Sponsors Link

Novel Penulis Lokal Berbahasa Inggris yang Wajib Kamu Baca

Sponsors Link

Perkembangan literasi di Indonesia mengalami kemajuan beberapa tahun terakhir. Puncaknya, minat baca Indonesia mengalami perbaikan. Kesadaran pembaca yang kian meningkat membuat beberapa penulis mencoba produktif. Setidaknya ada 5 penulis lokal yang berhasil merilis novel berbahasa Inggris dengan beberapa contoh percakapan Greeting formal dan informal, seperti:

  1. Imaginary City

Namanya mungkin tidak begitu familiar di telinga pembaca Indonesia. Tapi tahukah Anda siapa perempuan muda ini? Dia adalah anak dari penulis ternama Leila S. Chudori, penulis novel Pulang. Rain sendiri sudah mempublikasikan beberapa karya suksesnya.

Salah satunya novel Imaginary City yang mengambil setting di kota Jakarta. Ditulis dalam bahasa Inggris, Rain berhasil meramu kisah cinta manis dalam novel tersebut dengan beberapa kalimat Present Continuous TensePresent Perfect Tense, hingga bahkan Present Perfect Continuous Tense.

  1. Underground

Satu-satunya novel berbahasa Inggris yang ditulis oleh Ika Natassa. Novel ini mungkin tidak sepopuler novel Ika lainnya, tapi Anda tak akan kecewa. Masih mengangkat kisah cinta yang complicated, diksi verbal phrase yang digunakan Ika mampu menggerakkan imajinasi pembaca. Underground sendiri mendapat tanggapan baik dari pecinta buku. Anda tertarik untuk membacanya?

  1. About You

Apa karya Tere Liye yang jadi favorit Anda? Dikenal sebagai penulis dengan quote menarik, Tere Liye tak pernah berhenti berkarya. Penulis satu ini termasuk aktif sekaligus produktif dari sekian banyak penulis Indonesia. Beberapa karyanya berhasil diangkat ke layar lebar dan diproduksi dalam bentuk sinetron.

Meskipun terbiasa menulis novel berbahasa Indonesia, kali ini Tere Liye membuat gebrakan baru. Novelnya yang berjudul Tentang Kamu dirilis dalam dua bahasa berbeda. Keduanya mulai dipasarkan di toko-toko buku dalam waktu bersamaan. Anda bisa menemukan novel ini bertengger cantik di toko buku terdekat.

  1. Paper Boats

Dijuluki sebagai ibu suri, tangan dingin Dee selalu sukses mengaduk-aduk perasaan para pembacanya. Setiap karya yang dipublikasikannya selalu dinanti oleh para penggemar. Salah satunya seri Supernova yang harus berakhir setelah bertahun-tahun dirilis. Buku pertama Supernova berhasil menembus pasar internasional.

Tak cuma Supernova, Perahu Kertas juga dicetak dalam bahasa Inggris. Tiffany Tsao selaku penerjemah merasa senang bisa berperan dalam proses alih bahasanya. Versi Perahu Kertas berbahasa Inggris sendiri sudah bisa ditemukan di beberapa toko buku online. Judulnya sendiri diubah menjadi Paper Boats.

  1. Beauty is A Wound

Eka Kurniawan, sosok menarik dibalik keberhasilan novel Cantik Itu Luka. Mengangkat tema sensitif seputar perempuan, Eka berhasil mengubah perspektif pembacanya. Tokoh utama bernama Dewi Ayu memainkan peran besar pada jalan cerita. Bagaimana Eka melihat hal-hal kecil diluar perhatian masyarakat dan meletakkannya di posisi tertinggi.

Perempuan tidak lagi ditempatkan sebagai sosok lemah, tapi sebaliknya. Itulah pesan yang tertangkap dari novel Cantik Itu Luka. Novel ini sendiri tidak hanya dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris, tetapi beberapa bahasa lainnya. Di tahun 2016, novel ini berhasil meraih penghargaan World Readers Award.

6. Unfinished Boyfriend

Unfinished Boyfriend adalah karya kumpulan puisi dalam Bahasa Inggris yang ditulis oleh penulis indie bernama Terdevan. Bercerita tentang berbagai kisah cinta dengan bahasa yang menggoda.

Itulah tadi novel penulis lokal yang menggunakan bahasa Inggris. Dari semuanya, mana yang sudah pernah Anda baca? Atau Anda belum pernah mendengar kelima judul novel tersebut? Kalau begitu, mulailah melirik salah satunya untuk menemani akhir pekan Anda kali ini. Jangan lupa untuk selalu belajar Bahasa Inggris baik melalui media literasi maupun lainnya agar kemampuan dapat semakin meningkat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing