batu-batu yang bertaburan disepanjang jalan. Namun syukurlah, kami dapat tiba sebelum gelap dan membuka tenda disana.

Re-Orientasi
Dari pengalaman tersebut saya menjadi tahu bahwa mendaki gunung merupakan pengalaman terbaik yang pernah saya lakukan.

Itulah tadi panduan menulis cerita pengalaman singkat dalam Bahasa Inggris beserta artinya dan penjelasannya yang dapat dijadikan panduan menulis cerita pengalaman singkat dalam Bahasa Inggris. Dengan mengetahui cara menulis cerita pengalaman singkat, tentunya dapat meningkatkan kemampuan kebahasaan lebih baik lagi.